Sistem Penyimpanan Energi Menggunakan Superkapasitor Dengan Buck Converter Dan Boost Converter

Authors

  • Puspa Jiwa Parahita Yunta Universitas PGRI Semarang
  • Lisa Indriyani Universitas PGRI Semarang
  • Reza Maulidin Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.26877/jeti.v1i1.48

Keywords:

Superkapasitor; Buck Converter; Boost Converter; Kontrol PI

Abstract

Di era modern ini perkembangan teknologi menjadi semakin pesat dan maju, perkembangan teknologi komponen dan rangkaian elektronika telah mampu menghasilkan sistem penyimpan daya tegangan searah (DC), yang dihasilkan melalui konversi tegangan dc masukan ke bentuk tegangan DC keluaran yang lebih tinggi atau lebih rendah. Pada perkembangannya, penerapan DC–DC konverter telah memungkinkan suatu perangkat elektronika dapat berfungsi dengan menggunakan sumber energi penyimpan baterai. Dimana baterai memiliki waktu pengisian-pengosongan yang cukup lama dibandingkan dengan superkapasitor yang memiliki waktu pengisian-pengosongan yang cepat, serta umur panjang. Maka dari itu penulis akan bereksperimen untuk membuat sistem penyimpanan energi menggunakan superkapasitor dengan buck converter dan boost converter. Buck boost converter merupakan salah satu regulator dc tipe switching non-isolated yang dapat menjawab kebutuhan akan sebuah sumber tegangan searah dengan tegangan keluaran yang variabel. Dengan sistem buckboost konverter, nilai tegangan keluaran dapat diatur untuk lebih besar maupun lebih kecil dari nilai tegangan masukannya dengan mengatur besar lebar pulsa (duty cycle). Tujuan dari peneliti ini adalah untuk mensimulasikan penyimpanan superkapasitor menggunakan buck boost converter dan menganalisa hasil simulasi dari penyimpanan energi superkapasitor pada buck boost converter untuk menentukan hasil perbandingan dengan beda tegangan masukan dan keluaran. Hasil yang akan dicapai buck boost converter lebih efisien dan stabil. Hasil percobaan buck boost converter yang dibuat, dikehendaki memiliki kemampuan untuk menaikkan tegangan input dan outputnya yang berasal dari superkapasitor. menggunakan PI controller.

References

Adi, a. n. (2010). Mekatronika. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Atmam. (2017). penggunaan filter kapasitif pada rectifier satu phasa dan tiga phasa menggunakan power simulator (PSIM). Jurnal sain, energi, teknologi & industri Vol. 2 No. 1.

Dewi, R., Prijono, a., & dkk. (2015). Dasar- dasar rangkaian listrik. Bandung: Alfabeta.

Dwidayanti, R. (2017). Optimasi pengisian daya baterai pada panel surya menggunakan maximum power point tracking (MPPT).

Kurniawan, F. (2018). Pengembangan model Boost Buck untuk mempertinggi stabilitas tegangan keluaran konvenverter DC ke DC.

Nurfaizah, Istardi, D., & Toar, H. (2015). Rancang bangun modul praktikum motor AC dengan aplikasi pengaturan posisi dengan menggunakan PID. Jurnal integrasi Vol. 7, No. 1, 3-4.

Pakhapan, J. K., Karo, P. K., & Suroto, B.J. (2017). Studi luas permukaan spesifik zeolit akibat pengaruh mikrostruktur dan potensinya sebagai elektrode superkapasitor. Jurnal teori dan aplikasi fisika, Vol. 5, No. 1, 1.

Pambudi, W. S., & Pelawi, J. (2015). Simulasi folding machine dengan PID, P, PI, PD dan fuzzy-PD (Proportional Diferential). Jurnal sains dan teknologi Volume 1, Nomor 1, 5.

Prasetyo, M. T., & Assaffat, L. (2010). Efektifitas pemasangan kapasitor sebagai metode alternatif penghemat energi listrik. Media elektrika, Vol. 3 No. 2, 3.

Riyanto, A. (tanpa tahun). superkapasitor. superkapasitor sebagai piranti penyimpan energi listrik masa depan, 1.

sutedjo, efendi, z., & mursyida, d. (tanpa tahun). rancang bangun DC-DC converter dengan pengendali PI, 1.

Wicaksono, H., & Pramudijanto, J. (2004). Kontrol PID untuk pengaturan kecepatan motor DC dengan metode Tuning Direct Synthesis. jurnal teknik elektro vol. 4.

Wicaksono, H., & Pramudijanto, J. (2004). Kontrol PID untuk pengaturan kecepatan motor dc dengan metode tuning direct synthesis. Teknik elektro Vol. 4, No. 1, 1.

Zaenab, N. I., Tahir, D., & dkk. (2018). Pembuatan superkapasitor menggunakan arang aktif dari tempurung kelapa dengan separator kertas saring whatman. 1.

Downloads

Published

2022-04-20

Issue

Section

Articles