Determinan Pembelian Impulsif Di Ane Thrift Store Semarang

Authors

  • C. Tri Widiastuti Universitas PGRI Semarang
  • Mila Aprilia Universitas Semarang

DOI:

https://doi.org/10.26877/jibeka.v4i1.1298

Keywords:

Discounts, Bonus Packages, Impulse Purchases, Store Orders

Abstract

Abstract

The goal of this study was to look into the impact of price decreases, bonus packages, and retail displays on impulse buying. The independent factors in this study are price reduction (X1), bonus packages (X2), and in-store displays (X3), whereas the dependent variable is impulse purchase decisions (Y). The study's population included all clients who shopped at Ane Thrift Store Semarang. The study's sample size was 100 respondents, determined by purposive sampling. The research strategy was quantitative, with data collected via questionnaires. The data was analyzed using multiple regression analysis. According to the findings of this study, price reduction has a favorable and significant impact on impulse purchases. Bonus packages have a meaningful but not statistically significant impact on impulse purchases. Store displays have a beneficial and positive influence on impulse purchases. This study's findings can help create marketing and consumer behavior theories about the role of price decreases, incentive packages, and in-store displays. It is envisaged that business actors could identify the best strategy for increasing impulse purchases.

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki dampak potongan harga, paket bonus, dan pajangan toko terhadap pembelian impulsif. Variabel independen dalam penelitian ini adalah potongan harga (X1), bonus kemasan (X2), dan pajangan toko (X3), dan variabel dependen adalah keputusan pembelian impulsif (Y). Populasi penelitian ini terdiri dari semua pelanggan yang berbelanja di Ane Thrift Store Semarang. Ukuran sampel penelitian adalah 100 responden, dan purposive sampling digunakan untuk menentukan jumlah responden. Pendekatan penelitian dengan metode kuantitatif, dengan data yang dikumpulkan melalui kuesioner. Analisis regresi berganda digunakan sebagai metode analisis. Menurut temuan penelitian ini, potongan harga memiliki efek yang meyakinkan terhadap keputusan pembelian impulsif. Paket bonus mempunyai dampak nyata tetapi tidak signifikan secara statistik pada keputusan pembelian impulsif. Pajangan toko memiliki dampak yang bagus dan positif terhadap keputusan pembelian impulsif. Implikasi penelitian yakni mengembangkan teori pemasaran dan perilaku konsumen yang terkait dengan peran diskon harga, paket bonus, dan tampilan di dalam toko. Digharapkan pelaku usaha mampu menentukan strategi yang tepat untuk meningkatkan pembelian impulsive.

Downloads

Published

10-01-2025