Pengaruh Brand Image, Brand Awareness, dan Brand Loyalty Terhadap Brand Equity Smartphone iPhone

Authors

  • Muhammad Zaki Fatkhurrohman Khasan Universitas PGRI Semarang
  • Heri Prabowo Universitas PGRI Semarang
  • Ratih Hesty Utami Puspitasari Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.26877/jibeka.v3i1.151

Keywords:

Brand Image, Brand Awareness, Brand Loyalty, Brand Equity

Abstract

Jurnal penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari variabel Brand Image, Brand Awareness, dan Brand Loyalty Terhadap Brand Equity pada pengguna smartphone iPhone di Desa Blado, Kecamatan Blado, Kabupaten Batang.  Penelitian ini didasari dengan adanya penurunan penjualan smartphone iPhone di Indonesia  antara tahun  2019 dan 2021. Jenis penelitian yang dilakukan ini merupakan penelitian kuantitatif.  Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengguna smartphone iPhone di Kabupaten Batang. Teknik pengambilan sampel menggunakan  Rumus Roa Purba yang menetapkan sebanyak 100 sampel.  Hasil pengujian hipotesis yang menggunakan  aplikasi SmartPLS  3. Dari hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa  variabel brand image berpengaruh signifikan terhadap brand equity, variabel brand awareness berpengaruh signifikan terhadap brand equity, dan brand loyalty berpengaruh signifikan terhadap brand equity. Hubungan ketigannya memilki pengaruh positif dan signifikan terhadap brand equity smartphone iPhone.

Downloads

Published

23-05-2024