Pengaruh Brand Image, Brand Awareness, dan Brand Loyalty Terhadap Brand Equity Smartphone iPhone
DOI:
https://doi.org/10.26877/jibeka.v3i1.151Keywords:
Brand Image, Brand Awareness, Brand Loyalty, Brand EquityAbstract
Jurnal penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari variabel Brand Image, Brand Awareness, dan Brand Loyalty Terhadap Brand Equity pada pengguna smartphone iPhone di Desa Blado, Kecamatan Blado, Kabupaten Batang. Penelitian ini didasari dengan adanya penurunan penjualan smartphone iPhone di Indonesia antara tahun 2019 dan 2021. Jenis penelitian yang dilakukan ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengguna smartphone iPhone di Kabupaten Batang. Teknik pengambilan sampel menggunakan Rumus Roa Purba yang menetapkan sebanyak 100 sampel. Hasil pengujian hipotesis yang menggunakan aplikasi SmartPLS 3. Dari hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa variabel brand image berpengaruh signifikan terhadap brand equity, variabel brand awareness berpengaruh signifikan terhadap brand equity, dan brand loyalty berpengaruh signifikan terhadap brand equity. Hubungan ketigannya memilki pengaruh positif dan signifikan terhadap brand equity smartphone iPhone.