Pengaruh Persepsi Return, Literasi Keuangan, Persepsi Risiko, Persepsi Kemudahan Terhadap Minat Investasi Secara Online (Studi Kasus Pada Pebisnis Muda)
DOI:
https://doi.org/10.26877/jibeka.v1i2.25Keywords:
Financial Literacy; Invesment Interest; Ease Perception; Return Perception; Risk PerceptionAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi return, literasi keuangan, persepsi resiko, persepsi kemudahan, terhadap minat berinvestasi secara online pada pebisnis muda. Penelitian ini menggunakan 104 responden, proses pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner dengan menggunakan google from pada pebisnis muda. Penelitian ini yaitu menggunakan metode kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan teknik purposive sampling dengan menggunakan kuesioner. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier berganda dengan menggunakan alat uji statistik. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan alat bantu IBM SPSS 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara persepsi return, literasi keuangan, persepsi resiko, persepsi kemudahan, terhadap minat berinvestasi secara online pada pebisnis muda dibuktikan dengan F hitung sebesar 154,527 dan F tabel sebesar 2,31 dengan signifikansi sebesar 0,000. Oleh karena F hitung > F tabel (154,527 > 2,31) dengan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05).
Investor perlu meningkatkan persepsi return, literasi keuangan, persepsi resiko, persepsi kemudahan, dengan menggunakan sarana internet yang sudah tersedia, buku sebagai sumber belajar dan mengikuti seminar atau pelatihan mengenai investasi. Seharusnya perusahaan yang sudah bekerja sama dengan BEI lebih meningkatkan sosialisasi program tentang investasi untuk para masyarakat dan mahasiswa serta menambah variasiasi sosialisasi seperti membuat pelatihan atau workshop secara berperiodik