PENGARUH E-RECRUITMENT, KOMPENSASI, LINGKUNGAN KERJA DAN REPUTASI PERUSAHAAN TERHADAP MINAT MELAMAR KERJA (STUDI PADA FRESH GRADUATE DI SEMARANG)

Authors

  • Reza Luthfi Universitas PGRI Semarang
  • Noni Setyorini Universitas PGRI Semarang
  • Bayu Kurniawan Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.26877/jibeka.v3i2.942

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat melamar kerja freshgraduate di Kota Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah freshgraduate yang ada di Kota Semarang dengan jumlah sampel sebanyak 140 responden. Adapun jenis penelitian yang dilakukan penulis merupakan penelitian menggunakan metode kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah e-Recruitment (X1), kompensasi (X2), lingkungan kerja (X3), reputasi perusahaan (X4), minat melamar kerja (Y). Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah menggunakan metode purposive sampling dengan membagikan kuesioner kepada freshgraduate yang memenuhi syarat yang telah ditentukan. Analisis yang digunakan menggunakan regresi linear dengan menggunakan SPSS V.20, lalu menarik kesimpulan berdasarkan hasil olah data tersebut.

Uji pengaruh langsung menunjukkan bahwa e-Recruitment memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat melamar pekerjaan. kompensasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat melamar, lingkungan kerja memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat melamar kerja, reputasi perusahaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat melamar kerja. Keempat variabel independen yaitu e-recruitment, kompensasi, lingkungan kerja, dan reputasi perusahaan berpengaruh 33,3%. Sedangkan 66,7 % lainnya di jelaskan oleh variabel lain diluar penelitian.

Downloads

Published

17-10-2024