Analisis Miskonsepsi Siswa SMA Negeri Se-Kabupaten Grobogan Pada Konsep Sel (Jenis Sel, Ukuran, Struktur, dan Fungsi)
DOI:
https://doi.org/10.26877/ee56vw44Keywords:
miskonsepsi, AAAS Science Assesment, konsep selAbstract
Abstrak – Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis miskonsepsi siswa pada konsep sel di SMA Negeri se-Kabupaten Grobogan. Teknik sampling dalam penelitian ini yaitu Proportionate Stratified Random Sampling. Soal tes menggunakan instrumen berdasarkan AAAS Science Assesment (http://assesment.aaas.org) Subjek penelitian ini adalah siswa SMA Negeri kelas XI MIPA di kabupaten Grobogan dengan jumlah sampel 336 siswa. Data dianalisis secara statistic deskripti. Hasil penelitian menunjukkansiswa SMA Negeri se-Kabupaten Grobogan mengalami miskonsepsi dengan skor 49,08 dengan kriteria sedang. Hasil miskonsepsi dari konsep sel tersebut memiliki presentase 68,36%. Faktor yang menyebabkan terjadinya miskonsepsi adalah kurangnya kemampuan siswa dalam memahami konsep sel, metode mengajar yang diterapkan oleh guru, istilah-istilah asing yang sulit dipahami.
References
Arikunto, S. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidkan Edisi ke-2. Jakarta: Bumi Aksara
Dahar, R.W. 2011. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga
Depdiknas. 2005. Landasan Teori dalam Pengembangan Metode Pengajaran. Materi Pelatihan Terintegrasi Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Depdiknas Dirjen Pendasmen Direktorat Pend. Lanjutan Pertama.
Dikmenli, Musa. 2010. Misconception of Cell Division Held by Student Teacher in Biology: A Drawing Analysis. Academic Journals Scientific Research and Essay.Volume 5 (2), pp. 235-247. ISSN 1992-2248.
Gottfried, S. S. & Kyle, W. C. Jr. (1992). “Tetbook Use anda the Biology Education Desired State”. J. Of Res. In Science Teaching. 29 (1): 35-49.
Gultom, H. S. 2011. Identifikasi Miskonsepsi Guru dan Siswa Tentang Materi Sel di SMA Negeri se-Kabupaten Deli Serdang. Thesis. Universitas Negeri Medan.
Huseyin, K., & Sabri, K. 2007. Secondary School Students’ Misconceptions About Simple Electric Circuits. Journal of Turkish Science Education. Volume 4 Issue 1
Kemendikbud. 2013. Pengembangan Kurikulum 2013: Paparan Mendikbud dalam Sosialisasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kemdikbud.
Shen. Ma M. 2011. Miskonsepsi Dalam Pembelajaran di Sekolah. LPMP NTB: Widyaiswara.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.