Analisis Kesadaran Siswa Terhadap Edukasi Seks Berdasarkan Pemahaman Materi Sistem Reproduksi
DOI:
https://doi.org/10.26877/kk5c5r69Keywords:
Kesadaran Edukasi Seks, Sistem Reproduksi, SiswaAbstract
Abstrak – Pada fase remaja dorongan seksual mulai muncul dalam diri individu. Pada fase ini pula individu mudah gamang dan goyah serta belum memiliki kestabilan mental sehingga pada fase ini individu memerlukan pembelajran edukatif seperti edukasi seks melalui pembelajaran sistem reproduksi. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesadaran siswa terhadap edukasi seks dan kaitannya dengan tingkat pemahaman siswa terhadap materi sistem reproduksi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Survey. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling yaitu pengambilan sampel secara acak dari anggota populasi tanpa memperhatikan strata, tingkat pemahaman, kelas unggulan dan cara mengumpulkan data melalui kuesioner/angket dan wawancara dengan siswa kelas XI IPA 1 dan XI IPA 3 SMA N 1 Bojong. Berdasarkan analisis data dapat dinyatakan bahwa hasil penelitian ini adalah: Siswa memiliki tingkat kesadaran yang baik terhadap edukasi seks namun belum maksimal. Tingkat pemahaman siswa pada materi sistem reproduksi berada pada tingkat kedua atau pemahaman penafsiran. Kesadaran edukasi seks memiliki keterkaitan dengan pemahaman materi sistem reproduksi, siswa dapat memperoleh edukasi seks melalui materi sistem reproduksi.
References
Djaali. 2009. Pikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Johnson, D.W.and Johnson, R.T. (1998) Cooperative Learning and Social Interdependence Theory. online.
Lauster. (2012). Tes Kepribadian (terjemahan D. H. Gulo). Jakarta: Bumi Aksara Madan, Yusuf. 2004. Sex Education for Children.Jakarta Selatan: Hikmah Poesprodjo. 1987. Pengertian Pengetahuan Memahami. Jakarta: Balai Pustaka
Sa’abah, Marzuki Umar, Perilaku Seks Menyimpang dan Seksualitas Kontemporer Umat Islam, (Jogjakarta : UII Press, 2001).
Sarwono. 2011. Psikologi Remaja Edisi Revisi. Jakarta: Rajawali Pers
Soedarsono, Soemarno. 2000. Penyemaian Jati Diri, Jakarta : Elek Media Komputindo Sugiyono, 2001. Metode Penelitian, Bandung: CV Alfa Beta
Solso, L.R., Maclin, H.O., & Maclin, K.M. (2008). Psikologi Kognitif. Jakarta : Penerbit Erlangga
Sudjana, N. (2016). Penilaian Hail Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya.