Permainan Cerita Matematis Menggunakan Media Loose Part Pada Aspek Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Anak TK Semester Satu Kecamatan Alian Kabupaten Kebumen Tahun 2024

Authors

  • Lina Kamalia Zahra Zahra Universitas PGRI
  • Ryky Mandar Sary Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.26877/edukatika.v2i2.1501

Keywords:

Anak TK; pemecahan masalah; permainan; loose part.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan cerita matematis menggunakan loose part pada aspek kemampuan pemecahan masalah pada anak TK Aisyiyah kecamatan Alian Kabupaten Kebumen di semester satu tahun 2024. Permainan cerita ini dilakukan secara berkelompok  dan guru sebagai pemandunya. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan pengumpulan data melalui  observasi menggunakan lembar cheklist. Sampel penelitian ini berjumlah 14 anak yang berfokus pada indikator memahami permasalahan, menyebutkan sebab dan akibat, menyelesaiakan, menjawab dan menyampaikan pendapat dari permasalahan tersebut. Hasil analisis data menunjukkan kemampuan yang dicapai yaitu dari 6 indikator kemampuan memecahkan masalah, 4 indikator mencapai prosentase keberhasilan diatas 75%. Pada indikator kemampuan  memahami permasalahan melalui cerita dan menyebutkan akibat dari permasalahan dapat mencapai 85,71%, kemampuan menyebutkan sebab dari permasalahan mencapai prosentase tertinggi yaitu 92,86, kemampuan untuk melakukan kegiatan menyelesaikan masalah mencapai  78,57%. Sedangkan indikator yang kemampuannya masih perlu ditingkatkan yaitu kemampuan menjawab permasalahan dan menyampaikan pendapat dari permasalahan tersebut.  Hasil penelitian menyatakan bahwa permainan cerita matematis menggunakan loose part  berpengaruh positif dan signifikan pada kemampuan pemecahan masalah pada anak TK Aisyiyah kecamatan Alian Kabupaten Kebumen. 

 

 

ABSTRACT

This research aims to determine the effect of mathematical story games using loose parts on aspects of problem solving abilities in Aisyiyah Kindergarten children, Alian subdistrict, Kebumen Regency in the first semester of 2024. This story game is carried out in groups and the teacher is the guide. The research method used is a qualitative method with data collection through observation using a checklist sheet. The sample for this research consisted of 14 children who focused on indicators of understanding the problem, stating causes and effects, resolving, answering and expressing opinions about the problem. The results of data analysis show that the abilities achieved are that of the 6 indicators of problem solving ability, 4 indicators achieved a success percentage above 75%. The indicator of the ability to understand problems through stories and mention the consequences of problems can reach 85.71%, the ability to mention the causes of problems reaches the highest percentage, namely 92.86, the ability to carry out problem solving activities reaches 78.57%. Meanwhile, indicators whose abilities still need to be improved are the ability to answer problems and convey opinions about these problems.  The results of the research stated that mathematical story games using loose parts had a positive and significant effect on the problem solving abilities of Aisyiyah Kindergarten children, Alian subdistrict, Kebumen Regency.

 

 

 

 

 

References

Amini, S., Firmawati, A. N., & Khotimah, N. (2023). Peningkatan Kecerdasan Anak Usia Dini dalam Memecahkan Masalah melalui Permainan Puzzle. Journal of Education Research, 4(2), 778-784.

ANNISA LATHIFANI, A. M. I. R. O. H. (2024). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN LKPD TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA.

Davita, P. W. C., & Pujiastuti, H. (2020). Anallisis kemampuan pemecahan masalah matematika ditinjau dari gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 110-117.

Demak, T. I. P. M. (2023). Penerapan Pembelajaran Inkuiri Berbasis Steam Dan Loose Parts Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Anak. Ejurnal. Politeknikpratama. Ac. Id, 1.

Fitriana, H., & Waswa, A. N. (2024). The Influence of a Realistic Mathematics Education Approach on Students' Mathematical Problem Solving Ability. Interval: Indonesian Journal of Mathematical Education, 2(1), 29-35.

Jainuri, M. (2014). Kemampuan Pemecahan Masalah. Academia Edu, 1-7.

Najamuddin, N., Fitriani, R., & Puspandini, M. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Science, Technology, Engineering, Art and Mathematics (STEAM) Berbasis Loose Part untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Anak Usia Dini. Jurnal Basicedu, 6(1), 954-964.

Ningrum, P. P., WULANSARI, W., & NUGROHO, I. H. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA INTERACTIVE FINGERBOARD UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF DALAM KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS ANAK USIA 5-6 TAHUN (Doctoral dissertation, Universitas Nusantara PGRI Kediri).

Nurfitriyanti, M. (2016). Model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(2).

Nurhafizah, S. (2023). Pengaruh Penggunaan Metode Eksperimen Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK IT Azkia Aceh Besar (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry).

Purba, B. H. T. N., Hulu, A., & Zamili, U. (2024). Pengaruh Permainan Puzzle terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Anakhon Hi Do Hamoraon di Au Kecamatan Parmonangan. Khirani: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(4), 52-64.

Putri, K. (2020). IDENTIFIKASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA ANAK TK B DI GUGUS IV KECAMATAN BANGUNTAPAN, BANTUL. Pendidikan Guru PAUD S-1, 9(5), 386-395.

Rahmawati Annisa, P. (2024). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN KARTU UNO MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA.

Rowe, H. A. (2024). Problem solving and intelligence. Taylor & Francis.

Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui pembelajaran berbasis masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148-158.

Suryaningsih, A., Cahaya, I. M. E., & Poerwati, C. E. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Quantum Learning Berbasis Steam terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1887-1896.

Umrana, U., Cahyono, E., & Sudia, M. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari gaya belajar siswa. Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika, 4(1), 67-76.

Utami, R. W., Endaryono, B. T., & Djuhartono, T. (2018). Kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(3), 187-192.

Downloads

Published

2024-12-31

Issue

Section

Articles