Implementasi Market Day pada Aspek Kemampuan Komunikasi Matematis Anak TK B di TK Pertiwi 14.26.11 Desa Giyanti Kecamatan Rowokele Kabupaten Kebumen Semester 1 Tahun Ajaran 2024-2025
DOI:
https://doi.org/10.26877/edukatika.v2i2.1503Keywords:
Implementasi, Market day, Kemampuan, Komunikasi MatematisAbstract
Penelitian ini merupakan penilitian yang dilaksanakan untuk mengetahui implementasi kegiatan market day bagi aspek kemampuan komunikasi matematis pada anak Taman Kanak-kanak usia 5-6 tahun/kelompok B di TK Pertiwi 14.26.11 Desa Giyanti Kecamatan Rowokele Kabupaten Kebumen. Penelitian ini ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Market day merupakan kegiatan jual beli yang dilakukan di lingkungan sekolah. Kegiatan Market Day dirancang untuk menciptakan pengalaman belajar yang kontekstual dan menyenangkan, dengan melibatkan anak-anak dalam simulasi jual beli di lingkungan sekolah. Berdasarkan penelitian, menunjukkan bahwa kegiatan Market Day secara signifikan meningkatkan kemampuan komunikasi matematis anak TK B di TK Pertiwi 14.26.11 Desa Giyanti, terutama dalam aspek pemahaman konsep angka, penghitungan sederhana, dan kemampuan menjelaskan proses matematis yang digunakan. Selain itu, interaksi sosial yang terjadi selama kegiatan ini juga mendukung pengembangan keterampilan komunikasi verbal anak secara umum. Berdasarkan temuan ini, Market Day dapat direkomendasikan sebagai salah satu strategi pembelajaran yang efektif dan inovatif untuk mendukung kemampuan komunikasi matematis anak usia dini.
References
Amany A. (2023). Implementasi Kegiatan Market day untuk Meningkatkan Kecerdasan Linguistik pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Anaking (Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini).
Asmara F. (2023). Pengaruh Kegiatan Market day terhadap Kemampuan Bahasa Ekspresif dan Berhitung Permulaan Anak Usia Dini Kelompok B di TK Negeri Pembina Kecamatan Subuh. Jurnal Edu Cendikia ( Jurnal Ilmiah Kependidikan).
Asrofi M, Mustikawati E. (2020). Menumbuhkan Literasi Keuangan melalui Program Market day di SDIT Lukman AlHakim Internasional. Annur Jurnal Studi Islam.
Idamulyana S, Sjaiful B, Khotimah N. (2024). Pengaruh Market Day terhadap Literasi Keuangan dan Kemampuan Berpikir Simbolik Anak Usia 5-6 Tahun. Indonesian Journal of Early Chilhood.
Irchamni A, Wakhid A. (2024). Implementasi Pengenalan Literasi Finansial pada Anak Usia Dini melalui Kegiatan Market day di TK Islam Miftahul Jannah Ngaliyan Semarang. Jurnal Ilmiah Pedagogy.
Hidayat A. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Pendekatan Pemecahan Masalah terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Obsesi.
Hikmah R, Novita D. (2023). Sosialisasi Literasi Numerasi dalam Kegiatan Market day. Jurnal PKM
Riyadi S, Noviarti K. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Tulis Siswa Samin dalam Memecahkan Masalah Geometri. Ethnomathematics Journal.
Sandy D, Cholily Y. (2022). Pengembangan Flipbook Bermuatan Literasi Numerasi untuk Meningkatkan Komunikasi Matematis. Jurnal Tadris Matematik.
Sari K, Isnarto. (2019). Resiliensi Matematis pada Pembelajaran Discovery Learning dalam Upaya Meningkatkan Komunikasi Matematika. Jurnal Prisma-Unnes.