Analisis Aspek Koneksi matematis pada permainan botol angka di TK TA AL Matholi Tunahan Jepara Tahun 2024/2025
DOI:
https://doi.org/10.26877/edukatika.v2i2.1887Keywords:
Pendidikan anak usia dini; Koneksi matematis; permainan botol angkaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aspek koneksi matematis dalam kegiatan pembelajaran melalui permainan botol angka di TK TA Al Matholi Tunahan, Jepara. Permainan botol angka dirancang sebagai media pembelajaran interaktif untuk mengenalkan konsep matematika dasar kepada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan subjek penelitian meliputi siswa kelompok A . Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan botol angka mampu mengembangkan kemampuan koneksi matematis anak, seperti menghubungkan konsep angka dengan benda konkret, memahami pola hubungan antarangka, dan mengenali aplikasi matematika dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, interaksi dalam permainan ini juga mendorong anak untuk berpikir kritis, bekerja sama, dan meningkatkan keterampilan motorik halus. Guru memiliki peran penting dalam mengarahkan dan memfasilitasi kegiatan agar tujuan pembelajaran tercapai secara optimal.
References
Adjie, Nahrowi, Suci Utami Putri, and Finita Dewi. 2020. “Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematika Melalui Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Pada Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5(2): 1325–38.
Aghnaita, Aghnaita, Sri Hidayati, Ervina Ervina, and Devi Oktavia. 2024. “Pemanfaatan Alat Permainan Edukatif Botol Angka Dalam Menstimulasi Perkembangan Anak Usia Dini.” MESTAKA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 3(2): 169–73.
Amini, Mukti. 2014. “Hakikat Anak Usia Dini.” Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini: 65. repository.ut.ac.id/4697/1/PAUD4107-M1.pdf.
Hutneriana, Ririn, Isti Hidayah, Dwijanto, and Wardono. 2024. “Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Melalui Pembelajaran Matematika Realistik.”PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 7: 529–38. https://proceeding.unnes.ac.id/prisma.
Maisyarah, Raja, and Edy Surya. 2017. “Kemampuan Koneksi Matematis (Connecting Mathematics Ability) Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika.” ResearchGate (December): 1–11.
Meylinda, Dessy, and Edy Surya. 2017. “Kemampuan Koneksi Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah.” Jurnal Pendidikan Matematika 1(1)(December): 1–12. https://www.researchgate.net/profile/DessyMeylinda/publication/321839536_KEMAMPUAN_KONEKSI_DALAM_PEMBE
LAJARAN_MATEMATIKA_DI_SEKOLAH/links/5a346802a6fdcc769fd23811/KEMAMPUAN-KONEKSI-DALAM-PEMBELAJARAN-MATEMATIKA-DISEKOLAH.pdf.
Novikasari, Ifada. 2016. “Matematika Dalam Program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).” Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak 2(1): 1–16.
Septy Andhini, Dian, Yolan Marjuk, and Nurul Alia Ulfa. 2023. “Pengaruh Permainan Tutup Botol Angka Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Kelompok B Di TK Aisyiyah Busthanul Athfal 6 Aimas Kabupaten Sorong.” Jurnal Ilmiah Psikomuda Connectedness 3(1): 71–80.