Asesmen Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka

Authors

  • Candramunji Universitas PGRI Semarang
  • Sri Mujiatun Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Asesmen diagnostik, asesmen formatif, asesmen sumatif, kurikulum merdeka

Abstract

Kurikulum 2013 diperluas dengan mempertimbangkan kurikulum yang disesuaikan, yang memaksimalkan hasil pembelajaran sesuai dengan kebutuhan siswa. Pada awal, pertengahan, dan akhir proses pembelajaran, dasarkan rancangan pembelajaran pada temuan penilaian. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran evaluasi yang sering digunakan dalam mata kuliah yang berdiri sendiri. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, bahan penelitian dicatat, diolah, dan data perpustakaan dikumpulkan. Menurut penelitian, kursus mandiri menggunakan tiga jenis evaluasi yang berbeda: penilaian pembelajaran formatif, sumatif, dan awal atau diagnostik. Ada dua jenis evaluasi diagnostik: penilaian diagnostik kognitif dan evaluasi diagnostik non-kognitif.

 

 

 

References

Arifin, S., Kartono, & Hidayah, I. (2018). The Analysis of Problem Solving Ability in Terms of Cognitive Style in Problem Based Learning Model with Diagnostic Assessment. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 7(1), 1–10.

Dasar, D. S. (2020). Asesmen Diagnostik. Direktorat Sekolah Dasar, Direktorat Jenderal PAUD Dikdas Dan Dikmen, Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan, Riset Dan Teknologi. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/asesmen-diagnostik

Ditpsd.kemdikbud. (2021). Kemendikbud Luncurkan Sekolah Penggerak. Direktorat Sekolah Dasar, Direktorat Jenderal PAUD Dikdas Dan Dikmen.

http://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/kemendikbud-luncurkan- program-sekolah-penggerak

Gronlund, N. E., & Linn, R. (1990). Measurement and Evaluation in Teaching. New York : Macmillan Publishing Company.

Indrastoeti, J., & Istiyati, S. (2017). Asesmen dan Evaluasi Pembelajaran di Sekolah Dasar (Edisi 1). UNS Press.

Kemdikbud. (2022). Perbandingan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka. Sistem Informasi Kurikulum Nasional, Pusat Kurikulum Dan Pembelajaran.

http://kurikulum.kemdikbud.go.id/perbandingan/?jenjang=3&kurikulum1=1 &kurikulum2=4

Kurka. (2022a). Home » Karakteristik Asesmen Kurikulum Merdeka, Jenis dan fungsinya Karakteristik Asesmen Kurikulum Merdeka, Jenis dan fungsinya. Kurikulum Merdeka, Pusat Pengembangan Kurikulum.

https://kurikulummerdeka.com/karakteristik-asesmen-kurikulum-merdeka-jenis-dan-fungsinya/

Kurka. (2022b). Paradigma Asesmen Kurikulum Merdeka, Bagaimana implementasinya? Kurikulum Merdeka, Pusat Pengembangan Kurikulum.

https://kurikulummerdeka.com/paradigma-asesmen-kurikulum-merdeka/

Matondang, Z., Djulia, E., Sriadhi, & Simarmata, J. (2019). Evaluasi Hasil Belajar. Yayasan Kita Menulis.

Nasution, S. W. (2022). Assesment Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 135–142. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.181

Pendidikan, P. P. (2018). Pendidikan di Indonesia: Belajar dari PISA 2018. Pusat Penelitian Pendidikan, Balitbang Kemdikbud.

Salma, V. M., Sunyoto, E. N., & Akhlis, I. (2016). Pengembangan E-Diagnostic Test Untuk Mengidentifikasi Pemahaman Konsep Fisika Siswa SMA Pada Pokok Bahasan Fluida Statis. Unnes Physics Education Journal, 5(1), 18–25.

Sufyadi, S., Lambas, Rosdiana, T., Rochim, F. A. N., Novrika, S., Iswoyo, S., Hartini, Y., Primadonna, M., & Mahardhika, R. L. (2021). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA). Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Susilo. (2022a). KI KD Kurikulum Merdeka / Capaian Pembelajaran Kurikulum Merdeka CP Kurikulum Merdeka. Media. Education. https://www.mediaeducations.com/2022/05/ki-kd-kurikulum-merdeka- capaian.html

Susilo. (2022b). Memahami Asesmen Paradigma Baru, Topik Merdeka Mengajar. Media Education. https://www.mediaeducations.com/2022/07/memahami-asesmen- paradigma-baru-topik.html

Warasini, N. P. (2021). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Merancang Asesmen Diagnostik melalui Kegiatan Webinar Pada Sekolah Binaan. Jurnal Inovasi, 7(7), 31–37.

Zamzani, I., Aditomo, A., Pratiwi, I., Sholihin, L., Hijriani, I., Utama, B., Anggraena, Y., Felicia, N., Simatupang, S. M., Djunaedi, F., Amani, N. Z., & Widiaswati, D. (2020). Naskah Akademik Sekolah Penggerak. Pusat Penelitian Kebijakan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Downloads

Published

2023-12-31

Issue

Section

Articles