PENGEMBANGAN KARAKTER GOTONG ROYONG DAN KETERAMPILAN MOTORIK MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL

Authors

  • Agustin Arum Setiyana Universitas PGRI Semarang
  • Arri Handayani Universitas PGRI Semarang
  • Dini Rakhmawati Universitas PGRI Semarang

Keywords:

permainan; gotong royong; motorik

Abstract

Permainan tradisional merupakan salah satu contoh dari ribuan permainan tradisional yang ada di Indonesia. Namun permainan tradisional tersebut semakin hilang keberadaannya baik di desa maupun di kota kota besar, bahkan banyak anak – anak zaman sekarang yang tidak mengenal permainan tradisional yang ada, padahal permainan tradisional merupakan salah satu warisan budaya bangsa yang wajib kita lestarikan. Berdasarkan wawancara dengan sebagian siswa SDN Karakan 01, siswa juga cenderung bermain mainan modern, bahkan ada beberapa siswa yang tidak mengenali permainan tradisional. Melihat nilai karakter gotong royong siswa SD Negeri Karakan 01 yang rendah penting dilakukan pendidikan bagi anak usia sekolah dasar untuk mengenal dan bermain dengan permainan tradisional untuk mengembangkan karakter gotog royong dan keterampilan motorik pada pembelajaran. Metode yang digunakan adalah dengan kajian pustaka dari beberapa sumber. Sumber diperoleh dari beberapa referensi baik jurnal hasil penelitian maupun buku – buku yang relevan. Pada pembelajaran intrakurikuler maupun ekstrakurikuler guru melibatkan permainan tradisional, selain melatih keterampilan motorik melalui aktivitas fisik dalam permainan tradisional mereka juga dapat merasakan nilai karakter gotong royong yang ada pada setiap permainan yang dimainkan. Beberapa jenis permmainan yang dapat dimainkan di SD Negeri Karakan 01 antara lain, gobak sodor, petak umpet, engklek dan tarik tambang.

References

Noffia, W. (2016). Pengaruh Permainan Tradisional Petak UMpet dan Lompat Tali terhadap Pembentukan Karakter Demokratis dan Disiplin pada Anak Usia Sekolah Dasar [Skripsi. FITK, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang].

Novianto, A. W. (2018). Penerapan Permainan Tradisional (Benteng) Dalam Pembentukan Karakter Anak di Desa Yosodadi Metro Timur [Skripsi. Fakultas Ushuludin, Adab, dan Dakwah. Institut Agama Negeri, Metro.].

Widodo, P., & Lumintuarso, R. (2017). Pengembangan Model Permainan Tradisional untuk Membangun Karakter pada Siswa SD kelas Atas. Jurnal keolahragaan, 5(2), 183-193.

Hasanah, U. (2019). Penggunaan alat permainan edukatif (APE) pada taman kanak- kanak dikota Metro Lampung.AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak,5(1),20-39.

Nasution, M. K. (2017). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(01), 9-16.

Muhtar, E.2011.Analisis Kurikulum 2013 Ditinjau dari Aspek Nilai Karakter Bangsa. Mimbar Sekolah Dasar, 1(2), 168-175.

Prasetya, S. A., & Komaini, A. (2019). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Pada Siswa Putra Sekolah Dasar Negeri 166/Iii Cutmutia Kerinci. Jurnal Stamina, 2(10), 65-78.

Sriyahani, Y., Kuryanto, M. S., & Rondli, W. S. (2022). Pendidikan Karakter melalui Permainan Tradisional di Desa Sitimulyo. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(10), 4416-4423.

Susanto, B. H. (2017). Model pembelajaran pendidikan jasmani melalui permainan tradisional untuk membentuk karakter pada siswa sekolah dasar. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 2(2), 117-130.

Prayitno, H. J., Rahmawati, F. N., & Pradana, F. G. (2022). Pembentukan Karakter Anak Usia Sekolah Dasar Melalui Permainan Tradisional. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 1-9.

Sutini, A. (2018). Meningkatkan keterampilan motorik anak usia dini melalui permainan tradisional. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2).

Anggraini, M. A., Karyanto, Y., & AS, W. K. (2018). Pengaruh permainan tradisional lompat tali terhadap perkembangan motorik kasar anak usia 5-6 tahun. Journal of Early Childhood Care and Education, 1(1), 18-25.

Erdiana, L. (2016). Pengaruh permainan tradisional gobak sodor terhadap perkembangan motorik kasar dan sikap kooperatif anak TK kelompok B di kecamatan Sidoarjo. Jurnal Pedagogi, 2(3), 9-17.

Kusmiati, A. M., & Sumarno, G. (2018). Pengaruh permainan tradisional terhadap kemampuan perseptual motorik anak di SDN Margawatu II Garut Kota. TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 1(2), 17-23.

Mahfud, I., & Fahrizqi, E. B. (2020). Pengembangan Model Latihan Keterampilan Motorik Melalui Olahraga Tradisional Untuk Siswa Sekolah Dasar. Sport Science and Education Journal, 1(1).

Rohyana, H., & Muttaqin, M. F. (2023). Internalisasi Karakter Gotong Royong Dalam Pembelajaran PKN Di SD. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 1619-1626.

Downloads

Published

2024-06-28

Issue

Section

Articles