Analisa Pengaruh Pembebanan Terhadap Ups di Rumah Sakit Charlie Semarang

Authors

  • Bayu Yulianto Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.26877/jeti.v2i1.106

Abstract

Listrik merupakan catu daya utama untuk melakukan berbagai macam kegiatan yang ada diseluruh bidang pekerjaan atau aktifitas,Semakin bertambahnya penggunaan listrik diseluruh bidang mengakibatkan sering terjadinya gangguan yang disebabkan oleh cuaca ataupun gangguan kerusakan pada komponen transmisi listrik di catudaya PLN, Uninnteruptible Power Supply (UPS) diterapkan pada bidang-bidang kegiatan yang selalu membutuhkan catu daya listrik untuk membackup jika sewaktu-waktu catu daya utama mengalami gangguan sehingga peran UPS sebagai catu daya sementara ini diperlukan, Namun kapasitas daya UPS ini sendiri disesuaikan dengan kebutuhan daya yang diperlukan agar dapat mencapai tingkat efisiensi yang baik, Oleh karena itu dipenelitian ini ditekankan pada kinerja UPS terhadap pembebanan agar siapapun yang akan menggunakan UPS dapat disesuaikan dengan kebutuhannya. Keuntungan dari penelitian ini adalah dapat menentukan seberapa besar daya UPS yang akan dipakai dengan menghitung beban output yang akan digunakan terlebih dahulu sehingga dapat memaksimalkan waktu backup UPS dengan itu dapat diketahui juga seberapa efisien pemasangan UPS ini sebagai catu daya sementara.

References

Ahmad Deni Mulyadi, “Pengaruh Ketidakseimbangan Beban pada Rugi Daya Saluran Netral Jaringan Distribusi Tegangan Rendah,” Jurusan Teknik Konversi Energi, Politeknik Negeri Bandung,2011.

Mahardika, K. E,”Rancang Bangun Sistem Pengaturan Pasokan Listrik pada Pembangkit Hibrida,” Departemen Teknik Elektro, Universitas Indonesia,2011

N. Muranto, Atmam, and Z,“Studi Peralihan Daya Listrik dari PLN ke Generator Set (Genset) Ketika Terjadi Pemadaman dari PLN dengan Unintenruptible Power Supply (UPS) Pada Hotel Grand Elite Pekanbaru,” Sain ETIn, vol. 3, no. 1, pp. 9-16, Dec. 2018.

Pambudi, Prasetyo Eko, Duniawan, Agus, dan Fahmi, Samsuhadi,”Penentuan Waktu Operasional UPS pada Sistem Catu Daya Otomatis Transisi PLN-Genset.” Jurnal Teknologi Technoscientia,2019.

Subiono., “Analisa Penggunaan UPS terhadap pembebanan Daya Sta-siun Relay Rajawali Televisi Palembang”, Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Palembang,2021.

Shiha, M. N,”Rancang Bangun Sistem Automatic Transfer Switch (ATS) dan Automatic Main Failure (AMF) PLN-Genset Berbasis Plc Dilengka-pi dengan Monitoring,” Jurusan Teknik Elektro Industri PENS-ITS,2011.

Toni Kusuma Wijaya, Steven Sitohang, “Perancang Panel Automatic Transfer Switch dan Automatic dengan Kontrol Berbasis Arduino Main Failure”,Vol.2,No.2,2019

Downloads

Published

2023-04-20

Issue

Section

Articles