PENGARUH MODEL PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DI SDN BOJONG MENTENG II KOTA BEKASI
DOI:
https://doi.org/10.26877/jipmat.v9i2.1077Keywords:
Kemampuan Pemecahan Masalah, Problem SolvingAbstract
Riset ini mengkaji rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika, khususnya dalam materi pengukuran luas, di kelas IV SDN Bojong Menteng II Kota Bekasi. Masalah ini terlihat dari kesulitan siswa dalam menggunakan prosedur pemecahan masalah yang benar dan menjelaskan elemen-elemen masalah seperti informasi yang diketahui, yang ditanyakan, dan kesimpulan akhir. Riset ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas model Problem Solving dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika. Penelitian menggunakan desain eksperimen Quasi Experimental Design dengan bentuk Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design, melibatkan kelas IV SDN Bojong Menteng II Kota Bekasi sebagai sampel. Hasil riset ini memperlihatkan bahwasanya penerapan model Problem Solving memberikan dampak positif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Dalam kelas eksperimen, memperoleh hasil rerata 45,32, sementara posttest meningkat menjadi 73,52. Sebaliknya, kelas kontrol menunjukkan nilai pretest 48,80 dan posttest 55,72. Berdasarkan temuan ini, kesimpulan yang diperoleh bahwasanya model Problem Solving secara signifikan memberikan peningkatan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik di kelas IV.
References
Afifah, E. P., Wahyudi, W., & Setiawan, Y. (2019). Efektivitas Problem Based Learning dan Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V dalam Pembelajaran Matematika. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 4(1), 95. https://doi.org/10.30651/must.v4i1.282
Dr.Sugiyono, P. (2017). METODE PENELITIAN Kuantitatif, Kualitatif, dan RnD. 116.
Hodiyanto, H. (2017). Pengaruh model pembelajaran problem solving terhadap kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari gender. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 219. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.1577
Kafuji, D. R. I., & Mahpudin, M. (2023). Pengaruh Model Problem Solving Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika di Sekolah Dasar. Polinomial : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 30–34. https://doi.org/10.56916/jp.v2i1.324
Maesari, C., Marta, R., & Yusnira, Y. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Journal on Teacher Education, 1(1), 92–102. https://doi.org/10.31004/jote.v1i1.508
Oktavia, M., Prasasty, A. T., & Isroyati. (2019). Uji Normalitas Gain untuk Pemantapan dan Modul dengan One Group Pre and Post Test. Simposium Nasional Ilmiah Dengan Tema: (Peningkatan Kualitas Publikasi Ilmiah Melalui Hasil Riset Dan Pengabdian Kepada Masyarakat), November, 596–601. https://doi.org/10.30998/simponi.v0i0.439
Purba, D., Zulfadli, & Lubis, R. (2021). Pemikiran George Polya Tentang Pemecahan Masalah. Mathematic Education Journal, 4(1), 25–31. http://journal.ipts.ac.id/index.php/
Putri, O. W., & Miharja, W. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Juwara Jurnal Wawasan Dan Aksara, 3(2), 144–153. https://doi.org/10.58740/juwara.v3i2.72
Rudini, M. (2020). Efektivitas Analisis Butir Soal Mata Pelajaran Matematika pada Siswa Kelas IV dalam Meningkatkan Kualitas Guru di SDN Sabang. Tolis Ilmiah: Jurnal Penelitian, 2(1), 17–27. https://ojs.umada.ac.id/index.php/Tolis_Ilmiah/article/view/90
Sulaeman, M. G., Jusniani, N., & Monariska, E. (2021). Penggunaan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 66. https://doi.org/10.33365/jm.v3i1.992
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Aknes Widianti, Arrahim, Ririn Nurcholida Anisa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.