UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MEDIA REALIA SISWA KELAS 1 SD NYALINDUNG 1 SUMEDANG
DOI:
https://doi.org/10.26877/p1jc7a90Keywords:
Hasil Belajar, Pembelajaran Matematika, Media RealiaAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan pencapaian hasil belajar matematika siswa kelas I SD Nyalindung I Sumedang dengan memanfaatkan media realia. Jenis penelitian ini disebut penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik dalam pengumpulan data menggunakan tes formatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1 sebanyak 25 orang. Hasil belajar matematika dapat ditingkatkan dengan menyelidiki media realia. Peningkatan hasil belajar siswa tercermin dari nilai yang dicapai oleh siswa. Kemajuan pembelajaran tersbut dapat dilihat dari rata-rata kemajuan jumlah siswa yang belajar matematika meningkat 74 pada siklus I menjadi 94 pada siklus II. Siswa yang lulus belajar dengan KKM > 75 mengalami kenaikan sebesar 88% dari sebelumnya di siklus I, persentase adalah 48%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 92%. Hasil terebut telah melampau indikator yang telah ditetapkan, yaitu 80%. Dalam penelitian ini, ditemukan bahwa penggunaan media realia dalam pembelajaran matematika dapat meningkatakan hasil belajar siswa yang telah mencapai kriteria keberhasilan.
References
Afifah, R. N. (2019). Penggunaan Media Realia Untuk Meningkatkan Hasil. Basic Education, 8(9), 891–899.
Arrahim, & Muttolingah, I. (2017). Penggunaan Media Realia (Papan Magnetik) Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat Kelas Iv Mi At-Taubah Kota Bekasi. PEDAGOGIK Vol.V, No. 2, September 2017, 2.
Arrahim, & Salbia, N. I. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar pada Materi FPB Dan KPK. Pedagogik, 9(1), 53–59.
Auliyah, F. R., Indrawati, D., & Chotimah, S. E. (2023). Pemanfaatan Benda-Benda Kongkret untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika tentang Pengukuran Panjang dengan Satuan Tidak Baku pada Siswa Kelas 1B Sekolah Dasar Negeri Sambibulu Kecamatan Taman. Journal on Education, 6(1), 1152–1161. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3061
Chantika, D., Ramdhani, V., & Firmanti, P. (2024). HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS X SMAN 5 BUKITTINGGI. 5(4), 4892–4900.
Dalimunthe, A., & Ariani, N. (2023). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project. Jurnal Basicedu, 7(1), 1023–1031. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4812
Dina, S. R., Nafiah, M., & Siregar, R. (2022). Analisis Penggunaan Media Realia Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Pada Peserta Didik Kelas Tinggi Di Sekolah Dasar. Educational Technology Journal, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.26740/etj.v2n1.p1-9
Kuswariyanti, N. (2021). Pengembangan Media Realia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Prismatika: Jurnal Pendidikan Dan Riset Matematika, 3(2), 172–179. https://doi.org/10.33503/prismatika.v3i2.1296
Lestari, M. K., Restian, A., & Supradana, A. (2023). Implementasi Media Wordwall Gameshow untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika kelas 1 dalam Merdeka Belajar. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 6(2), 117–124. https://journal.ummat.ac.id/index.php/pendekar/article/view/15346
Machmud, S. A., Machmud, T., & A. Y. Pauweni, K. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (Mmp) Pada Materi Segiempat Dan Segitiga. JIPMat, 8(2), 248–257. https://doi.org/10.26877/jipmat.v8i2.16698
Nursanti, E. D. R., & Sumarah, I. E. (2023). Meningkatkan Kemandirian dan Hasil Belajar Materi Alat Ukur Tak Baku Untuk Siswa Kelas I SD Menggunakan Model Problem Based Learning. Jurnal THEOREMS (The Original Research …, 8(cycle I), 71–83. https://unma.ac.id/jurnal/index.php/th/article/view/4918
Rahayu, P., Pangertika, R. R., & Anjarini, T. (2022). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik melalui Penerapan Model Pembelajaran Talkingstick Berbantuan Media Wordwall pada Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Teacher Education, 4(1), 33–39.
Rahayu, S. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Benda Konkret Siswa SDN 1 Gunungan. Global Science Education Journal, 4(November), 157–162. https://sainsglobal.com/jurnal/index.php/ges/article/view/692/316
Raidah. (2014). Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Realita Di Kelas Ii Sekolah Dasar Negeri 18 Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Realita Kelas Ii Sdn 18 Pontianak Utara. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3 (3). https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4824
Sabina, D., Fitriani Juardi, I., Nursyamsi Dwi Putri, Y., & Komariah, K. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS) Pada Materi Pengukuran Panjang Menggunakan Satuan Tidak Baku Pada Siswa Kelas 1 Di SDN Pasirbitung. Journal on Education, 6(1), 7292–7298. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3991
Veronika, T. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Realia Di Kelas Ii Sd. 1–10.
WAHYUNI, D. W. I. (2023). Efektivitas Model Contextual Teaching and Learning (Ctl) Berbantuan Media
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ani Nur Aini, Arrahim, Yudi Budianti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.