META-ANALISIS: PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP LITERASI MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH

Authors

  • Priscilia Monica Praneswari Universitas Negeri Semarang
  • Kristina Wijayanti Universitas Negeri Semarang
  • Nuriana Rachmani Dewi Universitas Negeri Semarang
  • Scolastika Mariani Universitas PGRI Semarang
  • Isnaini Rosyida Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.26877/pcgxws13

Keywords:

literasi matematika, PBL, cohen(d)

Abstract

Literasi matematika merupakan keterampilan penting dalam menghadapi society 5.0 sehingga sangat penting bagi siswa untuk memiliki keterampilan tersebut. Literasi matematika siswa tingkat sekolah menengah masih tergolong rendah, hal tersebut dibuktikan dengan nilai PISA dan penelitian literasi matematika di sekolah menengah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dampak penerapan model PBL terhadap literasi matematika siswa di tingkat sekolah menengah. Penelitian ini menggunakan metode meta-analisis. Terdapat 6 artikel yang diperoleh pada proses pengumpulan data dengan kata kunci literasi matematika dan PBL. Teknik analisis data menggunakan uji Cohen (d) dan uji- t . Hasil uji Cohen (d) yang diperoleh adalah terdapat pengaruh yang signifikan dari PBL terhadap literasi matematika siswa dengan pengaruh terkategori sangat besar yaitu . Hasil uji- t yang diperoleh yaitu , artinya rata-rata literasi matematika siswa dengan pembelajaran PBL lebih tinggi jika dibandingkan dengan literasi matematika siswa dengan pembelajaran yang tidak menggunakan PBL. Implikasi dari penelitian ini dapat dijadikan referensi bagi para pendidik bahwa PBL dapat berpengaruh terhadap literasi matematika siswa.

References

Agustin, T., Junarti, & Mayasari, N. (2022). Pengaruh Model Pbl (Problem Based Learning) Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Pada Pokok Bahasan Statistik Siswa Kelas Xi Tkr Smkn 3 Bojonegoro. Journal Of Techonolgy Mathematics And Social Science) e-ISSN, 1(2), 2829–3363. https://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JTHOMS/article/view/2519

Amelia, I., Syamsuri, S., Santosa, C. A. H. F., & Fatah, A. (2022). Meta Analisis: Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1720–1730. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1410

Andini, F. A., & Siregar, M. A. P. (2024). The effect of problem based learning on students’ mathematical literacy ability. Desimal: Jurnal Matematika, 7(1), 113. https://doi.org/10.24042/djm.v7i1.22211

Arifin, M. B. U., Sholeh, M., Hafiz, A., Agustin, R. D., & Wardana, M. D. K. (2021). Developing Interactive Mobile Mathematics Inquiry to Enhance Students’ Mathematics Problem-solving Skill. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 15(1), 24–38. https://doi.org/10.3991/IJIM.V15I01.20067

Asmara, A. S., Waluya, S. B., Suyitno, H., Junaedi, I., & Ardiyanti, Y. (2024). Developing Patterns of Students’ Mathematical Literacy Processes: Insights From Cognitive Load Theory and Design-Based Research. Infinity Journal, 13(1), 197–214. https://doi.org/10.22460/infinity.v13i1.p197-214

Astuti, A. D. K. P. (2020). Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 1 Bobotsari. AlphaMath : Journal of Mathematics Education, 4(2), 37. https://doi.org/10.30595/alphamath.v4i2.7359

Astutik, S. (2022). Peningkatan Kemampuan Numerasi Melalui Problem Based Learning ( Pbl) Pada Siswa Kelas Vi Sdn Oro-Oro Ombo 02 Kota Batu. Suparyanto Dan Rosad (2015, 1(3), 562–582.

Baharuddin, M. R., Sukmawati, S., & Wahyuni, S. (2022). Deskripsi Kemampuan Literasi Matematis Pada Materi Bangun Datar Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 82–95. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v7i1.1803

Bolstad, O. H. (2023). Lower secondary students’ encounters with mathematical literacy. Mathematics Education Research Journal, 35(1), 237–253. https://doi.org/10.1007/s13394-021-00386-7

Dewi, R. K. (2021). Inovasi Pembelajaran Biokimia dalam Menyongsong Era Super Smart. Proceeding of Integrative Science Education Seminar, 1, 33–41.

Farida, R. N., Qohar, A., & Rahardjo, S. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMA Kelas X Dalam Menyelesaikan Soal Tipe Pisa Konten Change and Relationship. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2802–2815. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.972

Fauzi, I., & Chano, J. (2022). Online Learning: How Does It Impact on Students’ Mathematical Literacy in Elementary School? Journal of Education and Learning, 11(4), 220. https://doi.org/10.5539/jel.v11n4p220

Firdaus, A., Asikin, M., Waluya, B., & Zaenuri, Z. (2021). Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika Siswa. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 187–200. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.871

Hamimi, E., Nugraheni, D., Ardani, S. C., Zhaafirahdiningko, I., Fitriyah, I. J., Fardhani, I., & Marsuki, M. F. (2024). Development of STEM-Based Learning Media FDS (Fire Detector System) Integrated with Blynk IoT to Improve Students’ Creativity on Temperature Material. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 18(8), 140–147. https://doi.org/10.3991/ijim.v18i08.48219

Harisman, Y., Mayani, D. E., Armiati, Syaputra, H., & Amiruddin, M. H. (2023). Analysis of Student’S Ability To Solve Mathematical Literacy Problems in Junior High Schools in the City Area. Infinity Journal, 12(1), 55–68. https://doi.org/10.22460/infinity.v12i1.p55-68

Helpita, L. (2023). Implementasi Problem Based Learning dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 2(2), 197–216. https://doi.org/10.56436/mijose.v2i2.273

Hernandez, A. V., Marti, K. M., & Roman, Y. M. (2020). Meta-Analysis. Chest, 158(1), S97–S102. https://doi.org/10.1016/j.chest.2020.03.003

Hidayat, R., Rahmatudin, J., & Sriwahyuni, A. (2019). Kontribusi Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan. Jurnal Didactial Matheatics, 1(2), 32–40.

Huda, N., & Khotimah, N. (2023). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Literasi Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(02), 27–32. https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/jurnalmathema/article/view/3528

Kiawati, E. S., Junedi, B., & Tabrani, M. B. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2465–2474. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2213

Kolar, V. M., & Hodnik, T. (2021). Mathematical literacy from the perspective of solving contextual problems. European Journal of Educational Research, 10(1), 467–483. https://doi.org/10.12973/EU-JER.10.1.467

Kusumawati, W., Purwosetiyono, F. D., & Handayani, S. H. R. (2024). Efektivitas Model Problem Based Learning Berbantuan Geogebra terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa pada Materi Fungsi Kuadrat. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 4(1), 156–166. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v4i1.484

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Refika Aditama.

Lestari, R. D., & Effendi, K. N. S. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Bangun Datar. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 8(1), 63–73. https://doi.org/10.35569/biormatika.v8i1.1221

Mikuskova, E. B. (2023). European Journal of Educational Research. European Journal of Educational Research, 12(4), 1657–1665.

Mormah, F. O., & Bassey, B. A. (2021). Teacher education in Nigeria and the emerging technologies in the 21st century classroom. African Educational Research Journal, 9(3), 641–647. https://doi.org/10.30918/aerj.93.19.049

Noor, N. M., Purwosetiyono, F. D., & Wardani, B. (2024). Efektivitas Model Problem Based Learning dengan Pendekatan Kontekstual terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 4(1), 136–148. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v4i1.481

Nurintya, F. H., Mariani, S., & Agoestanto, A. (2024). Meta-Analysis : RME Impact on Junior High School Student ’ s Critical Thinking Skills. 6(2), 108–118.

Nurlaela, E., & Imami, A. I. (2022). Peningkatan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Di Kelas VII SMPIT Insan Harapan. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 12(1), 33. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v12i1.270

OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. In OECD Publishing.

OECD. (2022). PISA 2022 Assessment and Analytical Framework. In OECD Publishing.

Omiralievna, M. B. (2024). DEVELOPMENT AND CULTIVATION OF MATHEMATICAL LITERACY: A PEDAGOGICAL PERSPECTIVE. Eurasian Science Review, 2(4), 93–100.

Ornawati, V., Hendrastuti, Z. R., & Franita, Y. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Smp. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 11(1), 45. https://doi.org/10.31941/delta.v11i1.2438

Rachmantika, A. R., & Wardono. (2019). Peran Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Matematika Dengan Pemecahan Masalah. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2(1), 441.

Rismen, S., Putri, W., & Jufri, L. H. (2022). Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 348–364. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1093

Rodiyah, S. K. (2022). Implementasi Metode Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Riset Rumpun Agama Dan Filsafat, 1(1), 109–128. https://doi.org/10.55606/jurrafi.v1i1.1098

Saputri, Y., & Wardani, K. W. (2021). Meta Analisis: Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving dan Problem Based Learning Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika SD. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 935–948. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.577

Sukmawati, R. (2018). Hubungan Kemampuan Literasi Matematika Dengan Berpikir Kritis Mahasiswa. Seminar Nasional Dan Pendidikan Matematika (Prosiding) 4, 1–9. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/10116

Wang, X., Li, L., Yuan, Y., Ye, P., & Wang, F.-Y. (2016). ACP-based social computing and parallel intelligence: Societies 5.0 and beyond. CAAI Transactions on Intelligence Technology, 1(4), 377–393. https://doi.org/10.1016/j.trit.2016.11.005

Widianti, W., & Hidayati, N. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Smp Pada Materi Segitiga Dan Segiempat. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(1), 27–38. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i1.27-38

Downloads

Published

2025-04-29