PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS

Authors

  • Sinta Aditia Rasid Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Ana Setiani Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Aritsya Imswatama Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.26877/2kdh4p79

Keywords:

Pendekatan Problem Posing, Student Teams Achievement Division (STAD), Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa penting dimiliki untuk membantu siswa berpikir kritis dan analitis. Berdasarkan fakta dilapangan, kemampuan pemecahan maslah matematis siswa masih rendah. Sehingga, perlu ada kolaborasi pada proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran berbantuan pendekatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran koopertatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan pendekatan problem posing terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Penelitian dilakukan pada kelas X SMA Doa Bangsa Kabupaten Sukabumi. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi experimental. Desain penelitian adalah adalah pretest posttest control group design. Terdapat dua kelas penelitian dari tiga kelas, yaitu kelas ekperimen dan kelas kontrol. Data uji statistik T dua sampel independen posttest diperoleh nilai T hitung > T tabel, sehingga terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas eksperimen dan siswa kelas kontrol. Siswa yang mendapatkan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dengan pendekatan problem posing memiliki kemampuan pemecahan masalah lebih baik dibandingkan siswa yang mendapatkan model pembelajaran langsung.

 

Kata kunci: Pendekatan Problem Posing, Student Teams Achievement Division (STAD), Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

References

Azhar, E., Saputra, Y., & Nuriadin, I. (2021). Eksplorasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Perbandingan Berdasarkan Kemampuan Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2129. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.3767

Harefa, D., & La’ia, H. T. (2021). Media Pembelajaran Audio Video Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 327. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.327-338.2021

Indriana, L., & Maryati, I. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Segiempat dan Segitiga di Kampung Sukagalih. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 541–552. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i3.1456

Janah, S. R., Suyitno, H., & Rosyida, I. (2019). Pentingnya Literasi Matematika dan Berpikir Kritis Matematis dalam Menghadapi Abad ke-21. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 905–910. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29305

Kelen, Y. P. K. (2016). Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Problem Posing Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(1), 55. https://doi.org/10.26594/jmpm.v1i1.513

La’ia, H. T., & Harefa, D. (2021). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 463. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.463-474.2021

Noverli, M. F., Asih, E. C. M., & Juandi, D. (2024). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik kelas viii penghafal al-qur’an pada materi peluang. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 3(2), 285–294. https://doi.org/10.31980/pme.v3i2.1783

Noviantii, E., Yuanita, P., & Maimunah, M. (2020). Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Journal of Education and Learning Mathematics Research (JELMaR), 1(1), 65–73. https://doi.org/10.37303/jelmar.v1i1.12

Pasalbessy, C., Mataheru, W., & Ayal, C. S. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN PENALARAN MATEMATIS. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 2(1), 16–20. https://doi.org/10.30598/jumadikavol2iss1year2020page16-20

Septian, A., & Rahayu, S. (2021). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pendekatan Problem Posing dengan Edmodo. Prisma, 10(2), 170. https://doi.org/10.35194/jp.v10i2.1813

Siregar, T. J. (2021). PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA SMP MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 10(1), 97. https://doi.org/10.30821/axiom.v10i1.9265

Suardiana, I. M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Journal of Education Action Research, 5(3), 176–186. https://doi.org/10.23887/jear.v5i3.34677

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Sugiyono (ed.); 2nd ed.). Alfabeta.

Tampubolon, T. T., & Sitompul, P. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa di Kelas X IPA SMA Negeri 1 Sipahutar Tahun Ajaran 2021/ 2022. HUMANTECH Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia, 1(10), 1339–1355. http://www.journal.ikopin.ac.id/index.php/humantech/article/view/2147

Downloads

Published

2025-04-29