KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL TRIGONOMETRI DITINJAU DARI LITERASI NUMERASI PADA LEVEL KOGNITIF KNOWING, APPLYING, DAN REASONING
DOI:
https://doi.org/10.26877/a89f6n50Keywords:
Level Kognitif, Literasi Numerasi, TrigonometriAbstract
Literasi numerasi merupakan kemampuan berpikir dengan konse dan prosedur serta fakta dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan diri, lingkungan sekitar dan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan siswa SMA dalam mengerjakan soal trigonometri ditinjau dari literasi numerasi pada level kognitif knowing, applying, dan reasoning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian merupakan siswa SMA kelas X. Analisis data dalam penelitian ini terdiri dari tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari penelitan ini menunjukkan adanya kesalahan siswa dalam menngerjakan soal trigonometri ditinjau dari literasi numerasi. Kesalahan siswa pada level kognitif pemahaman (knowing) adalah siswa belum memahami konsep, belum memahami fakta berupa simbol dan notasi, mengalami kesalahan proses dan prosedur, dan tidak mengambil informasi dari tabel dengan benar. Pada level kognitif penerapan (applying), siswa tidak memilih strategi yang tepat, tidak menerapkan strategi berupa konsep dan prosedur dengan benar, dan salah menafsirkan informasi soal. Pada level kognitif penalaran (reasoning), siswa belum dapat menganalisis berdasarkan informasi pada soal, belum dapat menghubungkan antara beberapa konsep, belum menggunakan strategi tepat dan tidak memberikan alternatif solusi lain, siswa belum dapat menarik kesimpulan, dan keliru memberikan argumen matematis dalam membuat justifikasi.
References
Ariyanto, L., Rahmawati, N. D., & Mustika, A. A. D. (2023). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMK dalam Menyelesaikan Soal Numerasi. JIPMat, 8(2), 201–209. https://doi.org/10.26877/jipmat.v8i2.16368
Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBMP) Provinsi Jawa Tengah. (2022, April 14). Capaian Literasi, Numerasi, dan Karakter Siswa di Provinsi Jawa Tengah Tahun 2021. Retrieved 19 May 2024, from https://bbpmpjateng.kemdikbud.go.id/capaian-literasi-numerasi-dan-karakter-siswa-di-provinsi-jawa-tengah-tahun-2021/
Dewi, N., & Nugraheni, E. A. (2023). Kemampuan Numerasi Siswa Bergaya Kognitif Reflektif dan Impulsif dalam Memecahkan Masalah SPLDV. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 13 Number 02, 163–171.
Fauzi, F. G., Melyana, F., Rahmawati, D., Yasmin, S., & Nurrahmah, A. (2021). Analisis Literasi Numerasi Siswa Kelas VIII di SMP Petri Jaya Jakarta Timur Pada Konten Aljabar. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 83–91.
Fauziah Hazimah, G., & Sutisna, R. (2023). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Tingkat Pemahaman Numerasi Siswa Kelas 5 SDN 192 Ciburuy. El-Muhbib Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar , 7(1), 10–19. https://doi.org/10.52266/Journal
Izzatin, M. , Kartono, K. , Zaenuri, Z. , & Dewi, N. R. (2022). Pengembangan Literasi Numerasi Siswa Melalui Soal HOTS. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 630–634. Retrieved from http://pps.unnes.ac.id/pps2/prodi/prosiding-pascasarjana-unnes
Lestari, E. P., & Siswono, T. Y. E. (2022). Profil Berpikir Kritis Siswa SMP Menyelesaikan Soal Numerasi Berdasarkan Tingkat Kemampuan Numerasi. Mathedunesa Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 11 No.2, 536–547.
Luthfiani, U., Saragih, S., & Suanto, E. (2023). Analysis Numerical Literacy Ability in Middle School Students in Material Set. Numerical: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(1), 111–120. https://doi.org/10.25217/numerical.v7i1
Nafiati, D. A. (2021). Revisi taksonomi Bloom: Kognitif, afektif, dan psikomotorik. Humanika, 21(2), 151–172. https://doi.org/10.21831/hum.v21i2.29252
Nursyamsudin, & Jaelani, M. N. G. (2021). Penguatan Literasi dan Numerasi Kemendikbud (L. L. C. Wibawa, Ed.). Jakarta: Direktorat Sekolah Menegah Atas.
OECD. (2019). PISA 2018 Results Combined Executive Summaries Volume I, II & III. Retrieved from www.oecd.org/about/publishing/corrigenda.htm.
OECD. (2023). PISA 2022 Results (Volume I). OECD. https://doi.org/10.1787/53f23881-en
Permendikbudristek. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2022 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah. , (2022).
Pusat Asesmen dan Pembelajaran. (2020). Desain Pengembangan Soal AKM. Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Rahmawati, N. D., Zakaria, M. H., & Endahwuri, D. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi dalam Menyelesaikan Maslaah Program Linier Ditinjau dari Kepribadian Siswa. JIPMat, 8(1), 113–123.
Rezky, M., Hidayanto, E., & Parta, I. N. (2022). Kemampuan Literasi Numerasi Siswa dalam Menyelesaikan Soal Konteks Sosial Budaya pada Topik Geometri Jenjang SMP. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1548. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.4879
Rusmining, Waluya, S. B., & Sugianto. (2014). Analysis Of Mathematics Literacy, Learning Constructivism And Character Education (Case Studies on XI Class of SMK Roudlotus Saidiyyah Semarang, Indonesia). International Journal of Education and Research, 2(8). Retrieved from www.ijern.com
Salvia, N. Z., Putri Sabrina, F., & Maula, I. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik Ditinjau Dari Kecemasan Matematika. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 351–360.
Saputri, N. C., Kurnia Sari, R., & Ayunda, D. (2021). Analisis kemampuan Literasi Matematis Siswa dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 03, 15–26.
Setianingsih, W. L., Ekayanti, A., & Jumadi, J. (2022). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Tipe Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 3262. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.5915
Sholehah, M., Wisudaningsih, E. T., & Lestari, W. (2022). Analisis Kesulitan Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum Numerasi Berdasarkan Teori Polya. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 65–73.
Sitaresmi, P. D. W., Nuryami, N., & Soliha, I. A. (2023). Analyzing Eighth-grade Students’ Numerical Literacy Skills in Problem Solving with Number Concepts. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 7(2), 356. https://doi.org/10.33603/jnpm.v7i2.8050
Son, A. L., Talan, M. R., Mone, F., & Jelahu, R. A. (2023). Profil Kemampuan Literasi Dan Numerasi Siswa Sekolah Menengah Pertama. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 922. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.6569
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif (Ke-3). Bandung: Alfabeta.
Taqwani, R. A., Ratnaningsih, N., Rahayu, D. V., & Siliwangi, U. (2024). Analisis Kemampuan Numerasi Matematis Siswa SMK Ditinjau dari Level Kognitif. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 5(1), 11–18.
Tim Substansi Asesmen Akademik, Pusat Asesmen dan Pembelajaran, Badan Litbang dan Perbukuan, Aryadi Wijaya, & Sofie Dewayani. (2021). Framework Asesmen Kompetensi Minimum (AKM).
Witono, H., & Wahyuningsih, B. Y. (2024). Identifikasi Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Numerasi Siswa (Studi Kasus pada Siswa Kelas IV SDN 8 Cakranegara). Asian Journal of Early Childhood and Elementary Education, 2(3), 410–420. https://doi.org/10.58578/ajecee.v2i3.3272
Wiwit Anisa, Purwanto, & Sudirman. (2024). Literasi Matematis Siswa SMP Kelas VII dalam Menyelesaikan Masalah Bentuk Soal Cerita Perbandingan Senilai dan Berbalik. JIPMat, 9(2), 253–266. https://doi.org/10.26877/jipmat.v9i2.659
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Deby Viyana, Mardiyana, Riyadi, Budi Usodo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.