KAJIAN KESALAHAN SISWA SMA NEGERI 10 SAMARINDA PADA MATERI STATISTIKA BERDASARKAN KRITERIA WATSON DITINJAU DARI PERSPEKTIF GENDER
DOI:
https://doi.org/10.26877/4t9rwg15Keywords:
Statistika, Kriteria Watson, Kesalahan siswa, GenderAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam pembelajaran Matematika pada materi Statistika berdasarkan kriteria Watson, dengan mempertimbangkan perbedaan gender. Observasi awal dilakukan selama pelaksanaan KKN-PLP di SMA Negeri 10 Samarinda, di mana peneliti mengamati proses pembelajaran materi statistika di kelas. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa siswa menghadapi berbagai kesulitan dalam memahami konsep-konsep statistika, yang memotivasi dilakukannya penelitian lebih mendalam. Pendekatan kualitatif digunakan untuk mengidentifikasi jenis kesalahan siswa yang dikemukan oleh Watson yaitu data tidak tepat, prosedur tidak tepat, data hilang, kesimpulan hilang, konflik level respon, manipulasi tidak langsung, masalah hirarki keterampilan selain ketujuh kriteria di atas. Penelitian ini juga menganalisis apakah terdapat perbedaan signifikan dalam pola kesalahan yang dilakukan siswa laki-laki dan perempuan. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan wawasan bagi guru dalam merancang strategi pembelajaran yang lebih efektif dan responsif terhadap kebutuhan siswa berdasarkan gender, serta meminimalkan kesalahan dalam pembelajaran statistika.
References
Andini, I. Z. T., & Sutirna, S. (2023). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Statistika berdasarkan Kriteria Watson ditinjau dari Gender. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 7(1), 56–65. https://doi.org/10.30605/proximal.v7i1.3144
Annisa, S., & Siswanto, R. D. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Gaya Kognitif dan Gender. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika, 14(2), 146–167.
Ashidiqi, M., & Setiawan, W. (2021). Analisis Kesalahan Siswa SMP Mahardika Batujajar Kelas IX E dalam Menyelesaikan Soal Materi Statistika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 2010–2019. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.705
Bunayya, Ramdani, R., & Quraisy, A. (2024). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Kriteria Watson Dalam Menyelesaikan Soal Himpunan. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 7(2), 717–724. https://doi.org/10.30605/proximal.v5i2.3615
Fahlevi, M. S., & Zanthy, L. S. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Bangun Ruang Berdasarkan Kriteria Watson Ditinjau Dari Perbedaan Gender Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(3), 709–718. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i3.709-718
Fitriatien, S. R. (2019). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Newman. JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 4(1), 53–64. https://doi.org/10.26877/jipmat.v4i1.3550
Gusteti, M. U., & Neviyarni. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi pada Pembelajaran Matematika di Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(3), 636–646. https://doi.org/10.46306/lb.v3i3.18
Hana, N., Muksar, M., & Slamet, S. (2023). Analisis Kesalahan Siswa Tipe Kepribadian Idealist dalam Menyelesaikan Masalah Statistika Berdasarkan Kriteria Watson. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2620–2633. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2668
Harahap, H. S. (2024). Implementasi Phyton Dalam Matematika. Mathematical and Data Analytics, 1(1), 31–37. https://doi.org/10.47709/mda.v1i1.3887
Hardjito, K. (2022). Strategi Pembelajaran Dalam Mengatasi Kendala Belajar Statistika Di Masa Pandemi Covid-19. TEACHER : Jurnal Inovasi Karya Ilmiah Guru, 2(1), 65–72. https://doi.org/10.51878/teacher.v2i1.1107
Hendriani, M., Melindawati, S., & Mardicko, A. (2021). Keterampilan Pemecahan Masalah Matematika di Era Revolusi Industri 4.0 Siswa SD. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 892–899. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.477
Islam, S. N., Susilawati, W., & Sugilar, H. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Berpikir Abstraksi Matematis Berdasarkan Kriteria Watson. Jurnal Perspektif, 5(1), 112–129. https://doi.org/10.15575/jp.v5i1.135
Khairunnissa, M., Pathuddin, Alfisyahra, Lefrida, R. (2024). Profil Pemecahan Masalah Statistika Siswa SMA Ditinjau Dari Kemampuan Matematika Tinggi. JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 9(2), 180–189. https://doi.org/10.26877/jipmat.v9i2.969
Khasanah, I., Abidin, Z., & Faradiba, S. S. (2023). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Dimensi Tiga Menggunakan Kriteria Watson Ditinjau dari Gaya Belajar dan Perbedaan Gender. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1976–1987. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.1923
Kusumaningsih, W., Setiawan, P. Y., & Utami, R. E. (2020). Profil Berpikir Aljabar Siswa SMP Dalam Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Gaya Kognitif Dan Gender. JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 5(1), 86–96. https://doi.org/10.26877/jipmat.v5i1.5574
Lantang, G. J., Sulangi, V. R., Damai, I. W., & Pangemanan, A. S. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Mengerjakan Soal Cerita pada Materi Persamaan Garis Lurus Menggunakan Kriteria Watson. 2(2), 39–52. https://doi.org/https://doi.org/10.53682/marisekola.v2i2.1109
Lestari, W., Kusmayadi, T. A., & Nurhasanah, F. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Perbedaan Gender. AKSIOMA, 10(2), 1141–1150. https://doi.org/https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3661
Maf'ula, D. A., & Mardhiyana, D. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Transformasi Geometri Berdasarkan Kriteria Watson. Konferensi Ilmiah Pendidikan Universitas Pekalongan, 2020, 159–164.
Mafruhah, L., & Muchyidin, A. (2020). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan kriteria Watson. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 15(1), 24–35. https://doi.org/10.21831/pg.v15i1.26534
Martias, L. D. (2021). Statistika Deskriptif Sebagai Kumpulan Informasi. Fihris: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 16(1), 40–59. https://doi.org/10.14421/fhrs.2021.161.40-59
Maryani, A., & Chotimah, S. (2021). Analisis Kesalahan Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Materi Barisan dan Deret Berdasarkan Kriteria Watson. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2344–2351. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.770
Nurhidayah, D. F., & Maya, R. (2021). Penggunaan kriteria watson untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal materi garis dan sudut. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(6), 1473–1480. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i6.1473-1480
Pratama, A. A., Choirudin, & Wawan. (2023). Matematika Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Pada. Delta-Phi : Jurnal Pendidikan Matematika, 01.
Saputri, A. T., Suprapto, E., & Maharani, S. (2022). Students’ Error Analysis in solving Contextual Problem of Flat-Sided Geometry Based on Nolting’s Theory Depends on Gender. Journal of Education and Learning Mathematics Research (JELMaR), 3(1), 84–92. https://doi.org/10.37303/jelmar.v3i1.77
Siddiq, M., Sagala, V., & Listiana, Y. (2023). Profil Kemampuan Literasi Matematika Siswa Berdasarkan Gaya Kognitif Dan Gender. JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 8(1), 64–80. https://doi.org/10.26877/jipmat.v8i1.14705
Syaifar, M. H., Maimunah, M., & Roza, Y. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Gender. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 519–532. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1097
Usqo, U., Roza, Y., & Maimunah, M. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Watson’s Error Category dan Perbedaan Gender. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 505–518. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1099
Wahab, A., Junaedi, J., & Azhar, M. (2021). Efektivitas Pembelajaran Statistika Pendidikan Menggunakan Uji Peningkatan N-Gain di PGMI. Jurnal Basicedu, 5(2), 1039–1045. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.845
Wijaya, L. M. S., Subarinah, S., Amrullah, A., & Hayati, L. (2023). Analisis Kesalahan Menurut Newman dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Statistika Ditinjau dari Jenis Kelamin. Journal of Classroom Action Research, 5(3), 1–8.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ivan Novri, Nanda Arista Rizki

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.