PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA
DOI:
https://doi.org/10.26877/1tmzf947Keywords:
Pengembangan, Perangkat pembelajaran, PBL, Geogebra, Konsep matematisAbstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika menggunakan model PBL berbantuan Geogebra, dengan fokus untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa pada materi program linear, yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE. Teknik pengumpulan data melibatkan tes, validasi, dan angket respon. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah lembar validasi, angket respon guru, angket respon siswa, pretest, dan posttest. Teknik analisis data mencakup validasi, kepraktisan, dan keefektifan. Hasil validasi menunjukkan rata-rata untuk Silabus adalah 100% dan 97,41%, dengan kategori sangat valid. Rata-rata validasi RPP adalah 100% dan 97,73%, juga dalam kategori sangat valid. Validasi LKPD memperoleh rata-rata 100% dan 90,02%, yang termasuk dalam kategori sangat valid. Angket respon guru terhadap RPP menunjukkan rata-rata sebesar 96,42% dengan kategori sangat praktis, sementara angket respon siswa terhadap LKPD menunjukkan rata-rata sebesar 86,91%, yang juga termasuk kategori sangat praktis. Rata-rata nilai N-Gain mencapai 80%, yang mengindikasikan efektivitas perangkat pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran matematika yang dikembangkan menggunakan model PBL berbantuan Geogebra terbukti valid, praktis, dan efektif, sehingga layak untuk digunakan
References
Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Yogyakarta: Remaja Rosda Karya.
Angraini, L. M., Wahyuni, P., Wahyuni, A., Dahlia, A., & Abdurrahman. (2021). Pelatihan Pengembangan Perangkat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) bagi Guru-Guru di Pekanbaru. Jurnal Keterlibatan Pendidikan Masyarakat, 2(2), 62-73.
Ariawan, R., & Putri, K. J. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning disertai Pendekatan. Juring (Jurnal Riset Pembelajaran Matematika), 3(3), 293-302. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/juring/article/view/10558
Asmiati, T., Ikhsan, M., & Subianto, M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Software Geogebra di SMP. Jurnal Numeracy, 7(1), 35-48.
Aufa, N., Zubainur, C. M., & Munzir, S. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Missouri Mathematics Project (Mmp) Berbantuan Software Geogebra Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(11), 2377-2393. file:///C:/Users/dell/Downloads/document (1).pdf
Dewi, N. R., Munahefi, D. N & Azmi, K. U. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa pada Pembelajaran Preprospec Berbantuan TIK. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif- Inovatif,11(2), 256-265. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=DokTEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA34&dq=pengembangan+media+pembelajaran+terhadap+kemampuan+pemecahan+masalah+matematis+dan+motivasi+belajar+siswa&ots=6Fo_BhAOtI&sig=_1YAhQxU3t8xxubJqB5gIfFiWw4
Diana, P., Marethi, I., & Pamungkas, A. S. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa: Ditinjau dari Kategori Kecemasan Matematis. SJME (Supremum Jurnal Pendidikan Matematika), 4(1), 24. https://doi.org/10.35706/sjme.v4i1.2033
Febriyanto, B., Haryanti, Y. D., & Komalasari, O. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Penggunaan Media Kantong Bergambar Pada Materi Perkalian Bilangan Di Kelas Ii Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 32. https://doi.org/10.31949/jcp.v4i2.1073
Harahap, K. A., Sinaga, B., & Siagian, P. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Visual dalam Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA Negeri 1 Samudera. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 4(1), 239-251. https://doi.org/10.33258/birle.v4i1.1581
Herawati, O. D. P., Siroj, R., & Basir, D. (2013). Pengaruh Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 6 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1). https://doi.org/10.22342/jpm.4.1.312.
Isman, M. N. (2016). Pemanfaatan Program Geogebra dalam Pembelajaran Matematika. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(1), 10-19.
Kusumaningsih, W., & Marta, R. P. (2017). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Discovery Learning Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa Smp. JIPMat, 1(2). https://doi.org/10.26877/jipmat.v1i2.1247
Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interkatif terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 8-18.
Nur'aini, I. L., Harahap, E., Badruzzaman, F. H., & Darmawan, D. (2017). Pembelajaran Matematika Geometri Secara Realistik dengan GeoGebra. Matematika, 16(2), 1-6. https://doi.org/10.29313/jmtm.v16i2.39-0
Nurdin, E., Ma'aruf, A., Amir, Z., Risnawati, R., Noviarni, N., & Azmi, M. P. (2019). Pemanfaatan video pembelajaran berbasis Geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMK. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 87-98. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.18421
Nurhuda. (2015). Landasan Pendidikan. Semarang: Bina Karya Utama.
Purwanti, R. D., Pratiwi, D. D., & Rinaldi, A. (2016). Pengaruh Pembelajaran Berbatuan Geogebra terhadap Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Gaya Kognitif. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 115-122. https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i1.131
Riduwan, A. (2013). Rumus dan Data Dalam Analisis Statistika. Bandung: Alfabeta.
Septiadi, D. D., & Wahidah, A. (2022). Perbandingan Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS dengan TSTS. Jurnal Kisi-Kisi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Terapan, 1(2), 91. https://doi.org/10.30983/lattice.v1i2.4742
Simarmata, J. E., & Sirait, D. E. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Geogebra Dalam Pembelajaran Kalkulus I Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Timor. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 6(1).
Sinaga, W., Purba, Tuty Novelinda, Telaumbanua, F., & Simanjuntak, R. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berdasarkan Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 4(1), 71-77.
Suraji, Maimunah, & Saragih, S. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Suska Journal of Mathematics Education, 4(1), 9-16. https://doi.org/10.24014/sjme.v3i2.3897
Wahyuni, S., & Rahmadhani, E. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Dengan Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Geogebra. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(6), 605-614. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i6.605-614
Wulaningsih, S. A., Sumarni, & Riyadi, M. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Geogebra Android. Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT), 7(2), 64-71.
Yanny, R. W., Mirza, A., Ahmad, D., Bistari, B., & Pasaribu, R. L. (2023). Pengembangan Media Powerpoint Terintegrasi Geogebra Untuk Materi Transformasi Geometri Di Smp. JIPMat, 8(1), 56–63. https://doi.org/10.26877/jipmat.v8i1.14636
Yanti, R., Laswadi, L., Ningsih, F., Putra, A., & Ulandari, N. (2019). Penerapan pendekatan saintifik berbantuan geogebra dalam upaya meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 10(2),180-194. https://doi.org/10.26877/aks.v10i2.4399
Yuwana, C. A. R., Rahmawati, N. D., & Harun, L. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Pocket Book Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Smp. JIPMat, 8(1), 1–10. https://doi.org/10.26877/jipmat.v8i1.14442
Zetriuslita, & Andrian, D. (2020). Konstruktivisme Kegagalan Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Strategi Konflik Kognitif Siswa. Proceedings of the Second International Conference on Social, Economy, Education and Humanity ICoSEEH (1), 367-372, Riau, Indonesia. https://doi.org/10.5220/0009158703670372
Zetriuslita, Nofriyandi, & Istikomah, E. (2020a). Peningkatan Self-Efficacy dan Self-Regulated melalui Pembelajaran Berbasis GeoGebra ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika (KAM). Jurnal Instruksional, 14(1), 587-598. https://doi.org/10.29333/IJI.2021.14135A
Zetriuslita, Z., Istikomah, E., & Nofriandi, N. (2021). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Melalui Geogebra. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 10(2), 113-126. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v10i2.1266
Zetriuslita, Z., Nofriyandi, N., & Istikomah, E. (2020b). Pengaruh Pembelajaran Langsung Berbantuan Geogebra terhadap Efikasi Diri dan Regulasi Diri Siswa. Jurnal Infinity, 9(1), 41. https://doi.org/10.22460/infinity.v9i1.p41-48
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Zetriuslita Zetriuslita, Yosi Cahyaningtyas Fitri, SURIPAH

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.