CASE-BASED LEARNING: IMPLEMENTASI TINDAKAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP INTEGRAL MAHASISWA

Authors

  • Fadhila Kartika Sari Universitas Islam Malang
  • Gusti Firda Khairunnisa Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.26877/k61fkv91

Keywords:

Case-based learning, pemahaman konsep, integral

Abstract

Pemahaman konsep merupakan kemampuan dasar untuk mempelajari ilmu matematika. Berdasarkan pengalaman peneliti mengajar mata kuliah Kalkulus Integral ditemukan bahwa pemahaman konsep integral mahasiswa masih rendah. Case-based Learning (CBL) dipilih sebagai alternatif solusi yang dapat mengatasi permasalahan rendahnya pemahaman konsep mahasiswa. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dengan menerapkan sintaks dari model CBL yaitu: (1) understanding the case, (2) study question, (3) group discussion and solving the case, dan (4) evaluating learning outcomes. Subjek penelitian ini adalah 22 mahasiswa program studi pendidikan matematika kelas 2B dari salah satu universitas swasta di kota Malang. Peningkatan pemahaman konsep mahasiswa dapat dilihat dari prestasi belajar mahasiswa. Data penelitian diperoleh melalui lembar observasi, lembar wawancaran dan hasil tes akhir siklus. Persentase rata-rata ketercapaian aktivitas dosen pada siklus 1 yaitu 85,4% dan meningkat menjadi 93,7% pada siklus kedua. Aktivitas mahasiswa juga meningkat dari 81,25% menjadi 89,5%. Hasil tes  juga mengalami peningkatan ketuntasan yaitu 65% menjadi 85% dengan nilai rata-rata adalah 79,05. Respon positif mahasiswa terhadap model CBL juga meningkat dari 50% menjadi 83%. Berdasarkan hasil penelitian  yang mengalami peningkatan dan telah memenuhi indikator keberhasilan, maka dapat disimpulkan bahwa model CBL dapat diterapkan untuk meningkatkan pemahaman konsep integral mahasiswa.

References

Al-Mutawah, M. A., Thomas, R., Eid, A., Mahmoud, E. Y., & Fateel, M. J. (2019). Conceptual understanding, procedural knowledge and problem-solving skills in mathematics: High school graduates work analysis and standpoints. International Journal of Education and Practice, 7(3), 258–273. https://doi.org/10.18488/journal.61.2019.73.258.273

Andamon, J. C., & Tan, D. A. (2018). Attitude and performance in mathematics of grade 7 students. International Journal of Scientific & Technology Research, 7(8). www.ijstr.org

Bardini, C., Pierce, R., Vincent, J., & King, D. (2014). Undergraduate Mathematics Students’ Understanding of the concept of function. IndoMS-JME, 5(2), 85–107.

Bitu, Y.S., Setiawi, A.P., Bili, F.G., Iriyani, S.A., Patty, E.N.S. (2024). Pembelajaran Interaktif: MEningkatkan Keterlibatan dan Pemahaman Siswa. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan) Vol. 5 No 2 Juni, pp 193-198.

Chimmalee, B., & Anupan, A. (2022). Enhancement of mathematical conceptual understanding in a cloud learning environment for undergraduate students. International Journal of Engineering Pedagogy, 12(6), 50–69. https://doi.org/10.3991/ijep.v12i6.33775

Cummings, K. (2015). How does tutoring to develop conceptual understanding impact student understanding? In BSU Honors Program Theses and Projects. Item 96., 1–33. http://vc.bridgew.edu/honors_projhttp://vc.bridgew.edu/honors_proj/96

Dewi, E. R., & Marsigit. (2018). The implementation of case-based learning to improve students’ mathematical attitude. AIP Conference Proceedings, 2014. https://doi.org/10.1063/1.5054434

Dewi, E. R., & Nurjanah, A. (2022). Problem-based learning and case-based learning: Which is more effective for fostering mathematical connection? Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 9(2), 124–136. https://doi.org/10.21831/jrpm.v9i2.53276

Fauzi, A., Ermiana, I., Nur, A., Rosyidah, K., Sobri, M., Guru, P. S., Dasar, S., & Alamat, U. M. (2022). Implementasi case method (pembelajaran berbasis pemecahan kasus) ditinjau dari kemampuan kolaboratif mahasiswa. Jurnal Eduscience (JES), 9(3), 809–817.

Fauzi, A., Ermiana, I., Nur Kholifatur Rosyidah, A., & Sobri, M. (2023). The effectiveness of case method learning in view of students’ critical thinking ability. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 12(1), 15–33. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v11i1.1544

Fuqoha, A. A. N., Budiyono, B., & Indriati, D. (2018). Motivation in mathematics learning. Pancaran Pendidikan, 7(1), 203–209. https://10.25037/pancaran.v7i1.151

Indrawati, F., & Hartati, L. (2017). Peran penguasaan dasar matematika dan persepsi mahasiswa terhadap kemampuan pemahaman konsep mata kuliah Kalkulus I. Jurnal Formatif, 7(2), 107–114.

Jazuli, A., Setyosari, P., Sulthon, & Kuswandi, D. (2017). Improving conceptual understanding and problem-solving in mathematics through a contextual learning strategy. Global Journal of Engineering Education, 19(1), 49–53.

Kaur, G., Rehncy, J., Kahal, K. S., Singh, J., Sharma, V., Matreja, P. S., & Grewal, H. (2020). Case-based learning as an effective tool in teaching pharmacology to undergraduate medical students in a large group setting. Journal of Medical Education and Curricular Development, 7, 1–6. https://doi.org/10.1177/2382120520920640

Mahdi, O. R., Nassar, I. A., & Almuslamani, H. A. I. (2020). The role of using case studies method in improving students’ critical thinking skills in higher education. International Journal of Higher Education, 9(2), 297–308. https://doi.org/10.5430/ijhe.v9n2p297

Malatjie, F., & Machaba, F. (2019). Exploring mathematics learners’ conceptual understanding of coordinates and transformation geometry through concept mapping. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 15(12), 1–16. https://doi.org/10.29333/EJMSTE/110784

McLean, S. F. (2016). Case-based learning and its application in medical and health-care fields: a review of worldwide literature. Journal of Medical Education and Curricular Development, 3, 39–49. https://doi.org/10.4137/jmecd.s20377

Nainggolan, D.A., Dewi, I., & Mulyono. (2024). Pengembangan LKPD dengan model pembelajaran creative problem solving berbantuan geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan daya juang. JIPMat: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Volume 9 No 1 April 2024, pp. 12-24. https://doi.org/10.26877/jipmat.v9i1.366

Permana, S.B.T., Artharina, F.P., Subekti, E.E. (2024). Penerapan model pembelajaran flipped classroom berbantuan aplikasi google classroom terhadap pemahaman konsep segiempat di SD. JIPMat: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Volume 9 No 1 April 2024, pp. 153-161. https://doi.org/10.26877/jipmat.v9i1.482

Saleewong, D., Suwannatthachote, P., & Kuhakran, S. (2012). Case-based learning on web in higher education: a review of empirical research. Creative Education, 03(08), 31–34. https://doi.org/10.4236/ce.2012.38b007

Schröter, E., & Röber, M. (2022). Understanding the case method: Teaching public administration case by case. Teaching Public Administration, 40(2), 258–275. https://doi.org/10.1177/01447394211051883

Siregar, M. T., Armanto, D., Frisnoiry, S., & Gultom, B. (2022, December 29). Case method: analysis of student’s mathematic understanding ability. ICIESC 2022. https://doi.org/10.4108/eai.11-10-2022.2325317

Sumandya, I.W. & Antari, N.P.Y. (2023). Implementasi model pembelajaran Osborn untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas XII MIPA 9 SMA Negeri 1 Kuta Utara. JIPMat: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Volume 8 No 2, Oktober 2023, pp. 143-150. https://doi.org/10.26877/jipmat.v9i1.482

Syam, S. (2022). Penerapan case method dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 8(2), 2442–9511. https://doi.org/10.36312/jime.v8i2.3127/http

Syarafina, D. N., Dewi, E. R., & Amiyani, D. R. (2017). Penerapan case based learning (CBL) sebagai pembelajaran matematika yang inovatif. SEMINAR MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA UNY, 243–250.

Tasman, F., & Ahmad, D. (2017). Pemahaman mahasiswa terhadap integral sebagai anti turunan, suatu desainriset pada kalkulus integral. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 1(1), 9–16.

Utari, R. S., Gustiningsi, T., Studi Pendidikan Matematika, P., Keguruan dan Ilmu Pendidikan, F., Sjakhya-kirti, U., & Selatan, S. (2021). Kemampuan memahami konsep integral lipat dua melalui pembelajaran jarak jauh di masa pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 7(1), 1–20. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jpmrafa

Utari, R. S., & Utami, A. (2020). Kemampuan pemahaman konsep mahasiswa dalam mengidentifikasi penyelesaian soal integral tak tentu dan tentu. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 39–50. https://doi.org/10.22342/jpm.14.1.6820.39-50

Utarni, H., & Mulyatna, F. (2020). Penerapan Pembelajaran Realistic Mathematics Education Dengan Strategi Means Ends Analysis Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. ARITHMETIC: Academic Journal of Math, 2(1), 15–34. http://dx.doi.org/10.29240/ja.v2i1.1399.

Wayesa, N. N. (2020). esearch on: Improving Students Group Discussion Skill in Mathematics Class. Science Journal of Education, 8(4), 94–99. https://doi.org/10.11648/j.sjedu.20200804.11

Williams, B. (2005). Case based learning - A review of the literature: Is there scope for this educational paradigm in prehospital education? In Emergency Medicine Journal (Vol. 22, Issue 8, pp. 577–581). https://doi.org/10.1136/emj.2004.022707

Wospakrik, F., Sundari, S., & Musharyanti, L. (2020). The effect of implementation of learning method of case based learning on motivation and learning outcomes of student. JHeS (Journal of Health Studies), 3(2), 10–17. https://doi.org/10.31101/jhes.520

Downloads

Published

2025-04-29