EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA INTERAKTIF PADA CAPAIAN ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM NUMERASI SISWA
DOI:
https://doi.org/10.26877/71bf5f89Keywords:
Problem Based Learning, media interaktif, numerasi, hasil AKMAbstract
Kompetensi numerasi siswa di Indonesia masih rendah, sebagaimana ditunjukkan oleh survei OECD 2021 yang mencatat 71% siswa belum mencapai standar minimum matematika. Studi ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas Model Problem Based Learning (PBL) dengan bantuan media interaktif pada capaian asesmen kompetensi minimum numerasi siswa di SD Negeri Purwokerto 01. Metode yang diterapkan adalah metode kuantitatif dengan desain pre-eksperimental One Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian terdiri dari 22 siswa kelas V yang dipilih dengan teknik sampling jenuh. Instrumen yang digunakan mencakup tes untuk mengukur hasil belajar melalui pretest dan posttest, serta lembar observasi untuk mencatat aktivitas siswa. Data dianalisis menggunakan metode statistik inferensial untuk menguji perbedaan antara nilai pretest dan posttest menggunakan uji t. Hasil penelitian mengindikasikan rata-rata nilai pretest siswa sebesar 37.73 meningkat menjadi 81.14. Uji t mengindikasikan adanya perbedaan antara hasil pretest dan posttest (p = 0.000), yang mengindikasikan bahwa penerapan model PBL berbantuan media interaktif efektif dalam peningkatan hasil belajar siswa, sekaligus menawarkan metode mengajar yang lebih inovatif dan interaktif untuk diterapkan di sekolah lainnya. Media interaktif yang digunakan meliputi video edukatif (youtube), game wordwall, media papan berputar, Math Playground. Media tersebut dipilih karena mampu meningkatkan keterlibatan siswa, memberikan umpan balik, dan memfasilitasi pembelajaran aktif.
References
Amiruddin, M. R., Rahayuni, H. D., Zam, N. F., Nurwidiani, & Sirajuddin. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pangkep. JIPMat, 8(1), 24–36. https://doi.org/10.26877/jipmat.v8i1.14380
Anisah, A., Aina, M. Mp. Q., Jihadah, S., Kusmiati, S. P. R., Nurhayati, S. P. A., Rohilah, S. P. N., & Eviawati, E. (2021). Meningkatkan Kegiatan Belajar Peserta Didik Dengan Menggunakan Alat Peraga Yang Tepat Di Paud. Depok : Yayasan Nurani Hati Institute.
Dantes, N., & Handayani, N. N. L. (2021). Peningkatan literasi sekolah dan literasi numerasi melalui model blanded learning pada siswa kelas v sd kota singaraja. Widyalaya: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 269–283.
Darmastuti, L., Meiliasari, M., & Rahayu, W. (2024). Kemampuan Literasi Numerasi: Materi, Kondisi Siswa, dan Pendekatan Pembelajarannya. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 8(1), 17–26.
Djalal, F. (2017). Optimalisasi pembelajaran melalui pendekatan, strategi, dan model pembelajaran. SABILARRASYAD: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Kependidikan, 2(1).
Fajriyah, E. (2022). Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Pada Pembelajaran Matematika Di Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 4, 403–409.
Febiani, S., Susanti, N., Rahayu, C., Garba, M. D., & Dhakal, A. (2023). Problem-based Learning Model Assisted by Interactive Animation Videos on Numeracy Ability in Spatial Building Materials. Numerical: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(2), 345–358. https://doi.org/10.25217/numerical.v7i2.3642
Haswellah, Syam, N., & Irviana, I. (2025). The Effect Of Games-Based Problem Based Learning ( Pbl ) Model On Literacy And Numeracy Of Class Iv Students. Alena-Journal of Elementary Education, 3(1), 118–129. https://doi.org/10.59638/jee.v3i1.297
Hmelo-Silver, C. E. (2004). Problem-based learning: What and how do students learn? Educational Psychology Review, 16, 235–266.
Hung, W. (2016). All PBL Starts Here : The Problem. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 10(2).
Jayanti, M. P., Zulkardi, M. I., Putri, R. I. I., & Hartono, Y. (2023). Numerasi pembelajaran matematika SD berbasis E-Learning. Palembang : Bening Media Publishing.
Kodinar, N. M., Jelahu, T. T., & Haryono, M. (2024). Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Penerapan Problem Based Learning (PBL) pada Materi" Aku Memiliki Kemampuan" di SMP Negeri 7 Sintang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dan Agama, 5(2), 2972–2978.
Kurniawati, I. D. (2018). Media pembelajaran berbasis multimedia interaktif untuk meningkatkan Pemahaman konsep mahasiswa. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 1(2), 68–75.
Lubis, L. H., Rafi, M., Hutagalung, R., Nurhalimah, Hariati, E., & Tanjung, H. E. (2023). The Effect Of Pbl Learning Model On The Fifth- Grade Students ’ Math Arithmetical Skills At Mis Perdamean Sigambal. PRIMARY:Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 12(2), 293–305.
Manurung, P. (2020). Multimedia Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid 19. Al-Fikru: Jurnal Ilmiah, 14(1), 1–12.
Megawati, L. A., & Sutarto, H. (2021). Analysis numeracy literacy skills in terms of standardized math problem on a minimum competency assessment. Unnes Journal of Mathematics Education, 10(2), 155–165. https://doi.org/10.15294/ujme.v10i2.49540
Nisa, A., MZ, Z. A., & Vebrianto, R. (2021). Problematika Pembelajaran Matematika di SD Muhammadiyah Kampa Full Day School. El-Ibtidaiy: Journal of Primary Education, 4(1), 95–105.
Noviyanti, B. E., Salsabila, N. H., & Turmuzi, M. (2024). Penerapan Model PBL Berbantuan Media Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 6(1), 111–119.
Nurfadhillah, D. U., Elmiati, & Putri, D. M. (2022). Syntax Problem Based Learning Model On Teacher Lesson Plan Of Junior High School. EduCurio, 1(1), 28–34.
Nurwahidah, I., & Iskandar, S. (2022). Kepemimpinan Kepala Sekolah Meningkatkan Kecakapan Multiliterasi di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5646–5655.
Rahmawati, N. D., Zakaria, M. H., & Endahwuri, D. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Dalam Menyelesaikan Masalah Program Linear Ditinjau Dari Kepribadian Siswa. JIPMat, 8(1), 113–123. https://doi.org/10.26877/jipmat.v8i1.15194
Risandy, L. A., Sholikhah, S., Ferryka, P. Z., & Putri, A. F. (2023). Penerapan Model Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas 5 Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Dan Penelitian Umum, 1(4), 95–105.
Saputri, D. Y., & Maura, D. S. (2024). Implementation of Project-Based Learning Model to Improve Students’ Collaboration Skills: Literature Review. International Journal of Social Science and Human Research, 7(10).
Tanjung, N. A., Azhari, I., & Milfayetty, S. (2023). Development of Interactive Media with Using PBL to Improve Student Learning Outcomes in Grade 4th Social Science Subject. Randwick International of Education and Linguistics Science Journal, 4(4), 1031–1044.
Tarigan, T. L. B., Intan, N., & Ababil, K. M. (2024). Implementasi Teknologi Dalam Desain Pembelajaran Interaktif Untuk Megoptimalkan Kemampuan Kognitif Anak. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kearifan Lokal, 4(3), 237–244.
Taufik, A., Lalu, Y. V., & Lalu, H. A. (2024). Enhancing Literacy and Numeracy through Problem-Based Learning in Elementary Schools. Community Service Research Innovation (CSRI), 1(2), 55–64. https://doi.org/10.5281/zenodo.12155896
Tsaaqib, A., Buchori, A., & Endahwuri, D. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Virtual Reality (Vr) Pada Materi Trigonometri Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Sma. JIPMat, 7(1), 11–19. https://doi.org/10.26877/jipmat.v7i1.9950
Yew, E. H. J., & Goh, K. (2016). Problem-Based Learning: An Overview of its Process and Impact on Learning. Health Professions Education, 2(2), 75–79. https://doi.org/10.1016/j.hpe.2016.01.004
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Indah Rindi Liana, Nurina Happy, Agnita Siska Pramasdyahsari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.