INTEGRASI MEDIA INTERAKTIF DALAM DESAIN DIDAKTIS PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL (PLSV) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA
DOI:
https://doi.org/10.26877/10w6x091Keywords:
komunikasi matematis siswa; media interaktif; desain didaktis, pengaruh, komunikasi matematis siswa, media interaktif, desain didaktisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media interaktif dalam desain didaktis Persamaan Linear Satu Variabel terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 8 Bandar Lampung semester ganjil tahun ajaran 2024/2025 yang terdistribusi dalam tujuh kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII-D sebanyak 29 siswa sebagai kelas eksperimen dan VII-C sebanyak 29 siswa sebagai kelas kontrol yang dipilih melalui teknik purposive random sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest-posttest control group design. Data pada penelitian berupa data kuantitatif yang diperoleh melalui tes kemampuan komunikasi matematis. Berdasarkan hasil independen sampel t-test diperoleh bahwa peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan media interaktif dalam desain didaktis Persamaan Linear lebih tinggi dibandingkan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan media interaktif dalam desain konvensional. Dengan rata-rata pembelajaran menggunakan media interaktif dalam desain didaktis Persamaan Linear dari 24 % meningkat menjadi 78,33 % dan rata-rata pembelajaran tanpa menggunakan media interaktif dalam desain konvensional dari 11,33% menjadi 67,66%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media interaktif dalam desain didaktis Persamaan Linear berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.
References
Ananga, & Akayuure. 2016. Integrating interactive multimedia into mathematics course modules for distance education. African Journal of Educational Studies in Mathematics and Sciences, 12(0), 35–44.
Arifin, Z. 2017. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Rodaskarya
Badjeber, R., & Purwaningrum, J. P. 2018. Pengembangan Higher Order thinking Skills dalam pembelajaran matematika di SMP. Guru Tua: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 1(1), 36-43.
Brousseau, G. 2002. Theory of Didactical Situations in Mathematics: Didactique des Mathématiques, 1970–1990. Springer Science & Business Media
Delina, D. F., Rahmawati, N. D., & Ariyanto, L. 2024. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Dengan Pendekatan Konstruktivistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis. Jipmat, 9(2), 278-287.
Gan, B., Menkhoff, T., & Smith, R. 2015. Enhancing students’ learning process through interactive digital media: New opportunities for collaborative learning. Computers in Human Behavior, 51, 652-663.
Hadi, S., & Novaliyosi, N. 2019. TIMSS Indonesia (Trends in international mathematics and science study). Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers.
Harun, F, Suparman, Yahya, H, Machmud, T & Alhaddad, I. 2021. Improving Students' Mathematical Communication Skills through Interactive Online Learning Media Design. Journal of Technology and Humanities Vol. 2 No. 2 (2021) 17–23.
Handayanto, A., Setiawan, B., & Aini, A. N. 2024. Efektivitas Media Pembelajaran Game Edukasi Matematika Dengan Pendekatan Etnomatematika Berbantu App Inventor Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Trigonometri. Jipmat, 9(2), 324-335.
Jufri, A. P., Asri, W. K., Mannahali, M., & Vidya, A. 2023. Strategi Pembelajaran: Menggali Potensi Belajar Melalui Model, Pendekatan, dan Metode yang Efektif. Ananta Vidya.
Jupri, A., & Drijvers, P. 2016. Student difficulties in mathematizing word problems in algebra. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 12(9), 2481-2502.
Kurniawan, S., Rosjanuardi, R., & Suhendra. 2023. Students' mathematical argumentation ability when proving mathematical statements based on self-efficacy. Jurnal Elemen, 9(2), 578-590. https://doi.org/10.29408/jel.v9i2.15151
Lomibao, L. S., Luna, C. A., & Namoco, R. A. 2016. The influence of mathematical communication on students’ mathematics performance and anxiety. American Journal of Educational Research, 4(5), 378-382.
Mahadewi, N. K. N., Ardana, I. M., & Mertasari, N. M. S. 2020. Kemampuan Komunikasi Matematis Melalui Pendekatan Reciprocal Teaching Berbantuan Media Interaktif. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(2), 338-350.
Munaji, M., & Setiawahyu, M. I. 2020. Profil Kemampuan Matematika Siswa Smp Di Kota Cirebon Berdasarkan Standar Timss. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 249-262.
National Council of Teachers of Mathematics (NCTM). 2000. Principles and Standards for School Mathematics. NCTM, Reston, VA .
Nizam. 2016. Ringkasan Hasil-hasil Asesmen Belajar Dari Hasil UN, PISA, TIMSS, Inap/Aksi.
Nurkhamidah, N., Susilowati, E., & Ellianawati, E. 2024. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Kelas Viig Smpn 32 Semarang Melalui Pendekatan Problem Based Learning Berbantuan Media Wordwall. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dan Penelitian Tindakan Kelas , 1229-1236.
OECD.2018. PISA 2018 Results Combined Executive Summaries. PISA, OECD Publishing, Paris, 31 Hlm.
OECD. 2023. PISA 2022 Results Combined Executive Summaries. PISA, OECD Publishing.
Parinata, D., & Puspaningtyas, N. D. 2022. Kemampuan Komunikasi Metematis Mahasiswa Pada Materi Integral. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 3(2), 94-99.
Patriamurti, Y. D., & Irawati, R. 2024. Peningkatan Hasil Belajar Pecahan pada Siswa Kelas IV melalui Pendekatan Kontekstual dengan Bantuan Aplikasi Wordwall. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(1), 274-281.
Prasetyo, H., & Rahayu, S. 2022. Effectiveness of Interactive Media in Learning Linear Equations. Indonesian Journal of Mathematics Education, 15(1), 89-105.
Puspendik. 2019. Pendidikan Di Indonesia Belajar Dari Hasil Pisa 2018. Puspendik Balitbang Kemendikbud, 206 Hlm
Putri, R. N., Suhendra, I., Darmansyah, D., & Fitria, Y. 2024. Pengaruh Penggunaan Aplikasi Wordwall Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Bangun Ruang Di Sdn 12 Sungai Sapih. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 1954-1963.
Ratnamutia, S. A., & Pujiastuti, H. 2020. Analisis kesulitan siswa SMP dalam mengidentifikasi dan menyelesaikan soal cerita persamaan linear satu variabel. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 20(2).
Siagian, M. D. 2016. Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 2(1).
Sudijono, A. 2018. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Suryadi, D. 2021. Didactical Design Research (DDR) dalam Pengembangan Pembelajaran Matematika. Bandung: UPI Press.
Tasni, N., Upu, H., Ikram, M., & Rahman, M. S. 2025. Analisis Hambatan Siswa Dalam Mengonstruk Masalah Konstekstual Berdasarkan Koneksi Matematis Siswa. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 6(1), 188-200.
Tejedor, G., Segalàs, J., Barrón, Á., Fernández-Morilla, M., Fuertes, M. T., Ruiz-Morales, J., & Hernández, À. 2019. Didactic strategies to promote competencies in sustainability. Sustainability, 11(7), 2086.
Theelen, H., & van Breukelen, D. H. 2022. The didactic and pedagogical design of e‐learning in higher education: A systematic literature review. Journal of Computer Assisted Learning, 38(5), 1286-1303.
TIMSS. 2015. International Results in Mathematics. TIMSS & PIRLS International Study Center.
Wati, S., Fitriana, L., & Mardiyana. 2018. Students’ difficulties in solving linear equation problems. Journal of Physics: Conference Series, 983, 012137. doi: 10.1088/1742-6596/983/1/012137
Wijaya, A. 2019. The Role of Interactive Media in Enhancing Students' Mathematical Understanding. Journal of Mathematics Education, 10(2), 45-58.
Yadav, S. 2019. Role of mathematics in the development of society. International Journal of Research and Analytical Reviews, 6(4), 295-298.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Selvia Andani Hidayah, Tina Yunarti, Pentatito Gunowibowo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.