ANALISIS KECEMASAN MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN MENGKONSTRUKSI PENGETAHUAN MATEMATIKA SISWA SMP

Authors

DOI:

https://doi.org/10.26877/fnd2ek48

Keywords:

Kecemasan Matematis, Konstruksi Pengetahuan, Pengetahuan Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kecemasan matematis terhadap kemampuan siswa Sekolah Menengah Pertama dalam membangun pemahaman matematika. Dengan menerapkan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif, penelitian ini melibatkan tiga siswa yang dipilih berdasarkan tingkat kecemasan matematisnya, yaitu rendah, sedang dan tinggi. Proses pengumpulan data dilakukan melalui angket kecemasan matematis, lembar pencerapan informasi, pedoman wawancara, serta teknik triangulasi baik dari segi metode maupun sumber. Data yang diperoleh dianalisis melalui tahapan berupa reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat kecemasan matematis yang dialami siswa, semakin besar hambatan yang mereka hadapi dalam memahami serta mengolah konsep-konsep matematika. Siswa dengan kecemasan rendah mampu mengasimilasi dan mengakomodasi informasi dengan baik serta mencapai keseimbangan kognitif (equilibrim) tanpa hambatan berarti. Siswa dengan kecemasan sedang mengalami ketidakseimbangan kognitif ((equilibrium) pada awalnya, namun mampu mencapainya kembali melalui refleksi dan bantuan tambahan. Sebaliknya, siswa dengan kecemasan tinggi menunjukkan kesulitan besar dalam menerima dan mengolah informasi baru, serta tidak mampu mencapai keseimbangan kognitif (equilibrium)  karena kecemasan yang dialami. Temuan ini menegaskan perlunya strategi pembelajaran dan intervensi yang mampu mereduksi kecemasan matematis, agar siswa dapat lebih optimal dalam mengembangkan pemahaman matematikanya.

References

Abdi, I nyoman, Andi alim Syahri, and Fitriany. 2011. “TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF PIAGET DAN IMPLIKASI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA.” Sigma (Suara Intelektual Gaya Matematika) 3.

Alim, Nur Fadhilah Radiah, Ahmad Razak, and Novita Maulidya Jalal. 2023. “Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Kecemasan Akademik Siswa SMAN 5 Makassar.” METAPSIKOLOGI: Jurnal Ilmiah Kajian Psikologi 1(2): 81–88.

Amin, Khairul, Kamid, and Bambang Hariyadi. 2021. “Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Kontekstual Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berdasarkan Newman Error Analysis Ditinjau Dari Gender.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 5(2): 2053–64. doi:10.31004/cendekia.v5i2.692.

Ansari, Bansu Irianto, and Muhamad Saleh. 2019. “Pengaruh Collaborative Teaching Dan Pengetahuan Awal Terhadap Kecemasan Matematis Siswa.” JIPMat 4(2): 112–17. doi:10.26877/jipmat.v4i2.3959.

Artama, Evy Novia Nanda, Siti Maghfirotun Amin, and Tatag Yuli Eko Siswono. 2021. “Pengaruh Kecemasan Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa.” Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Dan Sains 4(1): 34. doi:10.26740/jppms.v4n1.p34-40.

Ashcraft, Mark, and Jeremy Krause. 2007. “Working Memory, Math Performance, and Math Anxiety.” Psychonomic Bulleting & Review 14(2): 243–48. http://personal.psu.edu/users/s/a/sap246/spaul_HCOMPworkshop_CHI11.pdf%5Cnpapers3://publication/uuid/32ECD18C-4D33-42EB-802D-D2EAEA9FEA2E.

Cahyanto, Irfan Dwi, and Mega Nur Prabawati. 2019. “Kontruktivisme Dalam Pembelajaran Matematika.” Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers: 1–7.

Creswell, John W. 2021. Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Quaitative Research. Pearson.

Diana, Putri, Indiana Marethi, and Aan Subhan Pamungkas. 2020. “Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa: Ditinjau Dari Kategori Kecemasan Matematik.” SJME (Supremum Journal of Mathematics Education) 4(1): 24. doi:10.35706/sjme.v4i1.2033.

Fiantika, Feny Rita, Mohammad Wasil, Sri Jumiyati, Leli Honesti, Sri Wahyuni, Erland Mouw, Jonata, et al. 2022. Rake Sarasin Metodologi Penelitian Kualitatif. ed. Yuliatri Novita. Padang: PT. GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI. https://scholar.google.com/citations?user=O-B3eJYAAAAJ&hl=en.

Hadi, Syaiful. 2016. “Kemampuan Mahasiswa Dalam Mengkonstruksi Bukti Bentuk Biimplikasi Ditinjau Dari Tingkat Kecemasan.” JIPMat 1(1): 79–87. doi:10.26877/jipmat.v1i1.1086.

Hakim, Rosalia Noor, and Alpha Galih Adirakasiwi. 2021. “Analisis Tingkat Kecemasan Matematis Siswa SMA.” Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif 4(4): 809–16. doi:10.22460/jpmi.v4i4.809-816.

Harefa, Ahmad Din, Sadiana Lase, and Yulisman Zega. 2023. “Hubungan Kecemasan Matematika Dan Kemampuan Literasi Matematika Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik.” Educativo: Jurnal Pendidikan 2(1): 144–51. doi:10.56248/educativo.v2i1.96.

Hasanuddin, Muhammad Idris. 2020. “Pengetahuan Awal (Prior Knowledge) : Konsep Dan Implikasi Dalam Pembelajaran.” EDISI : Jurnal Edukasi dan Sains 2(2): 217–32. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi.

Hidayah, Layli, Isdiyana Kusuma Ayu, and Surya Sari Faradiba. 2017. “Teori Beban Kogntif Dalam Kecemasan Matematika.” JIPMat: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 2(2): 105–9. doi:10.26877/jipmat.v2i2.1973.

Juliyanti, Annisa, and Heni Pujiastuti. 2020. “Pengaruh Kecemasan Matematis Dan Konsep Diri Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa.” Prima: Jurnal Pendidikan Matematika 4(2): 75. doi:10.31000/prima.v4i2.2591.

Khairunnisa, E, and A Fitri. 2023. “Pengaruh Kecemasan Matematis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas 11 SMA Negeri 1 Bojong.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika 3: 49–54. https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm.

Kurniawati, Nia, Metta Liana, and Mirta Fera. 2024. “KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI TINGKAT KECEMASAN MATEMATIS PADA SISWA KELAS VII SMP.” SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA 16: 513–28.

Kusmaryono, Imam, and Nuhyal Ulia. 2020. “Interaksi Gaya Mengajar Dan Konten Matematika Sebagai Faktor Penentu Kecemasan Matematika.” Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 9(1): 143–54. doi:10.31980/mosharafa.v9i1.634.

Lestari, Eha Anna, and Nuryanti. 2022. “Pentingnya Kualitas Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Anak.” Pendidikan, Jurnal Konseling, Dan 4: 1349–58.

Mulyani, Aty. 2019. Proses Konstruksi Pengetahuan Peserta Didik. ed. Feresha. Kebumen: CV. Intishar Publishing.

Nainggolan, Alon Mandimpu, and Adventrianis Daeli. 2021. “Analisis Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Implikasinya Bagi Pembelajaran.” Journal of Psychology “Humanlight” 2(1): 31–47. doi:10.51667/jph.v2i1.554.

Ningrum, Titin Kurnia. 2022. “Analisis Tingkat Kecemasan Matematika Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Gaya Kognitif Pada Materi Program Linear Kelas XI SMA/Sederajat.” https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20253/1/1808056003_TITIN KURNIA NINGRUM_LENGKAP TUGAS AKHIR - Titin Kurnia Ningrum UIN Walisongo.pdf.

Nuraeni, Reni, and Dadang Rahman Munandar. 2023. “Analisis Kecemasan Matematis Siswa SMP Terhadap Hasil Belajar Matematika.” Didactical Mathematics 5(2): 361–68. doi:10.31949/dm.v5i2.5862.

Permendikbud. 2016. “Permendikbud Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016.” https://peraturan.bpk.go.id/Details/224242/permendikbud-no-22-tahun-2016: 1–15.

Prasetyo, Freddy, and Dadan Dasari. 2023. “Studi Literatur: Identifikasi Kecemasan Matematika Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa.” RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika 4(2): 240–53. doi:10.32938/jpm.v4i2.3649.

Rifai, Muh. Ekhsan. 2019. Google Book Pentingnya Kepercayaan Diri Dan Dukungan Keluarga Dalam Kecemasan Matematika. Revisi. ed. Esty Supatmi. Sukoharjo: CV. Sindunata. http://www.fokussindunata.com.

Rizta, Amrina, and Luvi Antari. 2019. “Tingkat Mathematics Anxiety Pada Mahasiswa Calon Guru Matematika.” Jurnal Pendidikan Matematika 13(1): 9–20. doi:10.22342/jpm.13.1.6827.9-20.

Rosyidi, Abdul Haris, and Kurrotul Hasanah. 2022. “The Construction Process of New Concept Based on Apos Theory: Male Vs Female in Direct Proportion.” AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 11(4): 3360. doi:10.24127/ajpm.v11i4.5706.

Rusandi, and Muhammad Rusli. 2021. “Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif Dan Studi Kasus.” Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam 2(1): 48–60. doi:10.55623/au.v2i1.18.

Salvia, Nayla Ziva, Fadya Putri Sabrina, and Ismilah Maula. 2022. “Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik Ditinjau Dari Kecemasan Matematika.” ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan) 3(2019): 352–60. https://www.proceeding.unikal.ac.id/index.php/sandika/article/view/890.

Downloads

Published

2025-04-29