EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPETITION (AIR) DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

Authors

  • Siti Patimah siti Patimah Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Ana Setiani Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Yanti Mulyanti Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.26877/jipmat.v9i1.364

Keywords:

Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Auditory Intellectually Repetition (AIR), Pendekatan Problem Posing.

Abstract

Pada abad ke-21 ini terdapat empat kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa salah satunya kemampuan pemecahan masalah matematis, tetapi berdasarkan fakta dilapangan kemampuan tersebut masih dikategorikan rendah. Penerapan model dan pendekatan pembelajaran menjadi salah satu solusi yang efektif dalam melatih siswa untuk terbiasa memecahkan suatu permasalahan baik dalam bidang matematika maupun dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) dengan pendekatan Problem Posing terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada kelas VII SMP Negeri 2 Nagrak. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif, dengan jenis nya yaitu Quasi Eksperimental dengan desain pretest-posttest control grup design. Terdapat tiga kelas dari enam kelas yang digunakan untuk penelitian yang dipilih secara random. Hasil akhir dari analisis uji statistik (posttest) dengan menggunakan uji Anava Satu Jalur Sel Tak Sama. Dilanjutkan dengan uji Anava (Scheffe), memperoleh hasil yaitu: 1) kemampuan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menerima perlakukan berupa model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) dengan pendekatan Problem Posing  lebih baik dibandingkan dengan yang menerima model Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) saja dan juga;  2) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menerima perlakuan model Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) dengan pendekatan Problem Posing lebih baik dibandingkan dengan yang menerima model pembelajaran langsung.

References

Agustiani, N., Setiani, A., & Lukman, H. S. (2022). Pengembangan Instrumen Tes PLSV Berdasarkan Indikator Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah. Jambura Journal of Mathematics Education, 3(2), 107–119. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v3i2.15837

Alamsyah, N., Nengsih, R., & Nurrahmah, A. (2018). Perbedaan Pengaruh Pendekatan Taksonomi Bloom Revisi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Siswa Smp Bermotivasi Belajar Tinggi Dan Rendah. JIPMat, 3(2), 107–114. https://doi.org/10.26877/jipmat.v3i2.2702

Anggo, M. (2011). Pelibatan Metakognisi Dalam Pemecahan Masalah Matematika. Edumatica, 1(1), 25–32.

Astiwi, W. P., Soro, S., & Faradillah, A. (2019). Masalah Matematis Siswa Antara Model Project Based Learning Dan Auditory Intellectually Repetition. Gammath, 4(1).

Christou, C., Mousoulides, N., Pittalis, M., Pitta-Pantazi, D., & Sriraman, B. (2005). An empirical taxonomy of problem posing processes. ZDM - International Journal on Mathematics Education, 37(3), 149–158. https://doi.org/10.1007/s11858-005-0004-6

Daulay, L. A. (2023). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Model Auditory Intellectually Repetition (AIR) di SMP Negeri 5 Takengon. OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika, 2(2), 49–58.

Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(01), 30–41. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2018

Indahsari, A. T., & Fitrianna, A. Y. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas X Dalam Menyelesaikan Spldv. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(2), 77. https://doi.org/10.22460/jpmi.v2i2.p77-86

Irmayanti, I. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (Air) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dan Self Efficacy Siswa. AXIOM : Jurnal Pendidikan dan Matematika, 8(2). https://doi.org/10.30821/axiom.v8i2.6332

Ismunandar, D., Rosyadi, R., Nurafifah, L., & Jofre, A. (2022). Improving Students’ Problem Solving Abilities through the Application of Auditory Intellectually Repetition Model. Journal of Instructional Mathematics, 3(2), 53–60. https://doi.org/10.37640/jim.v3i2.1385

Jatmiko, J. (2018). Kesulitan Siswa Dalam Memahami Pemecahan Masalah Matematika. JIPMat, 3(1), 17–20. https://doi.org/10.26877/jipmat.v3i1.2285

Lara. (2022). Penerapan Metode Problem Posing pada Materi Lingkaran Siswa Kelas VIII-2 SMP Negeri 3 Mataran Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019. JPM Jurnal Pengabdian Mandiri, 1(8.5.2017), 2003–2005. www.aging-us.com

Mayasari, M., & Rosyana, T. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kota Bandung. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 82–89. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.66

Meier, D. (2005). The Accelerated Learning Handbook. Panduan Kreatif dan Efektif Merancang Program Pendidikan dan Pelatihan. Diterjemahkan oleh Rahmani Astuti.

Muulyono, D., & Hidayati, A. N. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Model Pembelajaran Auditory, Intellectualy, Repetition. Inomatika, 2(1), 22–37. https://doi.org/10.35438/inomatika.v2i1.162

Nasution, S. R., & Mujib, A. (2022). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 40–48. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.1850

NCTM. (1998). Curriculum and Evaluation Standards for School Mathematics Why ? What ? Who ? What was produced ? The Center for Study of Mathematics Curriculum, 1–9.

Nurfauziah, P., & Fitriani, N. F. (2019). Gender Dan Resiliensi Matematis Siswa Smp Dalam Pembelajaran Scientific Berbantuan Vba Excel. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 4, 28–37. https://doi.org/10.23969/symmetry.v4i1.1633

Palguna, I., Parwati, N. N., & Divayana, D. (2020). Pengaruh model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition berbantuan media pembelajaran I-Spring terhadap motivasi dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMA. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 10(2), 56–75.

Puspa Juwita, R. M., & Ariani, N. M. (2020). Lembar Kerja Siswa SMP Untuk Kemampuan Pemecahan Masalah Open-Ended Teorema Phytgoras. Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 2(2), 114. https://doi.org/10.30736/vj.v2i2.272

Rangkuti, R. K. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al-Qalasadi, 10(1), 498–505. https://journal.ilininstitute.com/index.php/dikdasmen/article/view/1406

Sari, I. P. (2015). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Problem Posing. Jurnal Ilmiah STKIP Siliwangi, 9, 10–15.

Setiani, A., Lukman, H. S., & Suningsih, S. (2020). Meningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Menggunakan Strategi Problem Based Learning Berbantuan Mind Mapping. Prisma, 9(2), 128. https://doi.org/10.35194/jp.v9i2.958

Simamora, I. P. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition (Air) Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di Smk Kesehatan Sidimpuan Husada. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 2(02), 29–38. http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/950

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA.

Yunita, N., Rosyana, T., & Hendriana, H. (2018). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis berdasarkan motivasi belajar matematis siswa smp. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(3), 325–332. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.325-332

Downloads

Published

2024-04-30