PENGEMBANGAN LKPD DENGAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN DAYA JUANG SISWA SMK

Authors

  • Donni Andreas Nainggolan Universitas Negeri Medan
  • Izwita Dewi Universitas Negeri Medan
  • Mulyono Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.26877/jipmat.v9i1.366

Keywords:

LKPD, Creative Problem Solving, GeoGebra, Pemecahan Masalah, Daya Juang.

Abstract

Abstrak

Penelitian ini mempunyai dua tujuan. Pendekatan pembelajaran Creative Problem Solving dan GeoGebra akan digunakan untuk membuat Perangkat Pembelajaran dan Dokumen Masalah (LKPD). Berdasarkan validitas, praktikalitas, dan kemanjuran dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan resiliensi matematis siswa, maka akan tercipta LKPD. Kedua, penelitian ini akan menjelaskan bagaimana LKPD dan paradigma pembelajaran Creative Problem Solving menggunakan GeoGebra dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan resiliensi matematis siswa. Penelitian R&D menjadi topik penelitian ini. Penelitian ini mengikuti model ADDIE—Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Berdasarkan penelitian, paradigma pembelajaran Creative Problem Solving menggunakan GeoGebra membantu terciptanya LKPD yang sah, praktis, dan sukses. Selain itu, kemampuan pemecahan masalah matematis siswa mengalami peningkatan yang ditunjukkan dengan n-gain sedang sebesar 0,36 pada uji coba I dan 0,40 pada uji coba II. LKPD yang menerapkan paradigma Creative Problem Solving dengan GeoGebra terbukti meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Kekuatan bertarung siswa dimasukkan dalam indikasi Quitters dalam penelitian ini. Uji coba II menunjukkan daya juang murid mencapai tahap indikasi Climbers.

 

References

Abdurrahman, Mulyono, (2018), Anak Berkesulitan Belajar Teori, Diagnosis, dan Remediasinya, Rineka Cipta, Jakarta.

Adilla, T. N., Silitonga, F. S., & Ramdhani, E. P. (2018). Pengembangan Electronic Lembar Kerja Peserta Didik (E-LKPD) Berbasis Guided Inquiry Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Maritim Raja Ali Haji.

Angriani, A.D., Nursalam, Fuadah, N., dan Baharuddin, (2018), Pengembangan Instrumen Tes untuk Mengukur Kemampuan Pemecahan Masalah

Matematika Siswa, Jurnal Pendidikan Dasar Islam. Vol. 2, No. 5. Hal 211 223. ISSN 2407-2451.

Arikunto, (2012), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Rineka Cipta: Jakarta

Arslan, E. 2010. Analysis of Communication Skill and Interpersonal Problem Solving in Prescholl Trainees. Social Behavior and Personality, 38(4): 523-530.

Arsyad, Azhar, (2012), Media Pembelajaran, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Asikin, M. & A.N. Cahyono. 2017. Basics of Mathematics Learning Process 1. Semarang: Penerbit FMIPA UNNES.

Asrori, A., & Suparman. (2019). Analisis Kebutuhan E-LKPD Sesuai Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Prosiding Sendika, 5(1).

Atsnan, M. F., (2016), Pengembangan Perangkat Pembelajaran Vektor Dengan Pendekatan Creative Problem Solving Kelas XI SMK Teknokestan, Jurnal Riset Pendidikan Matematika, Vol. 3, No. 1. Hal 66-75. ISSN 2477-1503

Azwar, S. 2015. Penyusunan Skala Psikologi Edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Basri, H. 2016. Kemampuan Kognitif dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Ilmu Sosial Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan.

Bhat, M. A. 2018. Effect of Problem Solving Ability on the Achievement in Mathematics of High School Student. Indian Journal of Applied Research, 4(8): 685-688.

Chabibah, L. N., Siswanah, E., & Tsani, D. F. (2019). PYTHAGORAS : Jurnal Pendidikan Matematika , 14 ( 2 ), 2019 , 199-210 Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan soal cerita barisan ditinjau dari adversity quotient. 14(2), 199– 210.

Ekawati, E & Sumaryanta. 2011. Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Matematika SD/SMP. Yogyakarta : Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika

Effendi, R., dkk. (2021). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. Vol. 5, No. 2. Hal 920-929.

Hakim, F. (2020). Faktor Adversity Quotient dalam Kemampuan Pemecahan Masalah Pembuktian Matematis Topik Teori Grup. 02(02), 90–98.

Haleva, L., Hershkovitz, A., & Tabach, M. (2021). Students’ Activity in an Online Learning Environment for Mathematics: The Role of Thinking Levels. Journal of Educational Computing Research, 59(4), 686–712. https://doi.org/10.1177/0735633120972057

Handayani, T.W., Syahputra, E., dan Mulyono, (2019), Media Development Model-Based Learning Detection Assisted Guided Macromedia Flash for Improving the Visual Thinking Ability Student SMP, Journal of Education and Practice, 10 : 61-67

Hasratuddin, (2018), Mengapa Harus Belajar Matematika, Perdana Publishing, Medan.

Hidayat, M. A. 2015. Teori Pembelajaran Matematika. Semarang: Program Pascasarjana Unnes

Hohenwarter, M., & Fuchs, K., (2004, July), Combination of dynamic geometry, algebra and calculus in the software system GeoGebra. In Computer algebra systems and dynamic geometry systems in mathematics teaching conference.

Hosnan, M, (2014), Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21, Ghalia Indonesia, Bogor.

Huda, Miftahul, (2017), Model-model Pengajaran dan Pembelajaran, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Downloads

Published

2024-04-30