PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-MODUL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION BERBANTUAN FLIP PDF PROFESSIONAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA

Authors

  • Khazlani Luthfi Universitas Negeri Medan
  • Edy Surya Universitas Negeri Medan
  • Mukhtar Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.26877/jipmat.v9i1.368

Keywords:

E-Modul, Flip PDF Professional, RME, Penalaran Matematis, Motivasi Belajar.

Abstract

LKPD yang dibangun dengan menggunakan model pembelajaran menjadi tujuan penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan media pembelajaran E-Module dengan model pembelajaran Realistic Mathematic Education berbantuan Flip PDF Professional pada materi persamaan lingkaran untuk meningkatkan penalaran matematis dan motivasi belajar siswa yang valid, praktis, dan efektif. Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation (ADDIE) digunakan dalam penelitian pengembangan. Penelitian ini melibatkan 45 teman sekelas. Alat pengumpulan data meliputi survei dan penilaian. Analisis data kuantitatif dan kualitatif dilakukan terhadap data yang dikumpulkan. E-Module matematika yang didukung Flip PDF Professional memperoleh nilai uji validitas sebesar 3,65. Hasil uji praktikalitas kelas dengan 45 balasan Uji keefektifan dengan jumlah siswa kelas XI sebanyak 45 orang menunjukkan bahwa meningkatkan kemampuan berpikir matematis dan keinginan belajar. Hal ini ditunjukkan dengan ketuntasan belajar klasikal siswa sebesar 86,9% dan motivasi belajar sebesar 91%. E-modul valid, praktis, dan berhasil sehingga cocok untuk meningkatkan pemikiran matematis dan motivasi belajar siswa SMA.

References

Afif., A.M.S., dkk. (2016). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa dalam Problem Based Learning (PBL). Seminar Nasional Matematika X Universitas Negeri Semarang.

Anditiasari, N. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Abk (Tuna Rungu) Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 183–194.

Asrizal. (2018). Effectiveness of Integrated Science Learning Materials of Waves in Life by Integrating Digital Age Literacy on Grade VIII Students. Proceeding of The 1st UR International Conference on Educational Science.

Dermawan, Fahmi, R. (2020). Pengembangan E-Modul Berbasis Web Pada Mata Pelajaran Pembuatan Busana Industri. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(3), 508–515.

Evi, S. (2018). Pendekatan Matematika Realistik (PMR) untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Siswa di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 2, 154–163.

Farib, P.M., Ikhsan, M., & Subianto, M. (2019). Proses Berpikir Kritis Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Discovery Learning. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 99–117.

Fatmianeri, Y., dkk. (2021). Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Differentiated Instruction untuk Pembelajaran Blended Learning. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(1), 50–62.

Herawati. (2018). Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Interaktif Pada Mata Pelajaran Kimia Kelas XI IPA SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180-191.

Ibrahim, A. (2018). Metodologi Penelitian. Gunadarma Ilmu.

Islahiyah, I., Pujiastuti, H., & Mutaqin, A. (2021). Pengembangan E-Modul Dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.3908

Kemendikbud. (2013). Permendikbud Nomor 68 tahun 2013 tentang Kerangka Dasar Dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. Kemendikbud.

Kumalasani, M., Yenny, E. (2022). Analisis Efektivitas Penggunaan E-Modul Berbasis Aplikasi Flipbook Pada Pembelajaran Tematik di SD. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD)., 10(1), 39-51.

Kurniawan, R., S. (2021). Praktikalitas dan Efektivitas Peenggunaan E-Modul Fisika SMA Berbasis Guided Inquiry Terintegrasi Etnosains untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Eksakta Pendidikan, 5(2), 135-141.

Nurdyansyah, N., Aini, Q. (2020). Peran Teknologi Pendidikan Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas III Di Mi Ma’arif Pademonegoro Sukodono. At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 124.

Nurhayati, S., dkk. (2013). Kemampuan Penalaran Siswa Kelas VIII Dalam Menyelesaikan Soal Kesebangunan. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 2(1).

Putra, Y. P., Musril, H. A. (2022). Perancangan Aplikasi E-modul Pembelajaran Informatika di MTs Negeri 6 Agam. Jurnal Edukasi Elektro, 1(2), 18–23.

Rusydi, I. (2019). Peranan Perkembangan Teknologi. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Sintawati, M, & indriani F. (2019). Pentingnya Literasi ICT Guru di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1 (2), 412–422.

Wulandari, E. (2022). Meningkatkan Kemandirian Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 1 Arjosari Pacitan Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran: Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 3 (1), 78–86. https://doi.org/doi:https://doi.org/10.1503/jpp.v3i1.102.

Wulansari, E. W. (2018). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Ekonomi Materi Pasar Modal Untuk Siswa Kelas XI IPS MAN 1 Jember Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 12(1), 1–7.

Downloads

Published

2024-04-30