KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI SPLTV

Authors

  • Dwi Wahyuni Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Annisa Swastika Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.26877/jipmat.v9i1.369

Keywords:

Kemampuan Komunikasi Matematis, PBL, SPLTV, Mixed-Methode

Abstract

Kemampuan Komunikasi Matematis (KKM) merupakan kecakapan seseorang guna dapat menyampaikan ide matematika melalui tulisan atau lisan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis KKM siswa dalam model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini menggunakan metodologi concurrent triangulation mixed-method. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X pada salah satu SMA di Provinsi Jawa Tengah. Sampel pada penelitian ini terdiri dari siswa X-E6 dan X-E8. Tes dan wawancara merupakan teknik pengumpulan data yang digunakan. Analisis data kuantitatif menggunakan independent sample t-test, sementara analisis data kualitatif terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa (1) KKM siswa dengan PBL lebih baik daripada konvensional, (2) PBL pada KKM dapat membantu siswa untuk menjelaskan ide matematika  melalui tulisan dan lisan, mengomunikasikan konsep matematika secara benar, mengkonsolidasi pemikiran matematis dengan komunikasi, tetapi masih terdapat kekurangan dalam memeriksa dan menilai pemikiran dan teknik matematika orang lain.

References

Ahid, R., Waluya, S. B., & Kharisudin, I. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Menyelesaikan Masalah Soal Cerita. Seminar Nasional Pascasarjana, 2017.

Anggraini, R. D., Hutapea, N. M., & Amalina, A. (2021). Perangkat Pembelajaran Matematika berbasis Problem Based Learning untuk Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel ( Sebuah Studi Pengembangan ). Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 4(4), 339–350.

Annur, M. F., & Hermansyah. (2020). Analisis Kesulitan Mahasiswa Pendidikan Matematika dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 11(2), 195–201.

Anwar, Z., & Ruslan, R. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah e-Journal Qalam : Jurnal Ilmu Kependidikan. Jurnal Ilmu Kependidikan, 8(2), 92–104.

Apriasari, M., & Rejeki, S. (2020). Eighth Graders ’ Mathematics Communication Ability in Solving Word-context Problems in the Topic of Linear Equation System with Two Variables Profil Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII pada Penyelesaian Soal Cerita Materi Sistem Persamaan Line. 4(1), 23–36.

Ardianti, R., Sujarwanto, E., & Surahman, E. (2022). Problem-based Learning: Apa dan Bagaimana. Diffraction, 3(1), 27–35. https://doi.org/10.37058/diffraction.v3i1.4416

Ariyanto, L., Rahmawati, N. D., & Mustika, A. A. D. (2023). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMK Dalam Menyelesaikan Soal Numerasi. JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 8(2), 201–209. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/jipmat.v8i2.16368

Bernard, M. (2015). Meningkatkan kemampuan komunikasi dan penalaran serta disposisi matematik siswa smk dengan pendekatan kontekstual melalui game adobe flash cs 4.0. 4(2), 197–222.

Darkasyi, M., Johar, R., & Ahmad, A. (2014). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Motivasi Siswa dengan Pembelajaran Pendekatan Quantum Learning pada Siswa SMP Negeri 5 Lhokseumawe. Jurnal Didaktik Matematika, 1(1), 21–34.

Hariati, M. E., & Sinaga, B. (2022). Analisis Kesulitan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share. 06(01), 702–709.

Imam, I., Ayubi, A., & Bernard, M. (2018). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(3), 355–360. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.355-360

Karminingtyas, E. A. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Model Pembelajaran PBL Dengan Pendekatan RME. LEMMA: Letters of Mathematics Education, 5(2), 135–140.

Mashuri, S., Djidu, H., & Ningrum, R. K. (2019). Problem-based learning dalam pembelajaran matematika:Upaya guru untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 112–125. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/pg.v14i2.25034 https://doi.org/10.21831/pg.v14i2.25034

Mbay, W. O. N., Anggo, M., & Sani, A. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematik Siswa Sekolah Menengah Pertama ( SMP ). Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 57–66.

Nari, N. (2015). Kemampuan komunikasi dan disposisi matematis mahasiswa pada mata kuliah geometri. 137.

NCTM. (2000). Principles and Standards for SCHOOL MATHEMATICS.

Noriza, M. D., Kartono, & Sugianto. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Disposisi Matematis Siswa Kelas X Pada Pembelajaran Berbasis Masalah. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 4(2), 66–75.

Nurbiah, Syafi’i, A., & Fahril. (2023). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Alef Education Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematiks Tema Himpunan di MTs As’Adiyah Uloe. Aducandum, 9(1), 126–134.

Putri, N. I. P., & Sundayana, R. (2021). Perbandingan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa antara Problem Based Learning dan Inquiry Learning. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 157–168. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i1.1034

Rahmawati, N. D., Rubowo, M. R., & Rahmayani, I. D. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Spldv Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. JIPMat, 7(1), 72–80. https://doi.org/10.26877/jipmat.v7i1.11734

Sari, Y. I., Sumarni, Utomo, D. H., & Astina, I. komang. (2021). The Effect of Problem Based Learning on Problem Solving and Scientific Writing Skills. International Journal of Instruction, 14(2), 11–26. https://doi.org/https://doi.org/10.29333/iji.2021.1422a

Sholihah, D. A., & Mahmudi, A. (2015). Keefektifan Experiental Learning Pembelajawab Matematika MTs Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 175–185. https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/index

Shorten, A., & Smith, J. (2017). Mixed methods research: Expanding the evidence base. Evidence-Based Nursing, 20(3), 74–75. https://doi.org/10.1136/eb-2017-102699

Yanti, A. H. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Komunikasi Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama Lubuklinggau. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 2(2), 118–129.

Yulianto, H., & Suprihatiningsih, S. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Pembelajaran Treffinger Berdasarkan Self Efficacy. 2017.

Downloads

Published

2024-04-30