PROFIL KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA KELAS VIII MTS AL KHAIRAAT TONDO PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.26877/jipmat.v9i1.377Keywords:
Profil, Kemampuan Koneksi Matematis, Teorema Pythagoras, Kemampuan MatematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi mengenai kemampuan koneksi matematis siswa yang berkemampuan matematika sedang. Peneliti tertarik meakukan peneltian ini untuk memperoleh informasi secara deskriptif mengenai kemampuan koneksi matematis siswa kelas VIII MTs Al Khairaat Tondo pada materi teorema Pythagoras. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dipilih berdasarkan nilai ulangan harian, MID semester dan rekomendasi guru mata pelajaran. Data diperoleh dari hasil tes tertulis dan wawancara terhadap subjek penelitian. Uji kredibilitas data yang diguakan yaitu member check Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa subjek berkemampuan matematika sedang dalam menyelesaikan masalah pada materi teorema Pythagoras berdasarkan indikator koneksi matematis, yakni mampu mengoneksikan antarkonsep matematika, mampu mengoneksikan antar matematika dan fisika dan mampu mengoneksikan matematika dalam kehidupan sehari-hari.
References
Atmaja, I. M. D. (2021). Koneksi Indikator Pemahaman Konsep Matematika Dan Keterampilan Metakognisi1. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(7), 2048–2056.
Bakhril, M. S., Kartonoa, & Dewi. (2019). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Peer Tutoring Cooperative Learning. Prisma : Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2(ISSN 2613-9189), 754–758. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/ ISSN
Devi, A. S. P., Usman, & Linawati. (2019). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas VIII Smp Negeri 1 Sausu Pada Konsep Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Kemampuan Matematika. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika, 7(1), 13–27.
Faizah, H., & Dewanti, S. S. (2023). Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Statistika Ditinjau Dari Kemampuan Koneksi Matematis. JIPMat, 8(1), 37–55. https://doi.org/10.26877/jipmat.v8i1.14479
Fitriani, M., Murdiana, I. N., & Rochaminah, S. (2021). Profil Koneksi Matematis Siswa Kelas Viii Smp Negeri 4 Palu Dalam Menyelesaikan Masalah Pada Materi Teorema Pythagoras Ditinjau Dari Kemampuan. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, Vol. 8 No., 420–434.
Hasanah, E. N., & Aini, I. N. (2021). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Bangun Datar Segiempat Di Smp. JIPMat, 6(1), 85–91. https://doi.org/10.26877/jipmat.v6i1.7985
Isfayani, E., Johar, R., & Munzir, S. (2018). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis dan Self- Efficacy Siswa melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange (RTE). Jurnal Elemen, 4(1), 80. https://doi.org/10.29408/jel.v4i1.473
Kenedi, D. (2019). Machine Translated by Google SISWA UNTUK MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA Machine Translated by Google. 10(1), 69–80.
Maulida, A. R., Suyitno, H., & Asih, T. S. N. (2019). “Kemampuan Koneksi Matematis pada Pembelajaran CONINCON (Constructivism, Integratif and Contextual) untuk Mengatasi Kecemasan SIswa.” Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 724–731. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Maulyda, M. A. (2020). Paradigma Pembelajaran Matematika NCTM. In Paradigma Pembelajaran.
Mekarisce, A. A. (2020). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyarakat. JURNAL ILMIAH KESEHATAN MASYARAKAT : Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12(3), 145–151. https://doi.org/10.52022/jikm.v12i3.102
Mone, P. S., Nenohai, J. M. H., & Samo, D. D. (2022). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa dalam Pembelajaran Matematika di Tingkat SMP. Fraktal: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 12–24. https://doi.org/10.35508/fractal.v3i1.5602
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Matheatics. In Nucl. Phys. (Vol. 13, Nomor 1).
Net, W. W. W. P., Bahar, R., Munadi, S., & Rosnawati, R. (2023). The Brainstorming Method on Pesantren Students’ Mathematical Connection and Metacognition Skills. Pegem Journal of Education and Instruction, 13(3), 228–238. https://doi.org/10.47750/pegegog.13.03.24
Radiusman, R. (2020). Studi Literasi: Pemahaman Konsep Anak Pada Pembelajaran Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 6(1), 1. https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.1-8
Rocha, H. (2023). Dampak pengetahuan guru terhadap keterkaitan teknologi mendukung eksplorasi dan pembuktian matematis. 11(4), 635–649.
Rosyaadah, T. K. (2018). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Masalah Terkait Dengan Materi Kubus Dan Balok Ditinjau Dari Kemampuan Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(3), 21–29. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/25554/23429
Setyawati, R. D., Saadah, L., & Purwosetyono, F. D. (2021). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau Dari Level Kognitif Siswa Kelas VIII. JIPMat, 6(2), 285–296. https://doi.org/10.26877/jipmat.v6i2.10022
Standar, B., Pendidikan, D. A. N. A., & Tosho, T. G. (2021). Matematika.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kulaitatif, dan R&D, dan Penelitian Pendidikan). Alfabeta, 1–908.
Zairi, A., Sutrisno, L., & Silitonga, H. T. M. (2019). Hubungan Antara Kemampuan Matematika dengan Kemampuan Menyelesaikan Soal Fisika pada Materi Gerak Parabola. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(3), 1–10.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Vira Maulina Anwar Anwar, Pathuddin, Alfisyahra, Rita Lefrida
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.