PROFIL BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII SMPN 7 OGODEIDE DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SPLDV DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF

Authors

  • Amanda Universitas Tadulako
  • Welli Meinarni Universitas Tadulako
  • Dasa Ismaimuza Universitas Tadulako
  • Sukayasa Universitas Tadulako

DOI:

https://doi.org/10.26877/jipmat.v9i1.378

Keywords:

berpikir kritis, SPLDV, gaya kognitif, Reflektif, Implusif

Abstract

Penelitian ini merupakan peneltian deskriptif kualitatif dengan subjek peneltian Siswa kelas VIII SMPN 7 Ogodeide. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran proses berpikir kritis siswa kelas VIII pada materi sistem pertidaksamaan linier dua variabel (SPLDV) berdasarkan gaya kognitif reflektif implusif. Subjek penelitian ini dipilih berdasarkan tes MFFT. Subjek penelitian ini adalah 2 orang siswa dari 11 siswa kelas VIII SMPN 7 Ogodeide, yang masing-masing memiliki gaya kognitif reflektif dan implusif. Teknik pengumpulan data meliputi tes Gaya Kognitif MFFT (Matching Familiar Figures Test), tes berpikir kritis, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek dengan gaya kognitif reflektif memenuhi enam indikator FRISCO yaitu focus, reason, inference, situation, clarity dan overview. Subjek dengan gaya kognitif implusif hanya memenuhi dua indikator FRISCO yaitu focus dan inference saat menyelesaikan masalah SPLDV

References

Aini, R. N., Murtianto, Y. H., & Prasetyowati, D. (2019). Profil Kemampuan Spasial Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif pada Siswa Kelas VIII SMP. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(5), 90–96. https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i5.4455

Awaliya, V. I., & Masriyah, M. (2022). Proses Berpikir Kritis Siswa Sma Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif Reflektif Dan Impulsif. MATHEdunesa, 11(1), 70–79. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v11n1.p70-79

Cahyono, B. (2018). Analisis Ketrampilan Berfikir Kritis Dalam Memecahkan Masalah Ditinjau Perbedaan Gender. Aksioma, 8(1), 50. https://doi.org/10.26877/aks.v8i1.1510

Devi, A. S. P., Usman, & Linawati. (2019). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas VIII Smp Negeri 1 Sausu Pada Konsep Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Kemampuan Matematika. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika, 7(1), 13–27.

Fridanianti, A., Purwati, H., & Murtianto, Y. H. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Menyelesaikan Soal Aljabar Kelas Vii Smp N 2 Pangkah Ditinjau Dari Gaya Kognitif Reflektif Dan Kognitif Impulsif. AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 9(1), 11. https://doi.org/10.26877/aks.v9i1.2221

Herianto, H. (2020). Matching Familiar Figures Tes ( MFFT ): Intrumen Tes untuk Mengukur Gaya Kognitif Siswa Reflektif dan Impulsif. December. https://doi.org/10.31219/osf.io/34ut8

Irianti, N. P., Arifendi, R. F., & Wijaya, E. M. S. (2021). Profil Berpikir Kritis Peserta Didik Ditinjau dari Gaya Kognitif dalam Memecahkan Masalah Matematika. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 6(1), 133. https://doi.org/10.30651/must.v6i1.9178

Khotimah, K., & Budi Rahayu, E. (2018). Profil Pemecahan Masalah Matematika Siswa Smp Kelas Ix Pada Masalah Yang Berkaitan Dengan Pythagoras Ditinjau Dari Gaya Kognitif Impulsif Dan Reflektif. MATHEdunesa, 8(1), 1–6.

Kusumaningsih, W., Setiawan, P. Y., & Utami, R. E. (2020). Profil Berpikir Aljabar Siswa Smp Dalam Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Gaya Kognitif Dan Gender. JIPMat, 5(1). https://doi.org/10.26877/jipmat.v5i1.5574

Lala, C., Muchtadi, M., & Sandie, S. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Memecahkan Masalah Matematis Ditinjau Dari Gaya Kognitif. J-PiMat, 5(1), 683–694.

Maharani, P., Trapsilasiwi, D., Yudianto, E., Sunardi, & Sugiarti, T. (2018). Profil Berpikir Aljabar Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif (Reflektif dan Impulsif). Saintifika, 20(1), 1–10.

Md.Mehadi Rahman. (2019). 21st Century Skill “Problem Solving”: Defining the Concept. Asian Journal of Interdisciplinary Research, 2(1), 64–74. https://doi.org/10.34256/ajir1917

Mufida, A., Fitri, A., & -, I. (2023). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif Reflective Dan Impulsive. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 202–214. https://doi.org/10.32938/jpm.v4i2.3622

Mulbar, U., Minggi, I., & Suriyani. (2018). Description Of Students’ Critical Thinking Ability In Solving Mathematics Problems Based On Impulsive And Reflective Cognitive Styles. 1–14.

Naja, F. Y., Mei, A., & Sa’o, S. (2020). Proses Berpikir Kritis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Realistik Materi Geometri Ditinjau Dari Gaya Belajar. Jupika: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 51–60. https://doi.org/10.37478/jupika.v3i2.670

Narianti, W. I., & Masriyah. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Smp Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif. 3(1), 1–21.

Noor, N. L. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau Dari Gaya Kognitif Implusif Dan Reflektif. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 2(1), 37–46. https://doi.org/10.21043/jpm.v2i1.6341

Rahayu, G., Kurniati, D., Jatmiko, D. D. H., Lestari, N. D. S., & Ambarwati, R. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Smp Dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Bentuk Aljabar Ditinjau Dari Gaya Kognitif Reflektif Dan Impulsif. Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT), 8(2), 207–216. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v8i2.6372

Rahayu, Y. A., & Winarso, W. (2018). Berpikir Kritis Siswa Dalam Penyelesaian Matematika Ditinjau Dari Perbedaan Tipe Gaya Kognitif Reflektif Dan Impulsif. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.23887/jipp.v2i1.13279

Ramadani, P. S. (2019). Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) Pada Materi SPLDV. Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika), 3(1), 18–22. https://doi.org/10.37150/jp.v3i1.1130

Sachdeva, S., & Eggen, P.-O. (2021). Learners’ Critical Thinking About Learning Mathematics. International Electronic Journal of Mathematics Education, 16(3), em0644. https://doi.org/10.29333/iejme/11003

Saudi, L., Sudia, M., & Anggo, M. (2019). Profil Berpikir Krtitis Siswa SMP Dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Kognitif. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 92. https://doi.org/10.36709/jpm.v9i1.5764

Septiana, R., & Sutiarso, S. (2023). Analisis Kesalahan Peserta Didik Dalam Mengerjakan Soal Spldv Berdasarkan Kemampuan Berpikir Kritis. JIPMat, 8(2), 227–235. https://doi.org/10.26877/jipmat.v8i2.15712

Sulianto, J., Cintang, N., & Azizah, M. (2018). Analisis Korelasi dan Regresi Berpikir Kritis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SD Kota Semarang. Mengembangkan Kompetensi Pendidik dalam Menghadapai Era Disrupsi, 2009, 237.

Wardhani, N. K., Rasiman, R., & Wulandari, D. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(1), 1–6. https://doi.org/10.26877/imajiner.v3i1.6902

Wicaksono, F. E., Utami, R. E., & Purwati, H. (2023). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Pada Materi Statistika Berdasarkan Teori Apos Ditinjau Dari Gaya Kognitif Reflektif Dan Impulsif. JIPMat, 8(2), 236–247. https://doi.org/10.26877/jipmat.v8i2.15829

Downloads

Published

2024-04-30