PROFIL KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA DALAM MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR DI SMP NEGERI 1 PALU

Authors

  • Sarah Amanda Universitas Tadulako
  • Alfisyahra Universitas Tadulako
  • Pathuddin Universitas Tadulako
  • Rita Lefrida Universitas Tadulako

DOI:

https://doi.org/10.26877/jipmat.v9i1.383

Keywords:

Kemampuan Pemecahan Masalah, Soal Cerita, SPLDV, Motivasi Belajar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan tingkat kemampuan pemecahan masalah siswa SMP Negeri 1 Palu dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) ditinjau dari motivasi belajar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan tiga siswa dari kelas VIII B SMP Negeri 1 Palu pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024 sebagai subjek penelitian. Masing-masing siswa mewakili tingkat motivasi belajar tinggi, sedang, dan rendah. Data tentang kemampuan pemecahan masalah siswa dikumpulkan melalui tes tertulis dan wawancara, sedangkan data motivasi belajar diperoleh melalui angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Siswa dengan motivasi belajar tinggi menunjukkan kemampuan pemecahan masalah yang sangat baik, mampu melaksanakan semua tahapan dalam memahami atau mengidentifikasi masalah, menyusun rencana, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali; (2) Siswa dengan motivasi belajar sedang menunjukkan kemampuan pemecahan masalah yang relatif sedang, dapat melaksanakan tahapan memahami atau mengidentifikasi masalah, menyusun rencana, dan melaksanakan rencana, namun terdapat kesalahan saat pengoperasian; (3) Siswa dengan motivasi belajar rendah menunjukkan kemampuan pemecahan masalah yang kurang baik, hanya dapat melaksanakan tahapan memahami atau mengidentifikasi masalah dan menyusun rencana.

References

Arikunto, S. & Jabar, C. S. A. (2009). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958

Fiorella, L., Yoon, S. Y., Atit, K., Power, J. R., Panther, G., Sorby, S., Uttal, D. H., & Veurink, N. (2021). Validation of the Mathematics Motivation Questionnaire (MMQ) for secondary school students. International Journal of STEM Education, 8(1). https://doi.org/10.1186/s40594-021-00307-x

Hendriana, H., & Sumarmo, U. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. In PT Refika Aditama. Bandung.

Maisyaroh Agsya, F., Maimunah, M., & Roza, Y. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Mts. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 4(volume 4), 31–44. https://doi.org/10.23969/symmetry.v4i2.2003

Miles, M.B, Huberman, A.M, & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. United States of America: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.

Polya, G. (1973). How to solve it: A new aspect of mathematical method. Princeton University Press.

Setiawan, W., & Andika Sari, V. T. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Konsep Diferensial Berbasis Konflik Kognitif. Jurnal Elemen, 4(2), 204. https://doi.org/10.29408/jel.v4i2.511

Utami, F. D., Djatmika, E. T., & Sa’dijah, C. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran terhadap Pemahaman Konsep, Sikap Ilmiah, dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 2(12), 1629–1638.

Yunita, S., Andriani, L., & Irma, A. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama di Kampar. In JURING (Journal for Research in Mathematics Learning) (Vol. 1, Issue 1, p. 11). https://doi.org/10.24014/juring.v1i1.4700

Downloads

Published

2024-04-30