ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA TIPE HOTS PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR

Authors

  • Fitria Azzahra Fathna Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Sri Sutarni Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.26877/jipmat.v9i1.384

Keywords:

kemampuan berpikir kritis, soal HOTS, bangun ruang sisi datar

Abstract

Penelitian ini bertujuan agar melihat kemampuan berpikir kritis siswa SMP ketika memecahkan permasalahan matematika tipe HOTS pada sub bab bangun ruang sisi datar. Penelitian ini memakai metode deskriptif kualitatif terhadap 25 siswa SMP Muhammadiyah 2 Surakarta sebagai sampel. Berdasarkan hasil penelitian, kemampuan berpikir kritis siswa SMP Muhammadiyah 2 Surakarta yang memecahkan soal HOTS topik bangun ruang sisi datar terhadap persentase yaitu kemampuan berpikir kritis kategori sangat baik sebesar 25%. kemudian kemampuan berpikir kritis kategori baik sebesar 60%, sementara itu tidak adanya siswa yang mempunyai kemampuan berpikir kritis berada pada kategori cukup, dan sebesar 15% siswa yang kemampuan berpikir kritisnya berada pada kategori rendah. Selanjutnya untuk kemampuan berpikir kritis sendiri setiap indikator mempunyai persentase, dengan nilai tertinggi pada indeks interpretatif sebesar 97,3%, disusul indeks analisis sebesar 93,3%, selanjutnya pada indeks evaluasi sebesar 61,3%, dan yang paling renda pada indikator inferensi 34,6%.

References

Afini, A., Aprilia, D., Raharjo, S., & Sukmawati, R. (2023). Korelasi antara pola asuh dan kebiasaan belajar terhadap prestasi matematika siswa sma di masa pandemi. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 14(1), 55–62.

Amir, A. (2016). Penggunaan media gambar dalam pembelajaran matematika. In JURNAL EKSAKTA (Vol. 2, Issue 1).

Fadilah, N. A. S., & Hakim, D. L. (2022). Efektivitas Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(22), 565–574.

Hasibuan, E. K. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Di Smp Negeri 12 Bandung. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1), 18–30. https://doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1766

Hodiyanto. (2017). Kemampuan komunikasi matematis dalam pembelajaran matematika. AdMathEdu, 7(1), 9–18. https://doi.org/10.24952/logaritma.v6i02.1275

Indira, T., Somakim, S., & Susanty, E. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Smp Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia. HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 75. https://doi.org/10.31100/histogram.v1i2.25

Janah, S. R., Suyitno, H., & Rosyida, I. (2019). Pentingnya Literasi Matematika dan Berpikir Kritis Matematis dalam Menghadapi Abad ke-21. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 905–910. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29305

Karim, & Normaya. (2015). Critical Thinking Ability of Students in Learning in Learning Mathematics Using the Jucama Model in Middle School. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 92–104.

Kempirmase, F., Ayal, C. S., & Ngilawajan, D. A. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Higher Order Thinking Skill (Hots) Pada Materi Barisan Dan Deret Aritmatika Di Kelas Xi Sma Negeri 10 Ambon. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pattimura, 1, 21–24. https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/mathedu/article/view/1610

Mahmudah, W. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Bertipe HOTS Berdasarkan Teori Newman. Unisda Journal of Mathematics and Computer Sciense, 4(1), 49–56. https://doi.org/10.35706/sjme.v7i1.6586

Mauleto, K. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Indikator NCTM Dan Aspek Berpikir Kritis Matematis Siswa Di Kelas 7B SMP Kanisius Kalasan. JIPMat, 4(2), 125–134. https://doi.org/10.26877/jipmat.v4i2.4261

Mukhibin, A., & Himmah, W. I. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Think Pair Share Dengan Pendekatan Problem Based Learning Ditinjau Dari Kemampuan Berfikir Kritis Siswa. JIPMat, 4(2), 85–92. https://doi.org/10.26877/jipmat.v4i2.4348

Mullis, I. V. S., Martin, M. O., & Arora, A. (2011). TIMSS 2011 international results in mathematics. In TIMSS & PIRLS International Study Center. http://www.pubmedcentral.nih.gov/articlerender.fcgi?artid=3295935&tool=pmcentrez&rendertype=abstract

Nurmalasari, Y., & Erdiantoro, R. (2020). Perencanaan Dan Keputusan Karier: Konsep Krusial Dalam Layanan BK Karier. Quanta, 4(1), 44–51. https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497

OECD. (2013). PISA 2012 Assessment and Analytical Framework Mathematics, Reading, Science, Ptoblem Solving And Financial literacy. In OECD publishing. https://doi.org/10.4324/9781003090366

Rahma, A. S., Syahputra, E., & Mulyono. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Realistic Mathematic Education Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 980–995. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1328

Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374

Rochmad, Agoestanto, A., & Kharis, M. (2018). Characteristic of critical and creative thinking of students of mathematics education study program. Journal of Physics: Conference Series, 983(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/983/1/012076

Saputri, M. L. H., Ardana, I. M., & Wibawa, I. M. C. (2023). PENGEMBANGAN TES BERPIKIR KRITIS SAINS UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 7(1), 203–213. https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_pendas/article/view/290/332

Sutama. (2019). Metode penelitian pendidikan (1st ed.).

Utami, R. E. (2017). Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Analisis Riil. JIPMat, 2(1), 79–84. https://doi.org/10.26877/jipmat.v2i1.1484

Downloads

Published

2024-04-30