ANALISIS HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SMP NEGERI 13 SURAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.26877/jipmat.v9i2.393Keywords:
Hasil Belajar, Pembelajaran Matematika, K13 atau Kurikulum MerdekaAbstract
Matematika sebagai mapel dasar telah diajarkan sedini mungkin disemua jenjang sekolah mulai dari TK hingga perguruan tinggi. Namun beberapa siswa ditingkat SMP mengalami kesulitan yang menyebabkan hasil belajarnya kurang maksimal sehingga tidak bisa mencapai nilai KKM yang telah ditentukan. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan mendeskripsikan hasil belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 13 Surakarta Tahun Pelajaran 2023/2024. Pendekatan kualitatif dan metode deskriptif yang digunakan dalam penelitian ini akan fokus pada penjelasan mendalam tentang fenomena yang diamati, yaitu hasil belajar peserta didik dalam konteks pembelajaran mapel matematika. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 13 Surakarta yang terdiri dari 60 siswa dengan menggunakan K13 atau kurikulum merdeka. Penelitian dilaksanakan pada 22-26 Januari 2024. Teknik atau cara dalam pengumpulan data meliputi observasi, tes tertulis, wawancara dan dokumentasi. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah hasil belajar pada materi perbandingan sudah baik, namum sayangnya sekolah ini belum menerapkan system pembelajaran berdiferensiasi sesuai dengan kurikulum merdeka. Dengan hasil belajar siswa yang menunjukkan bahwa 67% siswa tuntas dalam mengerjakan soal tes, sementara 33% siswa tidak tuntas, ini menunjukkan adanya perbedaan dalam pemahaman dan pencapaian siswa terhadap materi perbandingan. Dengan mempertimbangkan KKM di SMP Negeri 13 Surakarta, dimana 62% siswa tuntas dan 38% siswa tidak tuntas, ini berarti bahwa hasil belajar peserta didik dalam materi perbandingan sudah melampaui Kriteria Ketuntasan Maksimal sekolah tersebut.
References
Andriani, D. G. (2023). Peran Motivasi Belajar Dalam Memoderasi Self Efficacy Terhadap Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Kurikulum Merdeka. Innovative: Journal of Social Science Research, 3, 365–376.
Atmaja, T. T. (2014). Upaya Meningkatkan Perencanaan Karir Siswa Melalui Bimbingan Karir dengan Penggunaan Media Modul. 3(2), 58–68.
Ba’idah, A. (2008). dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. 信阳师范学院, 1(1), 305. http://e-journal.usd.ac.id/index.php/LLT%0Ahttp://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/11345/10753%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.758%0Awww.iosrjournals.org
Daga, A. T. (2021). Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1075–1090. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1279
Daga, T. A. (2022). Penguatan Peran Guru Dalam Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar Agustinus Tanggu Daga Pendidikan Guru Sekolah Dasar Stkip Weetebula Sumba Ntt Indonesia. Elementary School Education Journal, 6(1), 1–24.
Damayanti, D., Purwaningrum, J. P., & Ulya, H. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Connected Mathematics Project Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Berbantuan Desmos Pada Siswa Sma Kelas X. JIPMat, 8(2), 163–173. https://doi.org/10.26877/jipmat.v8i2.15960
Di, M., & Merdeka, K. (2022). Pembelajaran berdiferensiasi pada pembelajaran matematika di kurikulum merdeka. 3(3), 636–646.
Faza, M. R., Fathina, N., & Salwa. (2022). Analisis Kebutuhuan Metode 3D Pada Pembelajaran Matematika Guna Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Pada Siswa Sma. ProSANDIKA UNIKAL, 3(1), 260–268. https://www.proceeding.unikal.ac.id/index.php/sandika/article/view/851
Hamida, Y., Ekaputri, Y. N., Veni, V., & ... (2023). Pembelajaran Matematika Pada Kurikulum Merdeka Di Smp Negeri 4 Painan. Jurnal …, 8(1). https://ejurnal.stkip-pessel.ac.id/index.php/jmp/article/view/1443
Harita, A., Laia, B., & Zagoto, S. F. L. (2022). Peranan Guru Bimbingan Konseling Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Smp Negeri 3 Onolalu Tahun Pelajaran 2021/2022. Counseling For All (Jurnal Bimbingan Dan Konseling), 2(1), 40–52. https://doi.org/10.57094/jubikon.v2i1.375
Irawati, D., Masitoh, S., & Nursalim, M. (2022). Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara sebagai Landasan Pendidikan Vokasi di Era Kurikulum Merdeka. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 7(4), 1015–1025. https://doi.org/10.58258/jupe.v7i4.4493
Kustiani, L., & Hariani, L. S. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa. 12(1), 14–22.
Lindley, M. (2004). Cent. The Organ: An Encyclopedia, XIII(2), 101. https://doi.org/10.1093/gmo/9781561592630.article.05277
Lovisia, E. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar. Science and Physics Education Journal (SPEJ), 2(1), 1–10. https://doi.org/10.31539/spej.v2i1.333
Lutfiana, D. (2022). Penerapan Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Matematika Smk Diponegoro Banyuputih. VOCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 2(4), 310–319. https://doi.org/10.51878/vocational.v2i4.1752
Machmud, S. A., Machmud, T., & A. Y. Pauweni, K. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (Mmp) Pada Materi Segiempat Dan Segitiga. JIPMat, 8(2), 248–257. https://doi.org/10.26877/jipmat.v8i2.16698
Mustaghfiroh, S. (2020). Konsep “Merdeka Belajar” Perspektif Aliran Progresivisme John Dewey. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 141–147. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.248
Ni, M. K., Lia, L., Salsabila, N. A., Fitriyani, N., Husnah, N., Sari, M., Abdurrahman, U. I. N. K. H., & Pekalongan, W. (n.d.). Pembelajaran Matematika berbasis Computational Thinking di Era Kurikulum Merdeka Belajar. 66–75.
Nisa, S., Sri Lena, M., Thayyiba, G. H., & Puspita, I. D. (2023). Analisis Penyusunan Capaian Pembelajaran (Sahrun Nisa, dkk) Madani. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(5), 2986–6340. https://doi.org/10.5281/zenodo.8047472
Nurulaeni, F., & Rahma, A. (2022). Analisis Problematika Pelaksanaan Merdeka Belajar Matematika. Jurnal Pacu Pendidikan Dasar, 2(1), 35–45. https://unu-ntb.e-journal.id/pacu/article/view/241
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., & Hernawan, A. H. (2022). Jurnal basicedu. 6(4), 6313–6319.
Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431
Simamora, T., Harapan, E., & Kesumawati, N. (2020). Faktor-Faktor Determinan Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 5(2), 191. https://doi.org/10.31851/jmksp.v5i2.3770
Surakarta, M. (n.d.). Manajemen pembelajaran matematika di sd negeri mangkubumen 83. 6(2), 65–74.
Susanti, H., Fadriati, F., & B.S, I. A. (2023). Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 5 Padang Panjang. Alsys, 3(1), 54–65. https://doi.org/10.58578/alsys.v3i1.766
Tias, I. W. U. (2017). Penerapan Model Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 1(1), 50–60. https://doi.org/10.20961/jdc.v1i1.13060
Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1), 185. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11718
Wibowo, B. A., & Bantul, K. (2022). Proceeding Humanities : Teacher Training and Education Education As A Form Of Resistance Ki Hadjar Dewantara Towards Colonialsm Proceeding Humanities : Teacher Training and Education. 4(1), 22–28.
Wicaksono, F. E., Utami, R. E., & Purwati, H. (2023). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Pada Materi Statistika Berdasarkan Teori Apos Ditinjau Dari Gaya Kognitif Reflektif Dan Impulsif. JIPMat, 8(2), 236–247. https://doi.org/10.26877/jipmat.v8i2.15829
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 ADE AYU MEGANINGRUM, Nida Sri Utami
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.