PERBANDINGAN STRATEGI TANDUR DAN STAD DENGAN BERBANTUAN BAHAN AJAR BERBASIS AUGMENTED REALITY DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS

Authors

  • Adinda Dwi Agustin Universitas Pendidikan Indonesia
  • Maulana Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nurdinah Hanifah Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.26877/jipmat.v9i1.439

Keywords:

Pemahaman, Strategi TANDUR, Strategi STAD, Bahan Ajar Augmented Reality

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan siswa dalam memahami konsep matematis. Sehingga dipilihlah strategi TANDUR dan STAD dengan dibantu bahan ajar berbasis augmented reality. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetaui perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan strategi TANDUR dan STAD dengan bantuan bahan ajar berbasis augmented reality. Metode dan desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan nonequivalent control group design. SDN Paseh I dan SDN Cileuksa terpilih menjadi subjek atau sampel penelitian, terkhusus siswa kelas V. Berdasarkan telaah dan analisis data yang telah dilakukan, hasil penelitian menunjukkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan strategi TANDUR maupun STAD mengalami peningkatan. Sedangkan, berdasarkan hasil uji-U dan uji-t untuk dua sampel bebas menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis baik kemampuan awal maupun kemampuan akhir antara siswa yang belajar menggunakan strategi TANDUR maupun STAD yang dibantu bahan ajar berbasis augmented reality. Hal ini disebabkan karena kedua strategi tersebut memiliki sintaks yang hampir sama. 

References

Astuti, T. P., Masykur, R., & Pratiwi, D. D. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran TANDUR Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Penalaran Matematis Peserta Didik. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(2), Article 2. https://doi.org/10.24127/ajpm.v7i2.1497

Astutik, A. P. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Mengenal Satuan Jarak Dan Kecepatan Pada Mata Pelajaran Matematika Melalui Strategi Peer Lessons Siswa Kelas V SDN Puloniti Kecamatan Bangsal Kabupaten Mojokerto. Wahana Kreatifitas Pendidik (WKP), 3(1), 27–34.

Aulia, D. N., Samsudin, A., & Kurniawan, I. (2023). Penerapan model cooperative learning tipe STAD untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa sekolah dasar. Journal of Didactic Mathematics, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.34007/jdm.v4i1.1583

Baharudin, Nursida, Rahman, U., Sriyanti, A., & Munirah. (2021). Perbandingan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Topical dan Tipe Jeopardy Review terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Al Asma: Journal of Islam Education, 3(1), 28–37.

De Porter, B. (2005). Quantum Teaching: Mempraktikan Quanu Teaching Learning di Ruang-ruang Kelas. Bandung: PT Mizan Pustaka.

Harahap, U. A., & Nst, M. M. (2023). Pengaruh Strategi Pembelajaran Tandur Terhadap Hasil Belajar Ipa. Nizhamiyah, 13(1), Article 1. https://doi.org/10.30821/niz.v13i1.2747

Indahsari, L., & Sumirat, S. (2023). Implementasi Teknologi Augmented Reality dalam Pembelajaran Interaktif. Cognoscere: Jurnal Komunikasi Dan Media Pendidikan, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.61292/cognoscere.v1i1.20

Isrokatun, I., Hanifah, N., Maulana, M., & Suhaebar, I. (2020). Pembelajaran Matematika dan Sains secara Integratif melalui Situation-Based Learning. UPI Sumedang Press.

Kania, N., & Arifin, Z. (2020). Aplikasi Macromedia flash untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), Article 1. https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i1.2872

Octavia, S. A. (2020). Model-Model Pembelajaran. Sleman: Deepublish.

PISA. (2018). PISA 2018 Result. [Online]. diakses dari https://www.oecd.org/pisa/publications/pisa-2018-results.htm

Prabowo, A. D. (2023). Kajian Teori: Model Pembelajaran Quantum Teaching Berbantuan Aplikasi Construct 2 Materi Bangun Ruang Sisi Datar Untuk Meningkatkan Pemahaman Matematis Siswa. Journal Al-Ilmu, 1(2), Article 2.

Purwasih, R. (2015). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Dan Self Confidence Siswa MTS Di Kota Cimahi Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Didaktik, 9(1), Article 1.

Rizka, N. N., & Pratama, F. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching melalui Strategi Tandur untuk Meningkatkan Kompetensi Kognisi Siswa. Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi), 6(1), Article 1. https://doi.org/10.25157/je.v6i1.1681

Sanjani, M. A. (2021). Pentingnya Strategi Pembelajaran Yang Tepat Bagi Siswa. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 10(2), Article 2. https://doi.org/10.37755/jsap.v10i2.517

Slavin, R. E. (2008). Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik.

Sundayana, R. (2015). Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.

Umam, M. A., & Zulkarnaen, R. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Dalam Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1993

Wahyudi, A. (2022). Pentingnya Pengembangan Bahan Ajar Dalam Pembelajaran Ips | Jess: Jurnal Education Social SCIENCE. https://ejournal.uinsatu.ac.id/index.php/epi/article/view/6092

Wardhani, S. (2008). Analisis SI dan SKL Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs untuk Optimalisasi Tujuan Mata Pelajaran Matematika. Pusat Pengembangan Dan Pemberdayaan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Matematika.

Wijaya, T. U. U., Destiniar, D., & Mulbasari, A. S. (2018). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (Air). Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 5(05), Article 05. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/1910

Wulandari, I. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dalam Pembelajaran MI. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v4i1.1754

Downloads

Published

2024-05-02