EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI TRANSFORMASI GEOMETRI

Authors

  • Annisa Nur Hidayati Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Budi Murtiyasa Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.26877/jipmat.v9i2.481

Keywords:

GeoGebra, Pemecahan Masalah Matematis, Transformasi Geometri

Abstract

Guna memacu peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa, peneliti bermaksud melangsungkan penelitian yang bertujuan untuk mengevaluasi dan menganalisis efektifitas media pembelajaran GeoGebra dalam memacu peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa khususnya dalam sub materi Transformasi Geometri. Penelitian kuantitatif ini dilakukan dengan metode eksperimen. Subjek penelitian yang dikaji yaitu siswa kelas IXA dan IXB di SMP Muhammadiyah 7 Surakarta. Pengumpulan data melalui pengadaan tes yang kemudian dilakukan analisis melalui uji-t. Hasil mengungkapkan bila penggunaan GeoGebra lebih efektif mendorong peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa daripada pembelajaran konvensional. Temuan penelitian ini mengungkapkan adanya perbedaan kemampuan pemecahan masalah secara signifikan antara kelas kontrol yang menerapkan model pembelajaran konvensional dan kelas eksperimen yang menerapkan media pembelajaran GeoGebra, sehingga menunjukkan keefektifan.

Author Biography

Budi Murtiyasa, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Dosen Pendidikan Matematika

References

A’dadiyyah, N. L. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V MI NU Wasilatut Taqwa Kudus Tahun 2020/2021. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 40–49. https://doi.org/10.31537/laplace.v4i1.462

Afhami, A. H. (2022). Aplikasi Geogebra Classic terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa pada Materi Transformasi Geometri. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 449–460. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i3.1878

Davita, P. W. C., & Pujiastuti, H. (2020). Anallisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 110–117. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.23601

Fajriati, N., & Murtiyasa, B. (2023). Kemampuan Literasi Matematika Siswa Menggunakan Multimedia Interaktif. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 945–957. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.2219

Fauzi, L. M. (2018). Identifikasi Kesulitan Dalam Memecahkan Masalah Matematika. JIPMat, 3(1), 21–28. https://doi.org/10.26877/jipmat.v3i1.2286

Hanafi, M., Wulandari, K. N., & Wulansari, R. (2017). Transformasi Geometri Rotasi Berbantuan Software Geogebra. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 3(2), 93. https://doi.org/10.24853/fbc.3.2.93-102

Haqq, A. A., Nur’azizah, N., & Toheri, T. (2019). Reduksi Hambatan Belajar melalui Desain Didaktis Konsep Transformasi Geometri. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 3(2), 117–127. https://doi.org/10.35706/sjme.v3i2.1901

Hernández, A., Perdomo-Díaz, J., & Camacho-Machín, M. (2020). Mathematical understanding in problem solving with GeoGebra: a case study in initial teacher education. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 51(2), 208–223. https://doi.org/10.1080/0020739X.2019.1587022

Indriyani, L. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kognitif Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 2(1), 19.

Ishartono, N., Nurcahyo, A., Waluyo, M., Razak, R. A., Sufahani, S. F., & Hanifah, M. (2022). GeoGebra-based flipped learning model: An alternative panacea to improve student’s learning independency in online mathematics learning. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 7(3), 178–196. https://doi.org/10.23917/jramathedu.v7i3.18141

Jamaluddien, N. W., & Sumargiyani, S. (2022). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Geogebra Mobile Pada Materi Transformasi Geometri Kelas Xi Smk. JIPMat, 7(2), 104–112. https://doi.org/10.26877/jipmat.v7i2.12611

Julita, J., Sucipto, L., & Nasrullah, A. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Geogebra Ditinjau Dari Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Materi Dimensi 3. Journal of Math Tadris, 2(1), 19–28. https://doi.org/10.55099/jurmat.v2i1.38

Kustiawati, D. (2017). Pembelajaran Geometri Berbantuan Software Geogebra Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. JIPMat, 1(2), 113–120. https://doi.org/10.26877/jipmat.v1i2.1237

Luvy Sylviana Zanthy, F. I. M. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Transformasi Geometri. Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika, 5(1), 16–25. https://doi.org/10.32528/gammath.v5i1.3189

Miftah, M., & Nur Rokhman. (2022). Kriteria pemilihan dan prinsip pemanfaatan media pembelajaran berbasis TIK sesuai kebutuhan peserta didik. Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(4), 412–420. https://doi.org/10.55904/educenter.v1i4.92

Mukamba, E., & Makamure, C. (2020). Integration of GeoGebra in Teaching and Learning Geometric Transformations at Ordinary Level in Zimbabwe. Contemporary Mathematics and Science Education, 1(1), ep20001. https://doi.org/10.30935/conmaths/8431

Nurfadilah, U., & Suhendar, U. (2018). Pengaruh Penggunaan Geogebra Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Topik Garis Dan Sudut. Jurnal matematika dan Pendidikan Matematika, 3(2), 99–107.

Nurhasanah, D. S., & Luritawaty, I. P. (2021). PLUSMINUS : Jurnal Pendidikan Matematika Model Pembelajaran REACT Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. 1(1).

Permatasari, P. A., Dafik, & Fatahillah, A. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Schoology Berbantuan Software Geogebra Materi Transformasi Geometri Kelas Xi. Kadikma, 7(1), 66–75.

Prameswari, D. P., & Rahayu, T. S. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Make a Match dan Numbered Head Together: Kajian Meta – Analisis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 202–210. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i1.28244

Rahadyan, A., Hartuti, P. M., & Awaludin, A. A. R. (2018). Penggunaan Aplikasi Geogebra dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat, 1(01), 11. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v1i01.2356

Ratnasari, I. W. (2017). Hubungan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(2), 289–293. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v5i2.4377

Sari, P. C., Eriani, N. D., Audina, T., & Setiawan, W. (2019). Pengaruh Pembelajaran Berbantuan GeoGebra terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP. Journal on Education, 1(3), 411–416. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/182

Septian, A. (2017a). Penerapan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Suryakancana. Prisma, 6(2), 180–191. https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.212

Septian, A. (2017b). PENERAPAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS SURYAKANCANA. Jurnal PRISMA Universitas Suryakancana, VI(2), 180–191.

Septian, A., Fahrisyal, M. L., & Jusniani, N. (2022). Pengembangan GeoGebra Classroom Pada Materi Transformasi Geometri. Prisma, 11(2), 504. https://doi.org/10.35194/jp.v11i2.2483

Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif. Penerbit CV. Alfabeta: Bandung.

Sumandya, I. W., & Wirjana, I. M. A. Y. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas Xii Sma Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share (Tps) Berbantuan Geogebra. JIPMat, 8(1), 102–112. https://doi.org/10.26877/jipmat.v8i1.14942

Tutiasri, R. P., Laminto, N. K., & Nazri, K. (2020). Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bagi Mahasiswa di Tengah Pandemi Covid-19. Juurnal Komunikasi Masyarakat dan Keamanan (KOMASKAM), 2(2), 1–15.

Usmadi. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas Dan Uji Normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1), 50–62. https://doi.org/10.31869/ip.v7i1.2281

Wangge, M. (2020). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis ICT dalam Proses Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah. Fraktal: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(1), 31–38. https://doi.org/10.35508/fractal.v1i1.2793

Wati, W. R. A. (2022). Analisis Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Geogebra Dalam Pembelajaran Bangun Ruang Di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional MIPA UNIBA, 2(1), 16–23.

Widjayanti, W. R., Masfingatin, T., & Setyansah, R. K. (2018). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Animasi Pada Materi Statistika Untuk Siswa Kelas 7 Smp. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 101–112. https://doi.org/10.22342/jpm.13.1.6294.101-112

Yanny, R. W., Mirza, A., Ahmad, D., Bistari, B., & Pasaribu, R. L. (2023). Pengembangan Media Powerpoint Terintegrasi Geogebra Untuk Materi Transformasi Geometri Di Smp. JIPMat, 8(1), 56–63. https://doi.org/10.26877/jipmat.v8i1.14636

Zakiyah, S., Hidayat, W., & Setiawan, W. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dan Respon Peralihan Matematik dari SMP ke SMA pada Materi SPLTV. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 227–238. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.437

Zulnaidi, H., Oktavika, E., & Hidayat, R. (2020). Effect of use of GeoGebra on achievement of high school mathematics students. Education and Information Technologies, 25(1), 51–72. https://doi.org/10.1007/s10639-019-09899-y

Downloads

Published

2024-10-29