PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SEGIEMPAT DI SD

Authors

  • Shindika Bachtiar Tri Permana Universitas PGRI Semarang
  • Filia Prima Artharina Universitas PGRI Semarang
  • Ervina Eka Subekti Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.26877/jipmat.v9i1.482

Keywords:

flipped classroom, google classroom, pemahaman konsep, segiempat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom berbantuan aplikasi Google Classroom terhadap pemahaman konsep matematika materi segiempat. Jenis penelitian yang digunakan adalah true eksperimental dengan desain penelitian posttest only control group. Populasi penelitian ini merupakan keseluruhan siswa kelas IV SD N 3 Ngraji semester genap tahun ajaran 2021/2022. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik probability sampling dengan jenis teknik sampel jenuh untuk menentukan dua kelas sebagai sampel penelitian dengan kelas yang terpilih kelas IV B (kelas eksperimen) dengan pembelajaran Flipped Classrrom dan kelas IV A (kelas kontrol) dengan pembelajaran konvensional. Data diperoleh melalui tes pemahaman konsep matematika berbentuk tes uraian yang dilakukan diakhir penelitian. Uji hipotesis yang digunakan yaitu uji-t untuk melihat pengaruh model pembelajaran yang diterapkan di kelas dilanjutkan uji effect size untuk mengetahui besar pengaruhnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Dibuktikan nilai rata–rata kelas eksperimen diperoleh sebesar 72,108 sedangkan nilai rata–rata dari kelas kontrol diperoleh sebesar 60,031. Selanjutnya diperoleh uji effect size sebesar 0,739. Hal itu membuktikan bahwa pembelajaran Flipped Classroom berbantuan aplikasi Google Classroom berpengaruh signifikan terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa SD sebesar 76%.

References

Azizah, T., Fauzan, A., & Harisman, Y. (2022). “Flipped Classroom Type Peer Instruction-Based Learning” Based on a Website To Improve Student’S Problem Solving. Infinity Journal, 11(2), 325–348. https://doi.org/10.22460/infinity.v11i2.p325-348.

Fauzi, Y. N., Riana Irawati, & Ani Nur Aeni. (2022). Model Pembelajaran Flipped Classroom Dengan Media Video Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1537–1549. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2749.

Hanikah, H., Widiawati, H., & Rahmat, M. (2021). Evaluasi Pengunaan Aplikasi Distance Learning (Google Classroom) pada Orang Tua Siswa SD. Jurnal Basicedu, 5(6), 5827–5833. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1777.

Hayati, R., & Asmara, D. N. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa PGSD pada Mata Kuliah Konsep Dasar Matematika. Jurnal Basicedu, 5(5), 3027–3033. http://dx.doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.976.

Khairunnisa, A., Juandi, D., & Gozali, S. M. (2022). Systematic Literature Review: Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1846–1856. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1405.

Komarudin, K., Puspita, L., Suherman, S., & Fauziyyah, I. (2020). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Sekolah Dasar: Dampak Model Project Based Learning Model. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 43. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.1898.

Lusiyani, L., Ahmadi, A., & Ponoharjo, P. (2021). Analisis Minat Belajar Peserta Didik Melalui Pembelajaran Google Classroom Pada Masa Pandemi Covid-19. JIPMat, 6(2), 217–227. https://doi.org/10.26877/jipmat.v6i2.9139.

Melisari, M., Septihani, A., Chronika, A., Permaganti, B., Jumiati, Y., & Fitriani, N. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pemahaman konsep Matematika Sekolah Dasar Pada Materi Bangun Datar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 172–182. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.182.

Monika, N. E., & Nasution, A. S. (2022). Desain Pembelajaran Bangun Datar Segiempat melalui Pembelajaran Kontekstual Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Mipa, 6(2), 65–72. https://doi.org/10.32696/jp2mipa.v6i2.1139.

Mubarokah, M., Dini Rahmawati, N., & Wulandari, D. (2022). Pengaruh Pembelajaran Flipped Classroom Berbantu Aplikasi Google Classroom Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP. JIPMat, 7(2), 25–34. https://doi.org/10.26877/jipmat.v7i2.12625.

Gautama, J., & Salamah, W. (2020). Deskripsi Penggunaan Aplikasi Google Classroom Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 533–538. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.29099

Sengkey, D. J., Deniyanti Sampoerno, P., & Aziz, T. A. (2023). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis: Sebuah Kajian Literatur. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3(1), 67–75. https://doi.org/10.29303/griya.v3i1.265.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumandya, I. W., & Antari, N. P. Y. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Osborn Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas Xii Mipa 9 Sma Negeri 1 Kuta Utara. JIPMat, 8(2), 143–150. https://doi.org/10.26877/jipmat.v8i2.15456.

Yuwana, C. A. R., Rahmawati, N. D., & Harun, L. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Pocket Book Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Smp. JIPMat, 8(1), 1–10. https://doi.org/10.26877/jipmat.v8i1.14442.

Downloads

Published

2024-04-30