EKSPLORASI DESAIN MEDIA ANDROID UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI SISWA DENGAN METODE DESIGN THINKING

Authors

  • slamet riyadi Universitas PGRI Semarang
  • Ida Dwi Jayanti Universitas PGRI Semarang
  • Didik Purwosetiyono Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.26877/jipmat.v9i1.495

Keywords:

numerasi, design thinking, media android

Abstract

Keterampilan numerasi dibutuhkan dalam semua aspek kehidupan. Sayangnya, kemampuan numerasi siswa di Indonesia masih tergolong rendah. Salah satu faktor yang mempengaruhi tingkat kemampuan numerasi siswa, ialah melalui pembelajaran yang bermakna yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa.

Di sisi lain, perkembangan teknologi sudah semakin pesat, dimana teknologi sudah menjadi bagian tak terpisahkan dalam keseharian kehidupan manusia.

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengeksplorasi permasalahan-permasalahan yang dialami oleh siswa SMP dalam pembelajaran matematika dikelas. Penelitian dilakukan dengan pendekatan desain thinking dan metode pengumpulan data berupa angket. Subjek penelitian adalah siswa SMP yang berasal dari 3 Sekolah yang berbeda, yaitu SMPN 2 Tengaran, SMPN 4 Tengaran, dan SMP SIKK (Sekolah Indonesia Kota Kinabalu) dengan sampel penelitian terdiri dari responden siswa dan guru. Data dikumpulkan dengan kuesioner berupa google form. Kemudian hasil yang didapatkan dianalisis mulai dari tahap empathize, define, dan ideate.

Hasil eksplorasi penelitian menunjukkan bahwa yang dibutuhkan oleh siswa dan guru dalam belajar matematika adalah adanya pembelajaran yang menyenangkan dengan menggunakan media interaktif yang dapat diakses melalui handphone.  Dari hasil eksplorasi tersebut, peneliti merancang pengembangan media interaktif berbasis android dengan pendekatan desain thinking untuk meningkatkan kemampuan numerasi siswa.

 

Kata kunci: media android, numerasi, design thinking

References

Anderha, Refiesta Ratu, and Sugama Maskar. "Pengaruh kemampuan numerasi dalam menyelesaikan masalah matematika terhadap prestasi belajar mahasiswa pendidikan matematika." Jurnal Ilmiah Matematika Realistik 2.1 (2021): 1-10.

Apsari, Putri Nandita, and Swaditya Rizki. "Media Pembelajaran matematika berbasis android pada materi program linear." AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 7.1 (2018): 161-170.

Batubara, Hamdan Husein. "Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis android untuk siswa SD/MI." Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah 3.1 (2018): 12-27.

Bill Schmarzo. (2017). Can Design Thinking Unleash Organizational Innovation? Data Science Central a Community for AI Practitioners.

Dwiranata, D., Pramita, D., & Syaharuddin, S. (2019). Pengembangan media pembelajaran matematika interaktif berbasis android pada materi dimensi tiga kelas x sma. Jurnal Varian, 3(1), 1-5.

Handayani, D., & Rahayu, D. V. (2020). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis android menggunakan ispring dan apk builder untuk pembelajaran matematika kelas x materi proyeksi vektor. Mathline: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(1), 12-25.

Hariadi, Lucy, and Jutono Gondohanindijo. "Model Koping Untuk Mengatasi Stres Belajar Matematika Melalui Aplikasi Berbasis Media Pembelajaran Interaktif (Mpi) Pada Siswa Sekolah Dasar." Prosiding Konferensi Ilmiah Pendidikan 2 (2021): 31-46.

Haryuda, D., Asfi, M., & Fahrudin, R. (2021). Perancangan UI/UX Menggunakan Metode Design Thinking Berbasis Web Pada Laportea Company. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan (Vol. 8, Issue 1).

Indonesia - Laporan PISA Kemdikbudristek [PISA 2022 and learning recovery in Indonesia - Kemdikbudristek PISA Report]. Kemdikbudristek. Retrieved from: https://lpmpdki.kemdikbud.go.id/pisa-2022-dan-pemulihanpembelajaran-di-indonesia.

Kemdikbudristek. (2023). PISA 2022 dan pemulihan pembelajaran di

Kemendikbud. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. In Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Vol. 53, Issue 9).

Lindberg, T., Noweski, C., & Meinel, C. (2010). Evolving discourses on design thinking: how design cognition inspires meta-disciplinary creative collaboration. Technoetic Arts, 8(1), 31–37

Luh Anik Mayani ed. (2017). Panduan Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mahmud, M. R., and I. M. Pratiwi. “LITERASI NUMERASI SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH TIDAK TERSTRUKTUR”. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 4, no. 1, Apr. 2019, pp. 69-88, doi:10.22236/KALAMATIKA.vol4no1.2019pp69-88

Maulidina, Ana Puspita, and Sri Hartatik. "Profil kemampuan numerasi siswa sekolah dasar berkemampuan tinggi dalam memecahkan masalah matematika." Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD) 3.2 (2019).

OECD (Organization for Economic Cooperation and Development). (2018d). Programme for International Student Assessment (PISA) results from PISA 2018. https://www.oecd.org/pisa/publications/PISA2018_CN_IDN.pdf

Schleicher, A. (2019). PISA 2018: Insights and interpretations. oecd Publishing. [4] OECD (Organization for Economic Cooperation and Development). (2016). Programme for International Student Assessment (PISA) results from PISA 2015. https://www.oecd.org/pisa/PISA-2015-Indonesia.pdf

Sekarwulan, K. (2022). Design Thinking Mata Kuliah Pilihan Pendidikan Profesi Guru PraJabatan Tahun 2022.

Tenny, T., Nisa, A. K., & Murtaplah, M. (2022). Pengembangan literasi dan numerasi dalam proses belajar dan mengajar berbagai mata pelajaran. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Utomo, Hary Nurprio, Muhtarom Muhtarom, and Ida Dwijayanti. "Eksplorasi Media Interaktif Googles Site Dengan Alur Merdeka Berbasis Design Thinking." Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran 4.1 (2024): 42-58.

Yunarti, Tina, and Ari Amanda. "Pentingnya kemampuan numerasi bagi siswa." Seminar Nasional Pembelajaran Matematika, Sains dan Teknologi. Vol. 2. No. 1. 2022.

Downloads

Published

2024-04-30