LITERASI MATEMATIS SISWA SMP KELAS VII DALAM MENYELESAIKAN MASALAH BENTUK SOAL CERITA PERBANDINGAN SENILAI DAN BERBALIK

Authors

  • Wiwit Anisa Universitas Negeri Malang
  • Purwanto
  • Sudirman

DOI:

https://doi.org/10.26877/jipmat.v9i2.659

Keywords:

Literasi Matematis, Pemecahan Masalah

Abstract

Literasi wajib dimiliki setiap individu, sebab dalam kehidupan sehari-hari manusia selalu melibatkan literasi dalam setiap aktivitasnya. Oleh karena itu sekolah mewajibkan para siswa melakukan pembiasaan literasi setiap hari, tentu upaya ini dilakukan agar kemampuan literasi siswa terus berkembang dan meningkat. Penelitian bertujuan mendeskripsikan kemampuan literasi matematis siswa sebagai upaya penyelesaian masalah berupa soal cerita perbandingan senilai dan berbalik nilai jika ditinjau dari kemampuan matematis siswa kelas VII. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis deskriptif. Penelitian berlokasi di SMP Negeri 6 Malang tahun ajaran 2023-2024. Penelitian ini menggunakan subjek sejumlah 3 siswa kelas VII-1 SMP Negeri 6 Malang dengan kemampuan rendah, sedang, dan tinggi dalam kategori pemecahan masalah. Pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, tes, dan dokumentasi. Tes berbentuk soal cerita matematika tentang perbandingan senilai dan berbalik nilai sebanyak 4 butir dan sudah valid. Penelitian ini menghasilkan penemuan bahwa siswa yang memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis tinggi dapat menguasai kemampuan literasi matematis pada semua indikatornya, siswa berkategori sedang dapat mencapai sebagian besar indikator kemampuan literasi matematis, dan siswa dengan kategori rendah tidak dapat menguasai indikator kemampuan literasi matematis. Hasil tersebut, menyimpulkan bahawa diperlukan strategi pembelajaran yang tepat, sehingga dapat meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa

Kata kunci: Literasi Matematis, Pemecahan Masalah

References

Creswell, J. W. (2012). Educational Research : Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research (C. Robb & M. Buchholtz, Eds.; Fourth). Pearson Education.

Doyle, K. M. (2005). Mathematical Problem Solving: A Need for Literacy. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:53758978

George Polya. (1973). How To Solve It : A New Aspect of Mathematical Method (Second). Princeton University Press.

Hensberry, K. K. R., & Jacobbe, T. (2012). The effects of Polya’s heuristic and diary writing on children’s problem solving. Mathematics Education Research Journal, 24(1), 59–85. https://doi.org/10.1007/s13394-012-0034-7

Hera, R., & Sari, N. (2015). SEMINAR NASIONAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA UNY 2015 713 Literasi Matematika: Apa, Mengapa dan Bagaimana?

Iskandar, A. (2017). Practical Problem Solving: Step by Step for Solving Problems. PT. Elex Media Computindo.

Kafifah, A., Sugiarti, T., Oktavianingtyas, E., Studi, P., Matematika, P., & MIPA, F. J. P. (2019). PELEVELAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PISA KONTEN CHANGE AND RELATIONSHIP. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:259105668

Mansur, N. (2018). Melatih Literasi Matematika Siswa dengan Soal PISA. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

OECD. (2019). Education at a Glance 2019. OECD. https://doi.org/10.1787/f8d7880d-en

Ojose, B. (2011). Mathematics Literacy: Are We Able To Put The Mathematics We Learn Into Everyday Use? https://api.semanticscholar.org/CorpusID:146305021

Oktaviyanthi, R., & Agus, R. N. (2019). EKSPLORASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH BERDASARKAN KATEGORI PROSES LITERASI MATEMATIS. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 163–184. https://doi.org/10.22342/jpm.13.2.7066.163-184

Peraturan Pemerintah No 4 Tahun 2022

Rayhan, N. C., & Juandi, D. (2023). Students Learning Obstacles Related to Mathematical Literacy Problem: A Systematic Literature Review. Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(2), 457–472.

Ridzkiyah, N., Nia Sania Effendi, K., & Kemampuan Literasi Matematis Siswa, A. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA SMA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PROGRAM FOR INTERNATIONAL STUDENT ASSESSMENT (PISA). Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1).

Rizki, L. M., & Priatna, N. (2019). Mathematical literacy as the 21st century skill. Journal of Physics: Conference Series, 1157(4). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/4/042088

Rusmana, I. M. (2019). Literasi Matematika sebagai Solusi Pemecahan Masalah dalam Kehidupan. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 475–484.

Samosir, E. (2022). Kemampuan Literasi Matematika: Kaitannya dengan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:247096831

Siswono, T. Y. E. (2019). Paradigma penelitian pendidikan : pengembangan teori dan aplikasi pendidikan matematika (Nita, Ed.). Remaja RosdaKarya.

van Merriënboer, J. J. G. (2013). Perspectives on problem solving and instruction. Computers & Education, 64, 153–160. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.compedu.2012.11.025

Wijaya, A. (2016). Students’ Information Literacy: a Perspective From Mathematical Literacy. Journal on Mathematics Education, 7, 73–82. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:73536931

Downloads

Published

2024-10-29