IDENTIFIKASI LEVEL BERPIKIR GEOMETRIS SISWA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR BERDASARKAN TEORI VAN HIELE
DOI:
https://doi.org/10.26877/jipmat.v9i2.948Keywords:
Level Berpikir Geometris, Teori Van Hiele, Bangun Ruang Sisi DatarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tingkat berpikir geometri siswa dalam menyelesaikan permasalahan geometri yang berkaitan dengan bangun ruang sisi datar berdasarkan teori Van Hiele, serta memberikan wawasan secara mendalam sehingga guru dapat menerapkan metode pembelajaran yang tepat bagi siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah tes soal geometri materi bangun ruang sisi datar sesuai dengan level berpikir geometris Van Hiele dan wawancara. Hasil penelitian dan wawancara dilakukan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukan 6,66% siswa belum mencapai level 0, 3,33% siswa berada pada level 0 (visualisasi), 20% siswa berada pada level 1 (analisis), 53,33% siswa pada level 2 (deduksi informal), 10% siswa berada pada level 3 (deduksi) dan 6,66% siswa berada pada level 4 (rigor). Secara umum, level berpikir geometris siswa berada pada level 2 (deduksi informal), yakni pada tahap siswa mampu memahami hubungan antar bangun ruang sisi datar, namun penafsirannya masih berdasarkan definisi umum. Berdasarkan wawancara, siswa merasa masih kesulitan dalam menyelesaikan persoalan yang salah satu unsurnya tidak terdefinisi. Peran guru dalam meningkatkan kompetensi siswa sangat dibutuhkan, misalnya dengan membuat media pembelajaran yang kreatif, inovatif dan mudah dipahami siswa serta dalam pembelajaran memperhatikan level berpikir geometris siswa.
Kata kunci: Level Berpikir Geometris, Teori Van Hiele, Bangun Ruang Sisi Datar
References
Anwar, A. (2020). Identifikasi Tingkat Berpikir Geometri Siswa Berdasarkan Teori Van Hiele. Jurnal Pendidikan Matematika (JUDIKA EDUCATION), 3(2), 85–92. https://doi.org/10.31539/judika.v3i2.1616
Anwar, A., Takaendengan, B. R., Nirwana, L., & James, J. (2022). Analisis Kecerdasan Spasial Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Geometri Berdasarkan Tingkat Berpikir Van Hiele. Jurnal Pendidikan Matematika (Judika Education), 5(2), 116–125. https://doi.org/10.31539/judika.v5i2.4778
Ardhya Putri, L., & Nopriana, T. (2021). Tingkat Berpikir Geometris Van Hiele Mahasiswa Pendidikan Matematika.
Aulia, C., Yuwana, R., Ariyanto, L., & Harun, L. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Pocket Book Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1).
Badaruddin, & Yani, A. (2023). Analisis Penggunaan Geogebra Berbantuan Chromebook untuk Memudahkan Siswa Memahami Konsep Matematika Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII. Jurnal Alwatzikhoebillah : Kajian Islam, Pendidikan, Ekonomi, Humaniora, 9(2), 351–361. https://doi.org/10.37567/alwatzikhoebillah.v9i2.1722
Cesaria, A., Herman, T., & Dahlan, J. A. (2021). Level Berpikir Geometri Peserta Didik Berdasarkan Teori Van Hiele pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Elemen, 7(2), 267–279. https://doi.org/10.29408/jel.v7i2.2898
Duma, S. Y., & Patandianan, K. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 4 Rantetayo Berdasarkan Teori Van Hiele.
Gusmania, Y., & Wulandari, T. (2018). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa.
Hasanah, N. (2020). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Microsoft Power Point Sebagai Media Pembelajaran pada Guru SD Negeri 050763 Gebang. 1(2).
Haviger, J., & Vojkůvková, I. (2015). The van Hiele Levels at Czech Secondary Schools. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 171, 912–918. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.209
Herawati, T. (2021). Third Conference on Research and Community Services STKIP PGRI Jombang Berinovasi di Masa Pandemi “Penelitian dan Pengabdian Masyarakat di Era Kampus Merdeka-Merdeka Belajar” Analisis Berpikir Kreatif Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Geometri Berdasarkan Tingkat Berfikir Van Hiele.
Iswara, E., & Sundayana, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing dan Direct Instruction dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa.
Lusiyati, I., & Nova Hasti Yunianta. (2020). Keterampilan Geometri Siswa Laki-Laki Dan Perempuan Smp Berdasarkan Tingkatan Van Hiele Dalam Menyelesaikan Soal Bangun Datar. RESEARCH DESIGN PENDEKATAN KUALITATIF, KUANTITATIF, DAN MIXED.
Khaerunnisa, A., & Adirakasiwi, A. G. (2023). Jurnal Didactical Mathematics Proses Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Teori Van Hiele (Vol. 5, Issue 2). https://ejournal.unma.ac.id/index.php/dm
Kustriani, W., Mawarsari, V. D., & Suprayitno, I. J. (2023). Implementasi Video Pembelajaran Materi Pola Bilangan Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. JIPMat, 8(2), 132–142. https://doi.org/10.26877/jipmat.v8i2.15449
Latifah, T., & Afriansyah, E. A. (2021). Kesulitan Dalam Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Statistika. Journal Of Authentic Research On Mathematics Education (Jarme), 3(2). Https://Doi.Org/10.37058/Jarme.V3i2.3207
Naufal, M. A., Abdullah, A. H., Osman, S., Abu, M. S., & Ihsan, H. (2021). The effectiveness of infusion of metacognition in van Hiele model on secondary school students’ geometry thinking level. International Journal of Instruction, 14(3), 535–546. https://doi.org/10.29333/iji.2021.14331a
Nyimas Aisyah Siti Hawa Somakim Purwoko Yusuf Hartono Masrinawatie AS. (2009). Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Purnomo, S. (2015). Analisis Respon Siswa Terhadap Soal PISA Konten Shape and Space Dengan Rasch Model.
Renanda, A., Qohar, Abd., & Chandra, T. D. (2023). Analisis Peningkatan Level Berpikir Geometri Mahasiswa Berdasarkan Teori Van Hiele dengan Pendekatan Konstruktivisme. Jurnal Tadris Matematika, 6(1), 101–114. https://doi.org/10.21274/jtm.2023.6.1.101-114
Rhilmanidar, R., Ramli, M., & Ansari, B. I. (2020). Efektivitas Modul Pembelajaran Berbantuan Software GeoGebra pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Didaktik Matematika, 7(2), 142–155. https://doi.org/10.24815/jdm.v7i2.17915
Riba’ah, R. K. M. (2020). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Berdasarkan Teori Apos Ditinjau Dari Tipe Kepribadian David Keirsey.
Tsaaqib, A., Buchori, A., & Endahwuri, D. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Virtual Reality (Vr) Pada Materi Trigonometri Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Sma. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1).
Ucik Fitri Handayani. (2023). Kemampuan Geometri Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Bangun Datar Berdasarkan Teori Van Hiele .
Vawanda, J., & Zainil, M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika berbasis QR Code untuk Kemampuan Berpikir Geometris Siswa Kelas IV SD Development of Qr Code-Based Mathematics Learning Media for Geometric Thinking Level of Grade IV Elementary School Students (Vol. 8, Issue 7). http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pgsd
Walle, J. A. Van De. (2008). Matematika dan Sekolah Dasar Menengah.
Anwar, A. (2020). Identifikasi Tingkat Berpikir Geometri Siswa Berdasarkan Teori Van Hiele. Jurnal Pendidikan Matematika (JUDIKA EDUCATION), 3(2), 85–92. https://doi.org/10.31539/judika.v3i2.1616
Anwar, A., Takaendengan, B. R., Nirwana, L., & James, J. (2022). Analisis Kecerdasan Spasial Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Geometri Berdasarkan Tingkat Berpikir Van Hiele. Jurnal Pendidikan Matematika (Judika Education), 5(2), 116–125. https://doi.org/10.31539/judika.v5i2.4778
Ardhya Putri, L., & Nopriana, T. (2021). Tingkat Berpikir Geometris Van Hiele Mahasiswa Pendidikan Matematika.
Aulia, C., Yuwana, R., Ariyanto, L., & Harun, L. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Pocket Book Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1).
Badaruddin, & Yani, A. (2023). Analisis Penggunaan Geogebra Berbantuan Chromebook untuk Memudahkan Siswa Memahami Konsep Matematika Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII. Jurnal Alwatzikhoebillah : Kajian Islam, Pendidikan, Ekonomi, Humaniora, 9(2), 351–361. https://doi.org/10.37567/alwatzikhoebillah.v9i2.1722
Cesaria, A., Herman, T., & Dahlan, J. A. (2021). Level Berpikir Geometri Peserta Didik Berdasarkan Teori Van Hiele pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Elemen, 7(2), 267–279. https://doi.org/10.29408/jel.v7i2.2898
Duma, S. Y., & Patandianan, K. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 4 Rantetayo Berdasarkan Teori Van Hiele.
Gusmania, Y., & Wulandari, T. (2018). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa.
Hasanah, N. (2020). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Microsoft Power Point Sebagai Media Pembelajaran pada Guru SD Negeri 050763 Gebang. 1(2).
Haviger, J., & Vojkůvková, I. (2015). The van Hiele Levels at Czech Secondary Schools. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 171, 912–918. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.209
Herawati, T. (2021). Third Conference on Research and Community Services STKIP PGRI Jombang Berinovasi di Masa Pandemi “Penelitian dan Pengabdian Masyarakat di Era Kampus Merdeka-Merdeka Belajar” Analisis Berpikir Kreatif Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Geometri Berdasarkan Tingkat Berfikir Van Hiele.
Iswara, E., & Sundayana, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing dan Direct Instruction dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa.
Lusiyati, I., & Nova Hasti Yunianta. (2020). Keterampilan Geometri Siswa Laki-Laki Dan Perempuan Smp Berdasarkan Tingkatan Van Hiele Dalam Menyelesaikan Soal Bangun Datar. RESEARCH DESIGN PENDEKATAN KUALITATIF, KUANTITATIF, DAN MIXED.
Khaerunnisa, A., & Adirakasiwi, A. G. (2023). Jurnal Didactical Mathematics Proses Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Teori Van Hiele (Vol. 5, Issue 2). https://ejournal.unma.ac.id/index.php/dm
Kustriani, W., Mawarsari, V. D., & Suprayitno, I. J. (2023). Implementasi Video Pembelajaran Materi Pola Bilangan Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. JIPMat, 8(2), 132–142. https://doi.org/10.26877/jipmat.v8i2.15449
Latifah, T., & Afriansyah, E. A. (2021). Kesulitan Dalam Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Statistika. Journal Of Authentic Research On Mathematics Education (Jarme), 3(2). Https://Doi.Org/10.37058/Jarme.V3i2.3207
Naufal, M. A., Abdullah, A. H., Osman, S., Abu, M. S., & Ihsan, H. (2021). The effectiveness of infusion of metacognition in van Hiele model on secondary school students’ geometry thinking level. International Journal of Instruction, 14(3), 535–546. https://doi.org/10.29333/iji.2021.14331a
Nyimas Aisyah Siti Hawa Somakim Purwoko Yusuf Hartono Masrinawatie AS. (2009). Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Purnomo, S. (2015). Analisis Respon Siswa Terhadap Soal PISA Konten Shape and Space Dengan Rasch Model.
Renanda, A., Qohar, Abd., & Chandra, T. D. (2023). Analisis Peningkatan Level Berpikir Geometri Mahasiswa Berdasarkan Teori Van Hiele dengan Pendekatan Konstruktivisme. Jurnal Tadris Matematika, 6(1), 101–114. https://doi.org/10.21274/jtm.2023.6.1.101-114
Rhilmanidar, R., Ramli, M., & Ansari, B. I. (2020). Efektivitas Modul Pembelajaran Berbantuan Software GeoGebra pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Didaktik Matematika, 7(2), 142–155. https://doi.org/10.24815/jdm.v7i2.17915
Riba’ah, R. K. M. (2020). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Berdasarkan Teori Apos Ditinjau Dari Tipe Kepribadian David Keirsey.
Tsaaqib, A., Buchori, A., & Endahwuri, D. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Virtual Reality (Vr) Pada Materi Trigonometri Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Sma. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1).
Ucik Fitri Handayani. (2023). Kemampuan Geometri Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Bangun Datar Berdasarkan Teori Van Hiele .
Vawanda, J., & Zainil, M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika berbasis QR Code untuk Kemampuan Berpikir Geometris Siswa Kelas IV SD Development of Qr Code-Based Mathematics Learning Media for Geometric Thinking Level of Grade IV Elementary School Students (Vol. 8, Issue 7). http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pgsd
Walle, J. A. Van De. (2008). Matematika dan Sekolah Dasar Menengah.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nurbaiti Larasati, Venissa Dian Mawarsari, Dwi Sulistyaningsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.