DESAIN PEMBELAJARAN ARITMETIKA SOSIAL MENGGUNAKAN PERMAINAN MONOPOLI UNTUK MENGEMBANGKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA DI KELAS VII
DOI:
https://doi.org/10.26877/jipmat.v9i2.962Keywords:
Desain, Permainan, MonoopoliAbstract
Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk merancang pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam mempelajari aritmetika sosial dengan menggunakan permainan Monopoli. Tujuannya tujuannya adalah menciptakan lintasan pembelajaran yang dapat mendukung pemahaman konsep siswa mengenai aritmetika sosial menggunakan permainan Monopoli di kelas VII. Metode yang digunakan adalah desain penelitian yang melibatkan 32 siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Pagaralam. Pembelajaran Hypothetical Learning Trajectory (HLT) yang dikembangkan diujicobakan kepada siswa melalui: persiapan penelitian, penelitian di dalam kelas, dan analisis retrospektif. Proses pembelajaran ini melibatkan dua aktivitas utama: memainkan permainan Monopoli dan menyelesaikan masalah terkait materi aritmetika sosial. Penggunaan permainan Monopoli dengan (HLT) dirancang untuk membantu siswa memahami konsep-konsep dalam materi aritmetika sosial. Diharapkan bahwa penggunaan permainan Monopoli akan meningkatkan motivasi dan minat pembelajaran siswa serta mempermudah pencapaian sasaran pembelajaran.
References
Ana, E. ., & Nusantara, T. (2019). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Aritmatika Sosial. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 7(1), 1–4. https://doi.org/10.21831/jpms.v7i1.19655
Andriani, N., Sutarto, & Febrilia, B. R. . (2019). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pada Materi Keliling Dan Luas Lingkaran SMPN 3 Naramada Ditinjau Dari Peta Kognitif. 01(April), 72–84.
Andriyanti, M. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Monopoli Matematika Kelas VII Smp Swasta Adhyaksa Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Flores, 3, 16–22.
Annisah, S. (2014). Alat Peraga Pembelajaran Matematika. Jurnal Tarbawiyah, 11, 1–15.
Arifin, Z. (2017). Evaluasi pembelajaran: prinsip, teknik, prosedur (Cet. 10). PT Remaja Rosdakarya.
BNSP. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.
Faizah, H., & Dewanti, S. S. (2018). Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Statistika Ditinjau Dari Kemampuan Koneksi Matematis. 8, 37–55. https://doi.org/10.26877/jipmat.v8i1.14479
Friantini, R. N., Winata, R., & Permata, J. I. (2020). Pengembangan Modul Kontekstual Aritmetika Sosial Kelas 7 SMP. 04(02), 562–576.
Gravemeijer, K., & Coob, P. (2006). Penelitian Desain Pendidikan.
Hanipa, A., & Sari, V. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Pada Siswa Kelas VIII MTs Di Kabupaten Bandung Barat. 01(02), 15–22.
Permendikbud. (2013). Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan republik indonesia no 64 tahun 2013. 2011.
Prihaswati, M., Yuliani, I., Purnomo, E. A., Adnan, M., & Khasanah, U. (2023). Desain E-Lkpd Berbasis Stem Tema Kearifan Lokal Bernuansa Pendidikan Karakter Materi Lingkaran. JIPMat, 8(2), 151–162. https://doi.org/10.26877/jipmat.v8i2.15489
Purwanto, M. N. (2020). Prinsip-Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran (T. Surjaman (ed.); keduapuluh). PT Remaja Rosdakarya.
Rahayuningsih, P., & Qohar, A. (2014). Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Dan Scaffolding- nya Berdasarkan Analisis Kesalahan Newman Pada Siswa Kelas VIII Smp Negeri 2 Malang. pendidikan matematika dan sains tahun II, No 2, 109–116.
Ramadhany, A., & Prihatnani, E. (2020). Pengembangan Modul Aritmetika Sosial Berbasis. 04(01), 212–226.
Rully. (2017). Design Research. RajaGrafindo Persada.
Sumandya, I., & Antari, N. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Osborn Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XII Mipa 9 SMA Negeri 1 Kuta Utara. 8(2), 143–150. https://doi.org/10.26877/jipmat.v8i2.15456
Syahsiyah. (2008). Pengaruh Penggunaan permainan monopoli sebagai media pengajaran matematika terhadap minat belajar matematika siswa sekolah dasae. Fakultas ilmu tarbiyah dan keguruan , uin syarif hidayatullah jakarta.
Tyas, N. M. (2016). Analisis faktor penyebab kesulitan belajar matematika kelas iv sekolah dasar negeri di kecamatan ungaran barat kabupaten semarang.
Widiawati., Marzal, D., & Hariani, J. (2018). Desain Pembelajaran Garis dan Sudut Dengan Konteks Pagar Buluh Di Kelas VII. 1(1), 118–130.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 MIKE OCTAVIA, Widiawati, Helni Indrayati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.