ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Authors

  • Evadatul Musaidah UNNES
  • Kartono
  • Bambang Eko Susilo

DOI:

https://doi.org/10.26877/jipmat.v9i2.968

Keywords:

Berpikir Kreatif, Pembelajaran Matematika, Kemampuan Matematika

Abstract

Kemampuan  berpikir  kreatif  matematis diperlukan  dalam  menyelesaikan  persoalan Matematika. Kemampuan berpikir kreatif matematis dalam pembelajaran di perlukan terutama pada pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada pembelajaran matematika. Data dikumpulkan melalui jurnal-jurnal yang terkait untuk dikaji secara mendalam. Metode penelitian yang dipilih dalam penelitian ini adalah metode SLR (Systematic Literatul Review). Pengumpulan data dilakukan dengan mendokumentasikan dan meriview semua artikel mengenai kemampuan berpikir kreatif matematis yang diterbitkan pada tahun 2018-2019. Artikel yang digunakan pada penelitian ini adalah 10 artikel jurnal internasional bereputasi dan nasional terakreditasi yang diperoleh dari database google scholar dan scopus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa belajar dengan pembelajaran open-ended memiliki peran yang penting dalam membangun kemampuan berpikir kreatif, untuk membangun kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada pembelajaran matematika di masa depan perlu dipertimbangkan sebagai proses dan desain pembelajaran kolektif yang lebih luas melalui pendekatan pembelajaran yang mampu membangun kemampuan berpikir kreatif matematis dan meningkatkan peran guru dalam proses belajar siswa. Kemampuan berpikir kreatif matematis erat kaitannya dengan siswa terutama pada pembelajaran matematika karena dengan berpikir kreatif matematis dapat memunculkan banyak manfaat pada siswa.

References

Al Adawiah, R. S., Rumbiyah, R. S., & Zhanty, S. L. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Kelas VII Pada Materi Segitiga Dan Segiempat. Journal On Education, 01(03), 460–470.

Damayanti, H. T., & Sumardi, S. (2018). Mathematical Creative Thinking Ability of Junior High School Students in Solving Open-Ended Problem. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 3(1), 36. https://doi.org/10.23917/jramathedu.v3i1.5869

Dewi, H. L., & Marsigit. (2018). Mathematical creative thinking and problem posing: An analysis of vocational high school students’ problem posing. Journal of Physics: Conference Series, 1097(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1097/1/012134

Jagom, Y. O., Uskono, I. V., & Leton, S. I. (2020). Students’ creative thinking in solving geometry problems. Journal of Physics: Conference Series, 1657(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1657/1/012076

Kartika, Y., Wahyuni, R., Sinaga, B., & Rajagukguk, J. (2019). Improving Math Creative Thinking Ability by using Math Adventure Educational Game as an Interactive Media. Journal of Physics: Conference Series, 1179(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1179/1/012078

Kurniawan, D. & Dewi, S. V. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Media Screencasto-Matic Mata Kuliah Kalkulus 2 Menggunakan Model 4-D Thiagarajan. Jurnal Siliwangi, 3(1).

Latifah, U. H., & Widjajanti, D. B. (2017). Pengembangan bahan ajar statistika dan peluang berbasis multiple intelligences berorientasi pada prestasi, pemecahan masalah, dan rasa ingin tahu. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 176. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.13083

Magelo, C., Hulukati, E., & Djakaria, I. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Open-Ended terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Ditinjau dari Motivasi Belajar. Jambura Journal of Mathematics, 2(1), 15–21. https://doi.org/10.34312/jjom.v2i1.2593

Ndiung, S., Dantes, N., Ardana, I. M., & Marhaeni, A. A. I. N. (2019). Treffinger creative learning model with RME principles on creative thinking skill by considering numerical ability. International Journal of Instruction, 12(3), 731–744. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12344a

Nuha, M. A., Waluya, S. B., & Junaedi, I. (2018). Mathematical creative process wallas model in students problem posing with lesson study approach. International Journal of Instruction, 11(2), 527–538. https://doi.org/10.12973/iji.2018.11236a

Nurdyani, F., Slamet, I., & Sujadi, I. (2018). Creative thinking level of students with high capability in relations and functions by problem-based learning. Journal of Physics: Conference Series, 983(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/983/1/012102

Nurisalfah, R., Fadiawati, N., & Jalmo, T. (2018). Enhancement of students’ creative thinking skills on mixture separation topic using project based student worksheet. Journal of Physics: Conference Series, 1013(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1013/1/012085

Nursofah, N., Komala, R., & Rusdi, R. (2018). The Effect of Research Based Learning Model and Creative Thinking Ability on Students Learning Outcomes. Indonesian Journal of Science and Education, 2(2), 168. https://doi.org/10.31002/ijose.v2i2.584

Puspitasari, L., In’am, A., & Syaifuddin, M. (2018). Analysis of Students’ Creative Thinking in Solving Arithmetic Problems. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(1), 49–60. https://doi.org/10.12973/iejme/3962

Tinggi, S., Informatika, M., Royal, S., Prof, J., No, H. M. Y., & Kab, K. (2018). PENGARUH PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP Muthia Dewi. 774–784.

Trisnawati, I., Pratiwi, W., Nurfauziah, P., & Maya, R. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Sma Kelas Xi Pada Materi Trigonometri Di Tinjau Dari Self Confidence. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 383. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p383-394

Downloads

Published

2024-10-29