PROFIL PEMECAHAN MASALAH STATISTIKA SISWA SMA DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA TINGGI
DOI:
https://doi.org/10.26877/jipmat.v9i2.969Keywords:
Profil, Pemecahan Masalah, Statistika, Kemampuan MatematikaAbstract
Penelitian ini mendeskripsikan tentang pemecahan masalah siswa kelas X SMA Negeri 4 Palu pada materi statistika. Jenis Penelitian ini adalah deskripstif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu 1 orang siswa berkemampuan matematika tinggi yang dipilih berdasarkan nilai hasil tes tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil pemecahan masalah matematika siswa berkemampuan matematika tinggi dapat mengidentifikasi informasi yang terkandung dalam masalah yang diberikan dengan menuliskan yang diketahui dan ditanyakan serta mengetahui syarat suatu soal dapat diselesaikan, membuat rencana penyelesaian dengan baik dan lengkap, melaksanakan rencana sesuai yang dibuat sejak awal serta menjawab dengan tepat, dan memeriksa kembali jawaban yang diperoleh.
References
Akbar, P., Hamid, A., Bernard, M., & Sugandi, A. I. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Disposisi Matematik Siswa Kelas Xi Sma Putra Juang Dalam Materi Peluang. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 144–153. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.62
An Nurma, N. M., & Rahaju, E. B. (2021). Penalaran Analogi Siswa SMA Dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Logaritma Ditinjau Dari Kemampuan Matematika. MATHEdunesa, 10(2), 339–349. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v10n3.p339-349
Andriyani, A., & Ratu, N. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Program Linear Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa. Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(1), 16. https://doi.org/10.31764/pendekar.v1i1.252
Anjelina, Z., Usman, U., & Ramli, M. (2021). Students’ Metacognitive Ability Mathematical Problem-Solving through the Problem-based Learning Model. Jurnal Didaktik Matematika, 8(1), 32–44. https://doi.org/10.24815/jdm.v8i1.19960
Azhar, E., Saputra, Y., & Nuriadin, I. (2021). MATEMATIKA Universitas Muhammadiyah Prof . DR . HAMKA , Jakarta 10(4), 2129–2144.
Faizah, H., & Dewanti, S. S. (2023). Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Statistika Ditinjau Dari Kemampuan Koneksi Matematis. JIPMat, 8(1), 37–55. https://doi.org/10.26877/jipmat.v8i1.14479
Fariha, & Ramlah. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Polya. JIPMat, 1(1), 43–59. https://mathjournal.unram.ac.id/index.php/Griya/index
Fitriani, M., Murdiana, I. N., & Rochaminah, S. (2021). Profil Koneksi Matematis Siswa Kelas VIII Smp Negeri 4 Palu Dalam Menyelesaikan Masalah Pada Materi Teorema Pythagoras Ditinjau Dari Kemampuan. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, Vol. 8 No., 420–434. https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jpmt/article/view/1385/1160
Hidayat, A., & Sadewa, P. (2020). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Eviews Terhadap Sikap Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah Statistik. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), 321–328. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i1.253
Indriana, L., & Maryati, I. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Segiempat dan Segitiga di Kampung Sukagalih. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 541–552. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i3.1456
Isroil, A., Budayasa, I. K., & Masriyah, M. (2017). Profil Berpikir Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Kemampuan Matematika. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 2(2), 93–105. https://doi.org/10.15642/jrpm.2017.2.2.93-105
Julaeha, S., Mustangin, M., & Fathani, A. H. (2020). Profil Kemampuan Koneksi Matematis Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau dari Kemampuan Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 800–810. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.300
Maftuh, M. S. (2018). Profil Siswa Sma Dalam Memecahkan Masalah Statistika Berdasarkan Tingkat Kemampuan Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1), 71. https://doi.org/10.24853/fbc.4.1.71-86
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook.
Patmaniar, Amin, S. M., & Sulaiman, R. (2021). Students’ Growing Understanding In Solving Mathematics Problems Based On Gender: Elaborating Folding Back. Journal on Mathematics Education, 12(3), 507–530. https://doi.org/10.22342/JME.12.3.14267.507-530
Polya, G. (1975). How to solve it: a new aspect of mathematical method second edition. In The Mathematical Gazette (Vol. 30, p. 181). http://www.jstor.org/stable/3609122?origin=crossref
Putra, M., & Novita, R. (2015). Profile of secondary school students with high mathematics ability in solving shape and space problem. Journal on Mathematics Education, 6(1), 20–30. https://doi.org/10.22342/jme.6.1.1940.20-30
Rahmawati, N. D., Rubowo, M. R., & Rahmayani, I. D. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Spldv Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. JIPMat, 7(1), 72–80. https://doi.org/10.26877/jipmat.v7i1.11734
Rohmah, Z., Rochaminah, S., & Idris, M. (2018). Profil Pemecahan Masalah Matematika Siswa Smp Islam Terpadu Qurota a’Yun Palu Ditinjau Dari Gaya Belajar Auditory. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 4(4), 495–504. https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jpmt/article/view/343
Vula, E., Avdyli, R., Berisha, V., Saqipi, B., & Elezi, S. (2017). The impact of metacognitive strategies and self-regulating processes of solving math word problems. International Electronic Journal of Elementary Education, 10(1), 49–59. https://doi.org/10.26822/iejee.2017131886
Winarti, D., Jamiah, Y., & Suratman, D. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Gaya Belajar pada Materi Pecahan di SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(6), 1–9.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.