PROFIL BERPIKIR KRITIS SISWA PEREMPUAN BERKEMAMPUAN MATEMATIKA TINGGI DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATERI PECAHAN
DOI:
https://doi.org/10.26877/jipmat.v9i2.971Keywords:
Profil, Berpikir Kritis, Pemecahan Masalah, PecahanAbstract
Penelitan ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang berpikir kritis siswa kelas VII Mawar SMP Negeri 4 Palu dalam memecahkan masalah pada materi pecahan. Jenis penelitan ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa perempuan yang memiliki kemampuan matematika tinggi. Pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas berpikir siswa perempuan dalam memecahkan masalah pada materi pecahan sesuai dengan kriteria berpikir kritis yaitu focus, reason, inference, situation, clarity dan overview. Siswa perempuan dalam menyelesaikan masalah lebih rinci dan lengkap, ia mampu menggunakan semua informasi yang diperoleh dan mebuat kesimpulan pada jawaban akhirnya.
References
Alexandra, G., & Ratu, N. (2018). Profile of Mathematcal Critical Thinking Skills Junior High School Students With Graded Response Models. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 103–112.
Cahyono, B. (2017). Analisis Ketrampilan Berfikir Kritis dalam Memecahkan Masalah Ditinjau Perbedaan Gender. Aksioma, 8(1), 50. https://doi.org/10.26877/aks.v8i1.1510
Fariha., & Ramlah. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Berdasarkan Prosedur Polya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika.https://journal.upgris.ac.id/index.php/JIPMat/article/view/8080/pdf
Hariananda, D. A., Zainuddin, Aini, N. S. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik Ditinjau Dari Perbedaan Gender. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 8(1), 15-29. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v8i1.1876
Hidayanti, R., Alimuddin, & Syahri’, A. A. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Perbedaan Gender Pada Siswa Kelas VII.1 Smp Negeri 2 Labakkang. SIGMA (Suara Intelektual Gaya Matematika), 12(1), 71–80.
Ibrahim, I., Sujadi, I., Maarif, S., & Widodo, S. A. (2021). Increasing Mathematical Critical Thinking Skills Using Advocacy Learning with Mathematical Problem Solving. Jurnal Didaktik Matematika, 8(1), 1–14. https://doi.org/10.24815/jdm.v8i1.19200
Kholid, I. (2021). Berpikir Kritis dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Arrisalah, 7(1), 96–108.
Lestari, F. P., Ahmadi, F., & Rochmad, R. (2021). The implementation of mathematics comic through contextual teaching and learning to improve critical thinking ability and character. European Journal of Educational Research, 10(1), 497–508. https://doi.org/10.12973/EU-JER.10.1.497
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook (H. Salmon (ed.); 3rd ed.). SAGE Publications.
Pebianto, A., Gunawan, G., Yohana, R., &
Nurjaman, A. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa MTsN Kota Cimahi Pada Materi Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau dari Kepercayaan Diri. Journal on Education, 1(3)(03), 9–20. http://www.jonedu.org/index.php/joe/article/view/109
Pebianto, A., Suhartina, R., Yohana, R., Mustaqimah, I. A., & Hidayat, W. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Sma Ditinjau Dari Gender. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 631. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i4.p631-636
Ramadzani, R. A., & Khabibah, S. (2020). Profil Peserta Didik SMP Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Pecahan ditinjau dari Kemampuan Matematika. Jurnal MATHEdunesa, 3(3), 8.
Saputra, H. (2020). Kemampuan Berfikir Kritis Matematis. Perpustakaan IAI Agus Salim Metro Lampung, 2(April), 1–7. https://doi.org/10.17605/OSF.IO/TJ76P
Saputri, R. R., Sugiarti T., Murtikusuma, P. R., Traspilasi, D., & Yudianto, E. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Fungsi Berdasarkan Kriteria Watson Ditinjau dari Perbedaan Jenis Perbedaan Gender Siswa SMP Kelas VIII.
Saudi, L., Sudia, M., & Anggo, M. (2019). Profil Berpikir Krtitis Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Kognitif. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 92. https://doi.org/10.36709/jpm.v9i1.5764
Septiana. R., & Sutiarso. S. (2023). Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Mengerjakan Soal SPLDV Berdasarkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. https:// doi.org/10.26877/jipmatv.8i2.157122
Sianturi, A., Sipayung, T. N., & Simorangkir, F. M. A. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMPN 5 Sumbul. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1), 29–42. https://doi.org/10.30738/.v6i1.2082
Sima, M. E., Jamiah, Y., & Yusmin, E. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Berdasarkan FRISCO dalam Materi Fungsi di Kelas VIII. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa. https//doi.org/10.26418/jppk.v11i5.54464
Siswanto, R. D., & Ratiningsih, R. P. (2020). Korelasi Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Materi Bangun Ruang. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 96–103.
Susilowati, J. P. A. (2016). Profil Penalaran Siswa Smp dalam Pemecahan. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 1(2), 132–148.
Sutama, S., Fuadi, D., Narimo, S., Hafida, S. H. N., Novitasari, M., Anif, S., Prayitno, H. J., Sunanih, S., & Adnan, M. (2022). Collaborative mathematics learning management: Critical thinking skills in problem solving. International Journal of Evaluation and Research in Education, 11(3), 1015–1027. https://doi.org/10.11591/ijere.v11i3.22193
Zubaida, I., Kusumaningsih, W., & Setyawati, R., D. (2022). Profil Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Kecerdasan Linguistik dan Kecerdasan Logis Matematis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika.https://journal.upgris.ac.id/index.php/JIPMat/article/view/9887/pdf
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nur Halisa Andriani, Pathuddin, Alfisyahra, Rita Lefrida
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.