ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TRIGONOMETRI DITINJAU DARI KONSEP DIRI

Authors

  • alfiyani romadhoni universitas pgri semarang
  • Ida Dwijayanti
  • Dewi Wulandari

DOI:

https://doi.org/10.26877/jipmat.v9i2.981

Keywords:

kemampuan berpikir kritis trigonometri, konsep diri, siswa SMA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kaitan antara tingkat kemampuan berpikir kritis siswa dalam materi trigonometri dengan konsep diri, dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek adalah lima orang siswa kelas XI yang memiliki kemampuan matematika baik, sedang dan rendah berdasarkan peringkat Data diperoleh melalui wawancara, tes kemampuan berpikir kritis trigonometri, dan Tennesse Self Concept Scale, yang kemudian dianalisis menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian adalah kemampuan berpikir kritis trigonometri dari kelima subjek cenderung kategori rendah, namun tingkat konsep diri mereka tergolong tinggi. Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir kritis trigonometri adalah persepsi buruk mengenai matematika, cara guru mengajar, dan pengaruh teman sebaya.

References

Alamsyah, N. 2016. Pengaruh Konsep Diri terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMAN 102 Jakarta. Jurnal Susunan Artikel Pendidikan (SAP), 1(2):155-164. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/SAP/article/view/1022/1003

Ardianingtyas, I.R., Sunandar, dan Dwijayanti, I. 2020. Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(5):401-408.

Barus, E.M., Restuati, M., dan Gultom, T. 2018. Hubungan Konsep Diri dengan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X MIA pada Mata Pelajaran Biologi Program Lintas Minat. JIFI: Jurnal Ilmiah Farmasi Imelda, 2(1):11-14. https://jurnal.uimedan.ac.id/index.php/JURNALFARMASI/article/view/189/192

Changwong, K., Sukkamart, A., and Sisan, Boonchan, S. 2018. Critical Thinking Skill Development: Analysis of a New Learning Management Model for Thai High Schools. Journal of International Studies, 11 (2):37-48.

Desmita. 2018. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Rosdakarya.

Fatmawati, H., Mardiyana, dan Triyanto. 2014. Analisis Berpikir Kritis Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Polya pada Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat: Penelitian pada Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Sragen Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(9):899-910.

Hayati, I.N., Subanji, dan Qohar, A. 2016. Berpikir Pseudo Siswa dalam Memecahkan Masalah PISA. Jurnal Pembelajaran Matematika, 3(1):10-15.

Krathwohl, D.R. 2002. A Revision of Bloom’s Taxonomy: An Overview. Theory into Practice, 41(4):212-218.

Lestari, F., Putri, A.D., dan Wardani, A.K. 2019. Identifikasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII Menggunakan Soal Pemecahan Masalah. Jurnal Riset Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM), 2(2):62-69.

Misbahudin, A.R. 2019. Hubungan Self-Efficacy terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMK pada Materi Barisan dan Deret Arimatika. Journal on Education, 1(2):445-450

Novianti, R., Yani, A.T., dan Ardiawan, Y. 2020. Analisis Kemampuan Berpikir Kristis Siswa pada Materi Trigonometri Kelas XI SMA Negeri 1 Subah Kabupaten Sambas. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JIPMM), 2(2):138-147.

Rahmah, N. 2013. Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khwarizmi, 2:1-10.

Rumansyah, Wahyuni, L., Syahmani, dan Juwida, H. 2020. Melatih Kemampuan Berpikir Kritis, Keterampilan Komunikasi dan Self Efficacy Siswa Menggunakan Model Scientific Critical Thinking (SCT). Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 11(2):93-98.

Sapitri dan Hartono. 2015. Keefektifan Cooperative Learning Stand dan GI ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2):273-283.

Saraswati, R.A. dan Putranto, S. 2021. Analysis of Critical Thinking Skills in Solving Methematical Problems in Terms of Field Independent and Field Dependent Cognitive Style. Indonesian Journal of Mathematics Education, 4(1):12-22.

Sukma, Y. dan Priatna, N. 2021. Pengaruh Self-Efficacy terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Matematika. Soulmath, Jurnal Ilmiah Edukasi Matematika, 9(1):75-88.

Trisnawati, I., Pratiwi, W., Nurfauziah, P., dan Maya, R. 2018. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA Kelas XI pada Materi Trigonometri ditinjau dari Self Confidence. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(3):383-394.

Ulfa, D.K., Yamtinah, S., dan Utami, B. 2019. Hubungan Motivasi Belajar dan Konsep Diri dengan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi pada Materi Stoikiometri untuk Siswa Kelas X MIPA SMA Negeri 4 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Kimia, 8(1):132-137

Downloads

Published

2024-10-31