Improving Students' Ability To Write Narrative Texts Through Mind Mapping-Assisted Problem-Based Learning Models
DOI:
https://doi.org/10.26877/jpgp.v1i2.228Keywords:
Menulis, Teks Naratif, Mind MappingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas XI SMA N 6 Semarang tahun ajaran 2023/2024 dalam menulis teks narrative melalui teknik mind mapping. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Terdapat dua siklus pembelajaran yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi yang dilakukan dalam penelitian ini. Instrumen untuk mengumpulkan data adalah tes dan observasi. Analisis data yang digunakan dengan menghitung nilai tes per siklus, rata-rata hasil belajar siswa per siklus, dan persentase ketuntasan belajar dengan ketuntasan standar individu dengan skor 75. Dari hasil tes pada penelitian ini, hasil tersebut meningkat pada siklus I dan II. Pada siklus I nilai rata-rata 79.31 meningkat menjadi 88.11 pada siklus II, yang artinya meningkat 8.8% poin. Ini berarti bahwa pengajaran menulis melalui mind mapping meningkatkan keterampilan menulis siswa. Peningkatan juga terjadi pada hasil masing-masing sub indikator tes tulis antara siklus 1 dan 2.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Guru Profesional
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.