Improving Students' Ability To Write Narrative Texts Through Mind Mapping-Assisted Problem-Based Learning Models

Authors

  • Hairis Shidiq Ghozali Universitas PGRI Semarang
  • Maria Yosephin Widarti Lestari Universitas PGRI Semarang
  • Siti Maimunah SMA N 6 Semarang, Semarang

DOI:

https://doi.org/10.26877/jpgp.v1i2.228

Keywords:

Menulis, Teks Naratif, Mind Mapping

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas XI  SMA N 6 Semarang tahun ajaran 2023/2024 dalam menulis teks narrative melalui  teknik mind mapping. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Terdapat dua siklus  pembelajaran yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi yang dilakukan  dalam penelitian ini. Instrumen untuk mengumpulkan data adalah tes dan observasi. Analisis  data yang digunakan dengan menghitung nilai tes per siklus, rata-rata hasil belajar siswa per  siklus, dan persentase ketuntasan belajar dengan ketuntasan standar individu dengan skor 75.  Dari hasil tes pada penelitian ini, hasil tersebut meningkat pada siklus I dan II. Pada siklus I  nilai rata-rata 79.31 meningkat menjadi 88.11 pada siklus II, yang artinya meningkat 8.8%  poin. Ini berarti bahwa pengajaran menulis melalui mind mapping meningkatkan  keterampilan menulis siswa. Peningkatan juga terjadi pada hasil masing-masing sub indikator  tes tulis antara siklus 1 dan 2.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Shidiq Ghozali, H. ., Widarti Lestari, M. Y., & Maimunah, S. (2023). Improving Students’ Ability To Write Narrative Texts Through Mind Mapping-Assisted Problem-Based Learning Models. Jurnal Pendidikan Guru Profesional, 1(2), 168–181. https://doi.org/10.26877/jpgp.v1i2.228