Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Kelas V melalui Metode Problem Based Learning (Pbl) Berbantu Media Konkret

Authors

  • Kris Niawati Universitas PGRI Semarang
  • Fine Reffiane Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.26877/jpgp.v1i2.235

Keywords:

Hasil belajar, IPAS, Media Konkret, PBL

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk  untuk meningkatkan Hasil Belajar Peseta Didik Kelas V SDN Gajahmungkur 04 Semarang pada Pelajaran IPAS melalui Metode Problem Based Learning berbantu media benda konkret. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 (dua) siklus dan setiap siklusnya terdiri atas : perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subyek  penelitian adalah siswa kelas V SDN Gajahmungkur 04 Semarang berjumlah 28 siswa yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) berbantu media benda konkret dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Hal ini dilihat  dari prosentase peningkatan hasil dari siklus I dan siklus II, dibuktikan dengan perolehan nilai pada pelaksanaan tindakan siklus I hanya mencapai 70 dalam kategori dibawah nilai rata-rata, kemudian pada pelaksanaan tindakan siklus II naik menjadi 90 dalam kategori diatas nilai rata-rata.

 

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Niawati, K. ., & Reffiane, F. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Kelas V melalui Metode Problem Based Learning (Pbl) Berbantu Media Konkret. Jurnal Pendidikan Guru Profesional, 1(2), 215–224. https://doi.org/10.26877/jpgp.v1i2.235