Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Kelas V melalui Metode Problem Based Learning (Pbl) Berbantu Media Konkret
DOI:
https://doi.org/10.26877/jpgp.v1i2.235Keywords:
Hasil belajar, IPAS, Media Konkret, PBLAbstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk untuk meningkatkan Hasil Belajar Peseta Didik Kelas V SDN Gajahmungkur 04 Semarang pada Pelajaran IPAS melalui Metode Problem Based Learning berbantu media benda konkret. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 (dua) siklus dan setiap siklusnya terdiri atas : perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN Gajahmungkur 04 Semarang berjumlah 28 siswa yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) berbantu media benda konkret dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Hal ini dilihat dari prosentase peningkatan hasil dari siklus I dan siklus II, dibuktikan dengan perolehan nilai pada pelaksanaan tindakan siklus I hanya mencapai 70 dalam kategori dibawah nilai rata-rata, kemudian pada pelaksanaan tindakan siklus II naik menjadi 90 dalam kategori diatas nilai rata-rata.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Guru Profesional
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.