Pengaruh Prokrastinasi Akademik Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Di SMPN 1 Padaherang
Abstract
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh prokrastinasi akademik terhadap hasil belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Padaherang. Data diperoleh melalui kuesioner prokrastinasi akademik dan leger nilai hasil belajar siswa, kemudian diolah menggunakan Microsoft Excel 2010 dan SPSS versi 22. Instrumen yang digunakan untuk mengukur tingkat prokrastinasi akademik yaitu skala prokrastinasi akademik yang dikembangkan oleh Wahyu Fitriana (2024) berdasarkan teori Ghufron (2012 ). Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMP Negeri 1 Padaherang yang berjumlah 163 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa (74%) berada pada kategori rendah dalam prokrastinasi akademik, yang mencerminkan kemampuan manajemen waktu yang baik. Sebaliknya, hasil belajar sebagian besar siswa (64%) berada pada kategori sedang. Uji regresi linier sederhana mengungkapkan adanya pengaruh negatif signifikan prokrastinasi akademik terhadap hasil belajar dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan prokrastinasi akademik terhadap hasil belajar. Dimana nilai korelasi (R) sebesar 0,366 dan kontribusi pengaruh sebesar 13,4% (R² = 0,134). Hal ini menunjukkan bahwa meskipun prokrastinasi bukan faktor utama akademik, perilaku ini tetap memiliki dampak signifikan terhadap pencapaian akademik siswa.