Pengaruh Problem Based Learning dalam Keterampilan Menulis Teks Negosiasi Kelas X-BDP SMK Negeri 1 Pati Tahun Pelajaran 2023/2024

Authors

  • Yosi Noviana Universitas PGRI Semarang
  • Agus Wismanto Universitas PGRI Semarang
  • Latif Anshori Kurniawan Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.26877/teks.v9i2.1013

Keywords:

problem based learning, teks negosiasi, keterampilan menulis.

Abstract

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan bentuk alih kode dan campur kode yang diamati pada tuturan tiga bahasa di channel YouTube Londo Kampung pada tahun 2023 dan untuk mengidentifikasi beberapa faktor yang berpengaruh terhadap terjadinya peristiwa tutur tersebut. Sumber data yang diambil adalah beberapa konten yang telah dipilih untuk penelitian dari saluran YouTube Londo Kampung pada tahun 2023. Data yang dianalisis, secara khusus bersangkutan dengan tuturan alih kode dan campur kode pada saluran YouTube Londo Kampung pada tahun 2023. Agar dapat mengkaji dan mendeskripsikan secara menyeluruh semua permasalahan, digunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik simak bebas libat cakap (SBLC) dan catat. Metode analisis data yang dimanfaatkan yaitu padan dan agih. Berdasarkan hasil identifikasi, didapatkan ada dua jenis alih kode terindentifikasi pada saluran YouTube Londo Kampung, yaitu alih kode internal sejumlah 21 data, dan eksternal sejumlah 8 data. Sedangkan, campur kode yang ditemukan dapat dipecah menjadi beberapa bentuk, antara lain 31 data internal, 15 tipe data eksternal, dan 3 tipe data campuran. Faktor yang sangat mempengaruhi terjadinya alih kode, seperti situasi komunikasi, variasi bahasa penutur, faktor lingkungan, adanya tujuan pembicaraan, bahkan keinginan untuk memberikan humor. Demikian pula, campur kode dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti kemahiran bahasa penutur, tujuan komunikasi, kebiasaan tempat tinggal, konteks komunikasi, penggunaan kata-kata populer, dan pemilihan bahasa yang dianggap lebih cocok.

Kata kunci : alih kode, campur kode, youtube

References

Creswell, J. W. (2019). Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Pustaka Pelajar.

Debby dan Mellisa. (2020). Teks Negosiasi. Guepedia.

Firdaus dan Zamzam, F. (2018). Aplikasi Metodologi Penelitian. Deepublish.

Healy, K. (2018). Data Visualization: A Practical Introduction. Princeton University Press.

Jayanti dan Lubis. (2022). Pembelajaran Bahasa. CV Jakad Media Publishing.

Marjuki. (2020). Model Pembelajaran Paikem Berbasis Pendekatan Saintifik. PT Remaja Rosdakarya.

Pamungkas, P. T., dan Fauziyah, N. M. (2019). Pembelajaran Menulis Teks Negosiasi dengan Menggunakan Metode Problem Based Learning pada Siswa Kelas X Tahun Ajaran 2017/2018Pembelajaran Menulis Teks Negosiasi dengan Menggunakan Metode Problem Based Learning pada Siswa Kelas X Tahun Ajaran 2017/2018. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1), 27–32.

Patonah, S., dkk. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) pada Pembelajaran Menulis Teks Negosiasi di Kelas X SMK Lentera Bangsa. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(5), 807–814.

Telaumbanua, I. P. J., dkk. (2024). Peningkatan Kemampuan Menulis Struktur dan Kebahasaan Teks Negosiasi Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Primary Education Journal, 3(3), 359–368.

Wahyuni, S., dkk. (2023). Peningkatan Kemampuan MENULIS Teks Negosiasi Menggunakan Model Problem Based Learning untuk Siswa Kelas X SMAS T Bustanul Arifin Gayo Lues. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 4(1), 1–18.

Wijayana, I. K., dkk. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) untuk Meningkatkan Kemampuan Memproduksi Teks Negosiasi Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Tembuku Semester II Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Deiksis, 3(1), 1–13.

Downloads

Published

2024-10-10