PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PUISI BERBASIS PEDULI LINGKUNGAN DENGAN METODE DEMONSTRASI KELAS X
DOI:
https://doi.org/10.26877/teks.v9i1.1407Keywords:
Bahan Ajar, Metode Demonstrasi, Peduli LingkunganAbstract
ABSTRAK: Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai pengembangan bahan ajar puisi berbasis peduli lingkungan dengan metode demonstrasi bagi siswa kelas X di Kabupaten Kendal. Pembelajaran puisi di tingkat sekolah menengah kejuruan sering kurang diminati siswa karena bahan ajar yang kurang menarik dan keterbatasan metode pengajaran yang mendukung keterampilan menulis serta apresiasi sastra. Metode demonstrasi dipilih untuk memberikan contoh yang konkret dalam memahami puisi, sedangkan pendekatan peduli lingkungan diintegrasikan guna menumbuhkan karakter siswa yang peduli terhadap lingkungan.
Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan modifikasi tahap dari Borg dan Gall yang meliputi analisis kebutuhan, penyusunan draf produk, validasi, uji coba, dan revisi. Validasi ahli menunjukkan bahwa bahan ajar ini tergolong "sangat layak" dan "layak" dengan skor rata-rata 79,20%. Selanjutnya, uji coba di lapangan pada dua sekolah menunjukkan hasil yang sangat positif, dengan tingkat kelayakan sebesar 90%. Dari 58 siswa yang mengikuti uji coba, lebih dari 50% memperoleh nilai di atas KKM (75), menunjukkan peningkatan kemampuan dalam menulis puisi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahan ajar puisi berbasis peduli lingkungan dengan metode demonstrasi tidak hanya efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis puisi tetapi juga membantu membangun kesadaran lingkungan pada siswa. Siswa mampu mengikuti tahapan menulis puisi dengan lebih baik dan termotivasi untuk menghasilkan karya yang relevan dengan tema lingkungan. Dengan demikian, bahan ajar ini memberikan kontribusi yang signifikan bagi proses pembelajaran puisi di SMK dan dapat diadaptasi sebagai referensi inovatif dalam pengembangan bahan ajar sastra yang memadukan aspek keterampilan dan karakter.
References
Adawiah, S.R., L.L.P., S.S., D.F., 2018. Pembelajaran Menulis Puisi dengan Teknik Onomatope MA Tanjungjaya. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia IKIP Siliwangi, P – ISSN 2614-624. X.E – ISSN 2614-6231. https://dosen.ikipsiliwangi.ac.id/wp-content/uploads/sites/6/2019/07/parole-teknik-onomatope.pdf.
Afandi, M., Chamalah, E., Wardani, O. P., & Gunarto, H. (2013). Model dan metode pembelajaran. Semarang: Unissula. http://cyber.unissula.ac.id/journal/dosen/publikasi/211313015/9230susun_ISI_DAN_DAFTAR_PUSTAKA_BUKU_MODEL_edit_.pdf
Andi, Prastowo. 2012. Panduan Kreatif membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Anjar. 2014. Pengertian, Langkah-Langkah dan Kelebihan serta Kekurangan Metode Demonstrasi. https://www.wawasanpendidikan.com/2014/09/Pengertian-Langkah-Langkah-dan-Kelebihan-serta-Kekurangan-Metode-Demonstrasi.html.
Bahtiar, Effendi Tri. Penulisan bahan ajar. In: Artikel disajikan dalam kegiatan Conference Paper di Bogor. 2015. https://www.researchgate.net/profile/Effendi-Tri-Bahtiar/publication/283042709
Bando, Ushwa Dwi Masrusah Arifin dan Elihami Elihami. 2021. Pengaruh Metode Demontrasi Terhadap Pembelajaran Fiqh Di Pesantren Melui Konsep Pendidikan Nonformal. Jurnal Edukasi Nonformal. VO.2. NO.1 (2021) E-ISSN: 2715-2634. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/1695/562.
Citraningrum, Dina Merdeka. 2021. Menulis Puisi dengan Pembelajaran yang Kreatif. Jurnal Ilmiah Progam Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muhamadiyah jember. E-ISSN 2503-0329 Volume 1, No. 1, ISSN 2502-5864 82. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/BB/article/view/75/55.
Habibi, M., Chandra, C., & Azima, N. F. (2019). Pengembangan bahan ajar menulis puisi sebagai upaya mewujudkan literasi sastra di sekolah dasar. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 9(1). https://www.researchgate.net/profile/Chandra-Chandra/publication/335747745
Hamalik, O. (2013). Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamidah, Ida. Penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan menulis kalimat sederhana pada peserta didik tunarungu. Jassi Anakku, 2013, 12.2: 133-142. https://ejournal.upi.edu/index.php/jassi/article/view/4059
Hamzah, Syukri. 2013. Pendidikan Lingkungan: Sekelumit Wawasan Pengantar. Bansung: PT. Refika Aditama.
Hernawan, A. H., Permasih, H., & Dewi, L. (2012). Pengembangan bahan ajar. Direktorat UPI, Bandung, 4(11), 1-13. http://repository.ut.ac.id/4157/2/IDIK4009-TM.pdf
Kosasih, E. (2020). Pegembangan Bahan Ajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Perayani, K., & Rasna, I. W. (2022). Pembelajaran Keterampilan Menyimak dengan Menggunakan Media Podcast Berbasis Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 11(1), 108-117. https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bahasa/article/view/741
Purwanti, Dwi. 2017, Pendidikan karakter peduli lingkungan dan implementasinya. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 1.2. https://jurnal.uns.ac.id/jdc/article/view/17622
Rahmayantis, Marista Dwi. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Membaca Indah Puisi untuk Peserta didikSMP Kelas VII. Jurnal Keilmuan Bahasa , Sastra, dan Pengajarannya. Volume 2, Nomor 1, hlm 47-56 PISSN 2442-7632 EISSN 2442-9287. https://ejournal.umm.ac.id/index.php/kembara/article/view/4043/4430.
Sofiana, dkk. 2022. Metodologi Penelitian Pendidikan. Sumatera Barat: PT Global Eksekutif Teknologi.
Tarigan, H.G. 2008. Menulis sebagai suatu ketrampilan berbahasa. Bandung: PT Angkasa.
Tarigan, H.G. 2008. Membaca sebagai suatu ketrampilan berbahasa. Bandung: PT Angkasa.
Titu, Maria Anita (2015). Penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) untuk meningkatkan kreativitas peserta didik pada materi konsep masalah ekonomi. Prosiding Seminar Nasional (Vol. 9, pp. 176-186). https://core.ac.uk/download/pdf/33518660.pdf.
). Penerapan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Puisi pada Peserta didik SDN Pacing. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 1344-1349. https://www.ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio/article/view/1464
Wanda, dkk. 2024. Buku Ajar Metodologi Penelitian. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Wiranty, Wiendi. 2017. Penerapan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Kemampuan Peserta didikdalam Membaca Puisi. Vol 15 No.2. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/1695/562Zainurrahman. (2013). Menulis Dari Teori Hingga Praktik (Penawar Racun Plagiatisme). bandung: Alfabeta.
