Menelisik Strategi Persuasif Iklan Digital Produk-Produk Kecantikan Wardah Menggunakan Teori Retorika
DOI:
https://doi.org/10.26877/zby65351Keywords:
teks persuasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi persuasi dalam iklan digital produk kecantikan Wardah dari perspektif retorika. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini menyelidiki secara mendalam konteks, pengalaman, dan sudut pandang dalam fenomena sosial. Data dikumpulkan melalui teknik simak (catat) tata bahasa dan dokumentasi visual, serta sumber-sumber relevan seperti buku, artikel ilmiah, dan jurnal untuk memahami konsep retorika dan persuasi. Subjek penelitian adalah iklan digital Wardah, sedangkan objeknya mencakup elemen retoris ethos, pathos, dan logos, serta aspek visual, narasi, dan pesan tersirat. Analisis data dilakukan dengan teknik interaktif Miles dan Huberman, yang mencakup pengumpulan, reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Wardah secara cerdas menggabungkan elemen Ethos (kredibilitas merek, penggunaan influencer, dan sertifikasi halal), Pathos (daya tarik emosional melalui narasi, visual, dan gaya bahasa majas), serta Logos (argumen logis berupa fakta produk, dan aksesibilitas) untuk menarik konsumen. Penggunaan figur publik dan sertifikasi halal membangun kepercayaan, sementara narasi inspiratif dan majas menciptakan koneksi emosional. Penyajian fakta pr
References
Aisyah, M. (2022). Ethos, pathos, logos dan komunikasi publik: a systematic literature review. Jurnal Darma Agung, 30(3), 442–469.
Al Aziz, I. S. A. (2022). MAJAS PERSONIFIKASI DALAM ANTOLOGI KOLAM DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MADRASAH TSANAWIYAH. TOTOBUANG, 10(1).
Arthamevira, N. B., & Yuliana, N. (2024). Tranmisikomunikasi Melalui Retorika Media Pada Publikasi Iklan Scarlett Whitening. Gandiwa Jurnal Komunikasi, 4(2), 34–40.
Dhia, R. N., Pramesthi, J. A., & Irwansyah, I. (2021). Analisis Retorika Aristoteles pada Kajian Ilmiah Media Sosial dalam Mempersuasi Publik. Linimasa: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1), 81–103.
Erdiansyah, D. (2025). Retorika Digital Melalui Strategi Marketing Dalam Meningkatkan Penjualan “Business Intelligence.” Prosiding Seminar Nasional Komunikasi (SENAKOM), 2(1).
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33–54.
Hajar, S. A., & Anshori, M. S. (2021). Strategi Komunikasi Persuasif Farah Qoonita Dalam Menyampaikan Dakwah Melalui New Media. Aksiologi : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(2), 62–66. https://doi.org/10.47134/aksiologi.v1i2.12
Heningdrapraja, A., & Rahardjo, S. T. (2022). PENGARUH DAYA TARIK RASIONAL DAN EMOSIONAL PADA IKLAN YOUTUBE TERHADAP MINAT BELI DENGAN KESADARAN MEREK SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada Iklan YouTube Pantene ‘Bye# RambutCapek Hello# RambutKeCharged’). Diponegoro Journal Of Management, 11(4).
Kurniawati, K., Nilasari, B. M., Emilisa, N., & Rahayu, F. (2022). Strategi Pemasaran Iklan Digital dalam Pengambilan Keputusan Berbasis Online. Jurnal Abdikaryasakti, 2(2), 137–150.
Pradana, D. A., Rozi, M. F., Hermawan, R., Saputra, A. R., & Pasha, A. S. (2023). Pada Media Sosial Facebook. 8(November), 299–308.
Sari, R. K. (2021). Penelitian kepustakaan dalam penelitian pengembangan pendidikan bahasa Indonesia. Jurnal Borneo Humaniora, 4(2), 60–69.
Susandhika, I. G. N. M. (2022). Analisis Penggunaan Gaya Bahasa Dalam Lirik Lagu Tulus: Kajian Stilistika. Prosiding Seminar Nasional Linguistik Dan Sastra, 112–120.
Wulandari, T. R., Islam, U., Syarif, N., & Jakarta, H. (2024). Retorika persuasif dalam tujuh brand iklan produk kecantikan di kanal youtube. Bestari: Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1).
Yunitun, T., Johan, M., Khairussibyan, M., & Semantik, D. (2022). DEVIASI SEMANTIK DALAM WUJUD MAJAS SIMILE PADA Universitas Mataram Jl . Majapahit No 62 Gomong Kec Selaparang Kota Mataram , NTB , Indonesia PENDAHULUAN Altenberd ( dalam Pradopo 2017 : 5 ) menyatakan bahwa puisi adalah pendramaan pengalaman yang bersifat. Jurnal Ilmiah SARASVATI, 4(1), 36–50.
Zulfirman, R. (2022). Implementasi metode outdoor learning dalam peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Agama Islam di MAN 1 Medan. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 3(2), 147–153.
